Kolaborasi Pastikan Industri Logistik Jadi Pilar e-Commerce

Oleh : Ridwan | Selasa, 15 Mei 2018 - 10:02 WIB

Ilustrasi Logistik di Indonesia (Foto:supplychainindonesia)
Ilustrasi Logistik di Indonesia (Foto:supplychainindonesia)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres Indonesia (Asperindo) M. Feriadi mengungkapkan arti penting kolaborasi antar perusahaan jasa logistik guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Apalagi dengan era perekonomian digital, menurutnya jasa pos dan logistik akan menjadi pilar utama e-commerce yang mampu meningkatkan kontribusi sektor digital dalam perekonomian nasional. 

“Sekarang sudah bukannya era kompetisi, namun era kolaborasi. Saya harap nanti perusahaan bisa saling berkolaborasi dan bisa membangun sinergi yang baik satu sama lain,” kata Ketua Asperindo M. Feriadi dalam Seminar Nasional Kontribusi Industri Logistik untuk Ekonomi Digital di Hotel Borobudur Jakarta (14/5/2018).

Hal senada disampaikan Ketua Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Yukki Nugrahawan. Menurutnya kolaborasi menjadi kata kunci.

"Pertumbuhan angka ekspor yang lebih kecil daripada impor yang bisa menyebabkan negara besar lain masuk mencari pasar di Indonesia. Kita harus bersama-sama berkolaborasi, karena ditakutkan ada negara besar yang menawarkan platform dan berhasil,” tambahnya.

Dimoderatori oleh Direktur Pos Ditjen PPI Ikhsan Baidirus, seminar menjadi ajang bertukar pikiran antara regulator hingga pelaku bisnis. Ketiga pilar e-commerce yaitu marketplace, pos dan logistik hingga sistem pembayarannya dikupas mendalam melalui pemberi materi yang terwakilkan seperti Deputi Komisioner Pengawas Perbankan l, Otoritas Jasa Keuangan Budi Armanto, Senior Business Development Logistic Tokopedia Stephanie Octavia, Ketua Asperindo M. Feriadi, Direktur Utama PT. Pos Indonesia Gilarsi Wahyu Setijono, dan Ketua Umum Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Yukki Nugrahawan Hanafi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Investasi Bodong (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 06 Mei 2024 - 00:11 WIB

Catat Ya! Jadi Korban Investasi Bodong, Nasabah Disarankan Tempuh Jalur Hukum

Jakarta - Kasus dugaan dana nasabah hilang di rekening tabungan PT Bank Tabungan Negara Tbk menarik perhatian publik.

PJ Gubernur Turut Hadir dalam Paskah ASN DKI Jakarta 2024

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:53 WIB

Hadiri Paskah, Heru Imbau ASN Tingkatkan Pelayanan Bagi Masyarakat

Jakarta- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar perayaan Paskah Bersama 2024 dengan mengangat tema "Aktualisasi Nilai-Nilai Paskah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Tahun 2024" yang digelar…

Atlet tim Thomas dan Uber

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:38 WIB

BNI Apresiasi Tim Thomas dan Uber Indonesia  

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI selaku sponsor resmi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi luar biasa Tim Thomas…

BTN Raih Best Savings Bank Award

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:22 WIB

Konsisten Jalankan Peran, BTN Raih Best Savings Bank Award

Jakarta-Konsistensi PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menjalankan peran sebagai bank tabungan dan meningkatkan tingkat inklusi keuangan di masyarakat membuat perseroan meraih penghargaan…

Peluncuran Oreo Pokemon di Indonesia.

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:11 WIB

Oreo Rayakan Kolaborasinya Bersama Pokemon. Ada Kepingan Biskuit Langka Berhadiah Perjalanan ke Jepang

Kolaborasi ini mengajak masyarakat untuk menemukan seluruh gambar koleksi karakter Pokemon pada kepingan biskuit Oreo dan berkesempatan mengikuti undian berhadiah istimewa.