Kadin Minta Pemerintah Kendalikan Lonjakan Impor Jelang Lebaran

Oleh : Ridwan | Kamis, 17 Mei 2018 - 15:45 WIB

Wakil Ketua Kadin Bidang Perdagangan, Benny Soetrisno
Wakil Ketua Kadin Bidang Perdagangan, Benny Soetrisno

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menjelang lebaran kenaikan impor pada April 2018 mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Meski hal ini biasa terjadi, dunia usaha nasional berharap agar importasi masih terkendali dalam batas normal.

Hal ini diungkapkan oleh Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Perdagangan, Benny Soetrisno di Jakarta, Kamis (17/5/2018).

Menurutnya, jelang ramadhan dan lebaran biasanya memang ada kenaikan impor pada barang yang masuk kategori fast moving consumption goods.

"Tren jelang puasa itu konsumsi dalam negeri naik, maka importasi barang konsumsi juga naik. Ini wajar terjadi," katanya.

Benny menyebut, banyak industri yang memang masih bergantung pada bahan baku impor karena harganya yang lebih kompetitif.

Terlepas dari harga, ia mengatakan kenaikan impor kali ini juga beriringan dengan naiknya penjualan ritel. Pada April 2018 lalu, dia mengatakan, penjualan ritel meningkat sekitar dua persen setelah sebelumnya berada pada posisi yang stagnan sejak awal tahun. 

"Kalau penjualan ritel naik, impor juga naik," ucap Benny.

Lebih lanjut, ia menuturkan, lonjakan impor mengkhawatirkan pengusaha domestik, apalagi impor bersumber dari barang konsumsi.

"Kadin berharap pemerintah mampu mendorong produktivitas industri dalam negeri. Caranya dengan memperbaiki sistem pembiayaan, fiskal, energi dan peraturan tenaga kerja, serta logistik," terang Benny.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat terjadi kenaikan nilai impor signifikan pada April 2018, yaitu sebesar 11,28 persen dibanding bulan sebelumnya. Sementara, jika dibanding April 2017, impor meningkat 34,68 persen. 

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, pola kenaikan menjelang Lebaran biasanya hanya didominasi oleh impor barang konsumsi, namun untuk tahun ini juga turut didominasi oleh barang bahan baku maupun barang modal.

BPS mencatat, impor bahan baku April 2018 naik 10,73% dibanding Maret 2018 dan naik 33% (yoy). Sedangkan impor barang modal naik 6,59% dibanding Maret 2018 dan naik 40,81% (yoy).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Alfarisi Arifin, Direktur Utama Karubi Maru dan Enomoto Okuto, Kepala Koki Karubi Maru pada Pembukaan Gerai Kedua Karubi Maru Di Botani Square Mall Bogor

Jumat, 03 Mei 2024 - 14:15 WIB

Gandeng Koki Asli Jepang Karubi Maru Berikan Pengalaman Menyantap Yakiniku Dalam Jyubako

Hadirkan pengalaman baru dalam menyantap yakiniku di dalam kemasan Jyubako atau yang lebih dikenal dengan bento box Karubi Maru buka gerai keduanya di Botani Square Mall Bogor.

HINT Metaverse Eau de Perfume

Jumat, 03 Mei 2024 - 14:02 WIB

Kolaborasi HINT Dengan AI Technology Ciptakan Parfum Aroma Futuristik

HINT, brand parfum lokal yang menghadirkan inovasi parfum yang unik dan diinfus dengan teknologinya, kembali hadir dengan mengembangkan teknologi teranyar dengan menciptakan varian parfum terbaru, …

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 03 Mei 2024 - 13:28 WIB

Ekspansif Selama 32 Bulan, Menperin Agus: Industri Manufaktur RI Sehat Dan Solid

Fase ekspansi yang dicatat oleh industri manufaktur tanah air masih berlanjut sehingga memperpanjang periode selama 32 bulan berturut-turut. Ini berdasarkan laporan S&P Global, yang menunjukkan…

Wamenparekraf, Angela Tanoesoedibjo

Jumat, 03 Mei 2024 - 12:55 WIB

Wamenparekraf Kisahkan Sosok R.A Kartini di Ajang The 2nd UN Tourism Conference on Women Empowerment in Tourism

The 2nd UN Tourism Conference on Women Empowerment in Tourism in Asia and the Pacific resmi dibuka oleh Director for Regional Asia and the Pacific, Director of the Regional Department for Asia…

Optimis Rampung 2024, Hutama Karya Komitmen Sambungkan Aceh dan Sumatera Utara

Jumat, 03 Mei 2024 - 11:31 WIB

Optimis Rampung 2024, Hutama Karya Komitmen Sambungkan Aceh dan Sumatera Utara

Jakarta– PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) kembali memastikan penyelesaian Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) sesuai rencana, khususnya pengusahaan jalan tol yang akan menghubungkan 2…