SMBR Galang Sinergi BUMN Percepat Pembangunan Infrastruktur

Oleh : Dina Astria | Jumat, 18 Mei 2018 - 14:13 WIB

Pabrik Semen Baturaja (Bm)
Pabrik Semen Baturaja (Bm)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Semen Baturaja (Persero) Tbk (SMBR) bersinergi dengan tujuh BUMN yaitu Wijaya Karya, Pembangunan Perumahan, Hutama Karya, Waskita Karya Adhi Karya, Pelindo II dan Perum Jamkrindo untuk mempercepat pembangunan infrastruktur di Tanah Air.

Penandatangan nota kesepahaman (MoU) dengan tujuh BUMN dilakukan langsung Direktur Utama SMBR, Rahmad Pribadi, yang disaksikan Menteri BUMN Rini Soemarno dan Deputi Bidang Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata (ELKP) Kementerian BUMN, Edwin Hidayat Abdullah, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (17/5/2018)


Rahmad mengutarakan kerja sama dengan lima BUMN Karya terkait dengan penyediaan semen dan produk turunan semen.

SMBR menurut Rahmad akan menjamin ketersediaan semen di proyek-proyek lima BUMN Karya yang terletak di wilayah pemasaran BUMN yang dipimpinnya yaitu Provinsi Lampung, Sumatra Selatan, Jambi, Bengkulu dan Bangka Belitung (Sumatra Bagian Selatan/Sumbagsel).

"Banyak proyek-proyek infrastruktur BUMN karya yang sedang dan akan dikerjakan di wilayah pemasaran SMBR. Kami optimis mampu mencukupi berapapun permintaan semen yang dibutuhkan," katanya.

Di Sumbagsel pembangunan infrastruktur seperti jalan tol, jembatan dan bendungan juga dilakukan secara maraton, siang dan malam. "Kali ini, BUMN benar-benar hadir untuk negeri, termasuk di Sumbagsel," ujar Rahmad.

Pada kesempatan itu, SMBR juga bersinergi dengan Pelindo II dalam rangka program konektivitas nasional pemerintah untuk peningkatan kualitas dan penambahan kuantitas pelabuhan.

"SMBR mendukung Pelindo II yang beroperasi di sepuluh provinsi dan mengelola 12 pelabuhan untuk meningkatkan kualitas maupun menambah kuantitas pelabuhan," ujarnya.

Sedangkan kerja sama SMBR dengan Jamkrindo melingkupi penerbitan "surety bond" secara online yang terdiri atas jaminan penawaran (bid bond), jaminan pelaksanaan (performance bond), jaminan uang muka (advanced payment bond), jaminan pemeliharaan (maintenance bond) dan jaminan-jaminan lain.

Direktur Utama Perum Jamkrindo, Randi Anto seperti dilansir Antara mengatakan kerja sama ini merupakan salah satu terobosan dalam sinergi BUMN untuk mengoptimalkan kegiatan bisnis, karena para penerima pekerjaan atau vendor SMBR tidak perlu lagi datang ke kantor Perum Jamkrindo untuk mengajukan permohonan penjaminan.

Sebanyak 300 vendor tersebut cukup datang ke SMBR untuk mengisi form digital secara mandiri sehingga lebih mudah dan efisien dalam kepengurusan dokumen tender para kontraktor.

Dengan kerja sama ini, Jamkrindo dapat mengoptimalkan pemanfaatan potensi bisnis untuk meningkatkan sinergi serta kelancaraan kegiatan bisnis kedua belah pihak dengan prinsip saling menguntungkan.

Perum Jamkrindo dapat membidik potensi volume penjaminan dari nilai belanja modal (capex) dan belanja operasional (opex) Semen Baturaja, sedangkan Semen Baturaja memperoleh manajemen kontrol dan data base yang lebih baik.

"Karena ada rekam jejak digitalnya, tentu databasenya menjadi lebih baik. Semen Baturaja dapat lebih mudah memonitor proyek mana yang belum terjamin, sehingga meningkatkan optimalisasi penyerapan belanja modal," ujar Randi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Dirjen IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih saat memberikan penghargaan kepada pemenang IGDS 2019 (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 14 Oktober 2019 - 18:15 WIB

Lewat IGDS 2019, Kemenperin Lahirkan Produk Industri Berkualitas Tinggi

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berupaya mendorong ekosistem industri kreatif Indonesia agar menghasilkan produk-produk dengan desain berkualitas. Hal ini guna meningkatkan citra positif…

Personel Satgas Yonif 411 Kostrad Gelar Senam Kebugaran Untuk Ibu-Ibu di Perbatasan RI-PNG

Senin, 14 Oktober 2019 - 18:00 WIB

Personel Satgas Yonif 411 Kostrad Gelar Senam Kebugaran Untuk Ibu-Ibu di Perbatasan RI-PNG

Personel Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Republik Indonesia-Papua Nugini (Satgas Pamtas RI-PNG) Batalyon Infanteri Mekanis Raider (Yonif MR) 411/Pandawa Kostrad bekerjasama dengan Puskesmas…

Huawei Band 4

Senin, 14 Oktober 2019 - 17:45 WIB

Resmi Hadir di Indonesia, Huawei Band 4 Dibanderol Seharga Rp 449.000

Huawei Consumer Business Group (CBG) Indonesia meluncurkan perangkat¬†smart wearable, Huawei Band 4 ke pasar Indonesia¬†yang dipersenjatai dengan teknologi pengisian baterai USB dan terkoneksi…

Rosan Roeslani Ketua Umum KADIN (dok KADIN INDONESIA)

Senin, 14 Oktober 2019 - 17:35 WIB

Airlangga Beri Sinyal Kuat untuk Rosan Isi Pos Menperin

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto memberikan kode kepada Ketua Kadin Indonesia Rosan Roeslani untuk bersiap memasuki periode kedua kepemimpinan Presiden Joko Widodo-KH Ma'ruf…

Huawei P30 Pro Mystic Blue dan Case Glamor Swarovski

Senin, 14 Oktober 2019 - 17:12 WIB

Huawei P30 Pro Hadirkan Warna Baru, dan Case Glamor Swarovski untuk Pasar Indonesia

Meskipun Huawei memperkenalkan dua varian warna baru di IFA 2019, yakni Mystic Blue dan Musty Lavender, namun hanya Mystic Blue yang diberikan untuk pasar Indonesia.