Rodmap Sektor Riil Syariah Ditargetkan Rampung 2018

Oleh : Herry Barus | Selasa, 15 Mei 2018 - 09:32 WIB

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Menteri Perencanaan Pembangunan/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Menteri Perencanaan Pembangunan/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) menargetkan peta jalan atau 'roadmap' sektor riil syariah dapat rampung pada 2018.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) sekaligus Sekretaris KNKS Bambang Brodjonegoro di Jakarta, Senin (14/5/2018) mengatakan, pihaknya tengah menyusun peta jalan tersebut sesuai arahan Presiden Jokowi untuk memperkuat sektor riil syariah.

"Tahun ini selesai roadmap dan kami juga sudah dorong beberapa industri supaya jalan lebih cepat," ujar Bambang.

Bambang menuturkan, Indonesia lebih dimanfaatkan sebagai pasar untuk produk-produk halal yang dari luar negeri dibandingkan menjadi pemain dalam industri syariah.

"Presiden berharap sekali Indonesia punya posisi lebih kuat di sektor riil. Untuk pakaian muslim saja, Indonesia posisinya masih net importir. Jadi boro-boro kita jadi eksportir terbesar, kita masih net importir," kata Bambang.

Sebelumnya, dalam rapat pleno KNKS beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo yang juga menjabat sebagai Ketua KNKS, meminta ada peta jalan sektor riil syariah sebagai upaya mendorong ekonomi syariah hingga ke sektor riil, tidak hanya industri keuangan syariahnya saja.

Presiden berharap, Indonesia tidak terus menjadi pasar dari perkembangan ekonomi syariah global, namun juga harus bisa menjadi pemain atau produsen dari produk-produk ekonomi syariah. Pada 2015, besarnya volume bisnis halal di global mencapai 3,84 triliun dolar AS. Pada 2021, diperkirakan akan naik dua kali lipat atau mencapai 6,38 triliun dolar AS.

Indonesia adalah negara yang paling tinggi untuk menggunakannya, belum jadi menjadi player atau produsen. Untuk, halal food Indonesia rangking satu sebanyak 1,17 triliun dolar, tapi belum menjadi player. Halal travel and halal fashion, Indonesia nomor lima dunia tapi juga belum menjadi player. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Aiko Senosoenoto dari Eki Dance Company (Foto Amz)

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 15:00 WIB

Komunitas, Jadi Salah Satu Alternatif Pengembangan Seni Tari di Indonesia

Tumbuhnya berbagai komunitas, termasul komunitas tari, menjadi salah salah satu titik penting dalam jejaring kesenian di Indonesia. Ketika banyak negara lain masih berkutat dalam sekolah seni,…

Indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (dok INDUSTRY.co.id)

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 14:48 WIB

Pasar Modal Tingkatkan Kontribusi Pertumbuhan Ekonomi

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan terus mengarahkan agar industri Pasar Modal lebih berkontribusi dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, mendukung ekspor dan subtitusi impor, serta membuka lebih…

Sentra bawang merah

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 14:42 WIB

DPR: Ekosistem Pengelolaannya Tersistematis

Jakarta - Meningkatnya Pendapatan Domestik Bruto (PDB) yang disumbangkan sektor pertanian pada Triwulan II- 2019 merupakan tanda makin tersistematisnya ekosistem pengelolaan usaha agraris di…

Ilustrasi Sawah (Dok. Kementan)

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 14:34 WIB

Kementan Mampu Membuat Ekspor Melesat

Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) telah membuktikan capaian swasembada pangan melalui kemajuan ekspor selama periode Mentan Amran Sulaiman.

Mba Tutut (Foto Amz)

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 14:00 WIB

Tutut Soeharto: YHK dan YDGRK Terus Berbakti untuk Indonesia

Dua Yayasan yang dulu pernah didirikan oleh keluarga mantan Presiden RI ke 2, HM. Soeharto yakni Yayasan Harapan Kita (YHK) dan Yayasan Dana Gotong Royong Kemanusiaan (YDGRK) sama sama berulangtahun,…