BMKG Prediksi Musim Panas Jatuh Mei-Juni, Industri Sawit Komitmen Cegah Karhutla

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 19 Mei 2018 - 16:48 WIB

Kebun Kelapa Sawit (Ist)
Kebun Kelapa Sawit (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kalangan industri sawit nasional berkomitmen untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan menyusul prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang memperkirakan musim panas akan jatuh pada awal Mei dan Juni 2018 dan puncaknya pada Agustus-September 2018.

President Direktur Minamas Plantation Haryanto Tedjawidjaja mengatakan, pihaknya sudah siap menghadapi datangnya musim panas melalui Desa Mandiri Cegah Api guna mencegah kebakaran hutan dan lahan.

Menurut dia, mencegah terjadinya kebakaran dilakukan sebagai komitmen perusahaan perkebunan dalam membangun perkebunan dengan konsep "zero burning" atau pembukaan lahan tanpa membakar.

Bahkan mencegah terjadinya kebakaran juga dilakukan di sekitar anak usaha dengan radius 5 KM bebas api.

"Kami dan anak usaha terus melakukan koordinasi dan komunikasi dengan semua pihak untuk dapat memantau terjadinya titik api d iwilayah masing-masing khususnya yang berada di sekitar perkebunan masyarakat," ujarnya di Jakarta, Jumat (18/5/2018).

Komitmen bebas api ini, katanya, tidak hanya dilakukan di internal perusahaan dan anak usahanya namun juga di luar lingkup perusahaan yaitu dengan melakukan program bersama dengan masyarakat sekitar.

Program "Desa Mandiri Cegah Api", menurut dia, merupakan salah satu program Minamas Plantation bersama masyarakat dimulai pada tahun 2014 di empat desa sekitar anak perusahaan. Diantaranya PT Bhumireksa Nusasejati (PT BNS), di Kabupaten Inhil, Riau. Ke-empat desa tersebut merupakan desa dengan dengan topografi lahan gambut yang cukup luas.

"Bahkan untuk memaksimalkan dalam mencegah terjadinya kebakaran kami juga bekerjasama dengan Universitas Riau (Unri) dengan pola pendampingan masyarakat dengan tujuan adanya perubahan perilaku masyarakat dalam membuka lahan dengan pola tanpa membakar," kata Haryanto.

Dia mengungkapkan sebelum pelaksanaan program, Unri melaporkan bahwa 77 persen penduduk desa terpaksa membuka lahan untuk bertani di lahan gambut dengan cara membakar serta meninggalkan sisa pembakaran. Setelah program ini dilaksanakan, jumlah titik api berkurang dari 40 pada 2013-2014 menjadi hanya satu pada 2015-2016.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menperin Agus Gumiwang

Kamis, 04 Juni 2020 - 22:42 WIB

Kemenperin: Indonesia Masih Menjadi Negara Tujuan Utama Investasi Sektor Industri Manufaktur

Kementerian Perindusterian (Kemenperin) mencatat, selama periode tahun 2015-2019, total nilai penanaman modal asing (PMA) dari sektor industri manufaktur sebesar USD61,5 miliar.

Anand Stanley Presiden Direktur Airbus

Kamis, 04 Juni 2020 - 21:38 WIB

Gantikan Patrick de Castelbajac, Anand Stanley Bos Baru Airbus Asia Pasifik

Anand Stanley resmi menjadi Presiden Airbus Asia Pasifik yang berbasis di Singapura. Anand akan memegang raksasa industri penerbangan tersebut pada 1 Juli 2020 mendatang. Adapun beban Anand…

Gelar Harkopnas 2020 Secara Virtual, Dekopin Menanti Arahan Presiden

Kamis, 04 Juni 2020 - 20:55 WIB

Undang Presiden di Harkopnas Virtual 2020, Nurdin Halid: Covid-19 Momentum Redesain Struktur Ekonomi Negara

Jakarta-Wabah Covid-19 tidak membuat Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) mati gaya. Wadah tunggal gerakan Koperasi Indonesia itu berencana menggelar peringatan Hari Koperasi ke-73 pada 12 Juli…

Menteri Keuangan Sri Mulyani (foto Tempo)

Kamis, 04 Juni 2020 - 20:12 WIB

Kabar Gembira, Menkeu Sri Mulyani Bakal Gelontorkan Insentif Pajak Sebesar Rp123,01 Triliun untuk Dunia Usaha

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan Pemerintah akan mendukung dunia usaha bertahan dari dampak COVID-19 dengan memberikan insentif perpajakan mencapai Rp123,01 triliun.…

Kantor Visa (foto Kontan.co.id)

Kamis, 04 Juni 2020 - 19:48 WIB

Ande Gandeng Visa Foundation dan Usaid Rilis Program Advancing Women's Empowerment Fund

Aspen Network of Development Entrepreneurs (ANDE) bersama dengan U.S. Agency for International Development (USAID) dan Visa Foundation mengumumkan bahwa delapan organisasi telah terpilih untuk…