INSA Perjuangkan Pelayaran Nasional Kuasai Angkutan Ekspor

Oleh : Herry Barus | Selasa, 15 Mei 2018 - 13:24 WIB

Carmelita Hartoto, Ketua Umum Indonesian National Shipowners Association (INSA) (Foto Ist)
Carmelita Hartoto, Ketua Umum Indonesian National Shipowners Association (INSA) (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Banjarmasin - Ketua Umum Persatuan Perusahaan Pelayaran Niaga Nasional atau Indonesia National Shipowners` Association (INSA) Carmelita Hartarto mengatakan pihaknya kini sedang berjuang merealisasikan keputusan tentang angkutan ekspor impor agar bisa dikuasai oleh pelayaran nasional.

Menurut Carmelita di Banjarmasin pada pelantikan pengurus DPC INSA Banjarmasin, di Banjarmasin Senin (14/5/2018) saat ini 90 persen angkutan ekspor impor nasional dikuasai oleh kapal berbendera asing.

"Kami sedang memperjuangkan, agar untuk angkutan ekspor impor nasional, bisa dilakukan oleh kapal berbendera merah putih, dan syukur perjuang tersebut telah mendapatkan dukungan dari kementerian perdagangan," katanya.

Dukungan tersebut, terbukti dengan dikeluarkannnya keputusan menteri perdagangan nomer 82 tahun 2017, yang mewajibkan angkutan ekspor terutama CPO dan batu bara, dilakukan oleh kapal berbendera merah putih.

Diharapkan, ketentuan tersebut, bisa segera direalisasikan, dalam waktu yang tidak lama lagi, sehingga ke depan, seluruh angkutan ekspor batu bara dan CPO sudah berbendera merah putih.

Carmelita mengungkapkan, seluruh perusahaan nasional, kini harus bersatu dan saling mendukung, untuk meningkatkan kemampuan pelayaran nasional, sehingga bisa mendorong tumbuhnya perekonomian nasional lebih cepat.

Perusahaan pelayaran daerah, terutama Kalimantan Selatan, berperan besar, dalam mendorong kejayaan pelayaran nasional, mengingat potensi ekspor juga banyak berasal dari Kalsel.

"Tanpa dukungan dari daerah, saya rasa upaya untuk memperkuat peran pelayaran nasional, akan sulit terwujud," katanya kepada awak media.

Dia berharap, INSA Banjarmasin, mampu memberikan seluruh energinya, untuk mendukung kemajuan pelayaran daerah dan nasional.

"Perkuat koordinasi dengan seluruh pihak terkait di daerah maupun pemangku kepentingan ditingkat nasional, untuk kemajuan pelayaran daerah," katanya.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengatakan, peran INSA sangat besar terhadap laju pembangunan Kalimantan Selatan, terutam untuk angkutan barang.

Menurut Gubernur, kerja sama dengan seluruh pihak, termasuk dengan INSA sangat penting untuk terus dilakukan, untuk mempercepat pembangunan ekonomi daerah.

"Kita akan terus berupaya mendukung pengusaha besar maupun kecil, untuk berinvestasi di Kalsel, termasuk pengusaha pelayaran," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

103 Warga Korban Banjir dan Tanah Longsor dari Tiga Desa Terisolir Berhasil di Evakuasi

Rabu, 08 Mei 2024 - 04:18 WIB

103 Warga Korban Banjir dan Tanah Longsor dari Tiga Desa Terisolir Berhasil di Evakuasi

Sebanyak 103 orang yang terdiri lansia, anak-anak dan warga yang sakit berhasil di evakuasi dari tiga Desa terisolir seperti Desa Rante Balla, Desa Pajang dan Desa Tibusan Kecamatan Latimojong,…

Panglima TNI Hadiri Undangan Pelayaran Wisata Kehormatan (Barge Tour) Komandan USINDOPACOM.

Rabu, 08 Mei 2024 - 04:13 WIB

Panglima TNI Hadiri Undangan Pelayaran Wisata Kehormatan (Barge Tour) Komandan USINDOPACOM.

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto berkesempatan memenuhi undangan pelayaran wisata kehormatan (Barge Tour) yang diselenggarakan oleh Komandan USINDOPACOM Admiral Samuel J Paparo,

Stasiun Bakamla Bali Berikan Pembinaan Rapala (foto Humas Bakamla RI)

Rabu, 08 Mei 2024 - 04:07 WIB

Stasiun Bakamla Bali Berikan Pembinaan Rapala

epala Zona Bakamla Tengah Laksma Bakamla Octavianus Budi Susanto, S.H., M.Si., M.Tr.Opsla., secara resmi membuka kegiatan Pembinaan 30 orang Relawan Penjaga Laut Nusantara (Rapala) Bakamla RI…

dr. Beatrix Isabella Tjahyana Dipl.AAAM, Founder & CEO BeArt Korean Skin Clinic menjelaskan perkembangan teknologi laser untuk perawatan kecantikan di Indonesia.

Selasa, 07 Mei 2024 - 23:43 WIB

Perawatan Kecantikan Dengan Laser, BeArt Korean Skin Clinic Hadirkan Metode Terbaru Dari Amerika

Salah satu jenis perawatan dengan metode laser yang menjadi populer dan diterapkan klinik BeArt yaitu dengan menggunakan mesin face lifting dari Amerika.

Pelatihan Membaca Nyaring di hadapan pustakawan, guru sekolah dan orang tua di Sumatera Utara

Selasa, 07 Mei 2024 - 22:58 WIB

Pentingnya Teknik Membaca Nyaring Pada Anak Sejak Dini

Anak yang sering dibacakan nyaring dan diajak berbicara oleh ibu bapaknya secara tidak langsung membantu stimulasi kemampuan kognitifnya berkembang lewat suara.