Rodmap Sektor Riil Syariah Ditargetkan Rampung 2018

Oleh : Herry Barus | Selasa, 15 Mei 2018 - 09:32 WIB

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Menteri Perencanaan Pembangunan/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Menteri Perencanaan Pembangunan/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) menargetkan peta jalan atau 'roadmap' sektor riil syariah dapat rampung pada 2018.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) sekaligus Sekretaris KNKS Bambang Brodjonegoro di Jakarta, Senin (14/5/2018) mengatakan, pihaknya tengah menyusun peta jalan tersebut sesuai arahan Presiden Jokowi untuk memperkuat sektor riil syariah.

"Tahun ini selesai roadmap dan kami juga sudah dorong beberapa industri supaya jalan lebih cepat," ujar Bambang.

Bambang menuturkan, Indonesia lebih dimanfaatkan sebagai pasar untuk produk-produk halal yang dari luar negeri dibandingkan menjadi pemain dalam industri syariah.

"Presiden berharap sekali Indonesia punya posisi lebih kuat di sektor riil. Untuk pakaian muslim saja, Indonesia posisinya masih net importir. Jadi boro-boro kita jadi eksportir terbesar, kita masih net importir," kata Bambang.

Sebelumnya, dalam rapat pleno KNKS beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo yang juga menjabat sebagai Ketua KNKS, meminta ada peta jalan sektor riil syariah sebagai upaya mendorong ekonomi syariah hingga ke sektor riil, tidak hanya industri keuangan syariahnya saja.

Presiden berharap, Indonesia tidak terus menjadi pasar dari perkembangan ekonomi syariah global, namun juga harus bisa menjadi pemain atau produsen dari produk-produk ekonomi syariah. Pada 2015, besarnya volume bisnis halal di global mencapai 3,84 triliun dolar AS. Pada 2021, diperkirakan akan naik dua kali lipat atau mencapai 6,38 triliun dolar AS.

Indonesia adalah negara yang paling tinggi untuk menggunakannya, belum jadi menjadi player atau produsen. Untuk, halal food Indonesia rangking satu sebanyak 1,17 triliun dolar, tapi belum menjadi player. Halal travel and halal fashion, Indonesia nomor lima dunia tapi juga belum menjadi player. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Penilaian Keuangan Perusahaan Sektor Jasa OJK, Muhammad Maulana tengah

Senin, 16 Desember 2019 - 19:41 WIB

Waran Terstruktur Siap Menghiasi Pasar Modal

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memiliki Rancangan Peraturan OJK (RPOJK) terkait instrumen investasi Waran Terstruktur. Harapannya produk ini dapat dikembangkan sebagai produk derivatif.

Penghargaan diterima oleh Direktur Mandiri Syariah Putu Rahwidhiyasa

Senin, 16 Desember 2019 - 19:19 WIB

Mandiri Syariah Dinobatkan Menjadi Mitra Distribusi SBSN Ritel Terbaik 2019

Jakarta-PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) memperoleh penghargaan sebagai Mitra Distribusi SBSN Ritel Terbaik 2019 dan Peserta Lelang SBSN Terbaik Tahun 2019 dari Kementerian Keuangan…

Danone-AQUA raih Penghargaan Industri Hijau

Senin, 16 Desember 2019 - 16:41 WIB

15 Pabrik Danone-AQUA Raih Penghargaan Hijau 2019 dari Kemenperin

Danone-AQUA mendapatkan Penghargaan Industri Hijau 2019 melalui 15 pabriknya dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia atas upaya Danone-AQUA yang secara aktif dan bijak menggunakan…

Fadel Muhammad berbincang dengan Direktur Penilaian Keuangan Perusahaan Sektor Jasa Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muhammad Maulana.

Senin, 16 Desember 2019 - 16:24 WIB

Crowdfunding Bisa Danai UKM di Pasar Modal

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong perusahaan untuk go publik. Kelebihannya, perusahaan yang sudah jadi emiten sebutan yang sudah listing di pasar modal, akan diawasi banyak orang.

Kolaborasi EXSPORT x Shane Tortilla Bag

Senin, 16 Desember 2019 - 15:43 WIB

Exsport Ajak Remaja Perempuan Untuk Jadi Diri Sendiri Lewat Kolaborasi Exsport X Shane Tortilla

EXSPORT x Shane Tortilla Bag menggambarkan ekspresi remaja wanita saat ini dengan desain yang colorful dalam tas jenis sling bag dan totebag.