Lima Deklarasi Perdamaian Bogor Hasil Pertemuan Ulama Trilateral

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 12 Mei 2018 - 06:41 WIB

Prof. DR Quraish Shihab (Foto Setkab)
Prof. DR Quraish Shihab (Foto Setkab)

INDUSTRY.co.id - Bogor- Pertemuan ulama trilateral Indonesia-Afghanistan-Pakistan sepakat membacakan deklarasi perdamaian Bogor yang mendukung tercapainya perdamaian di Afghanistan.

Deklarasi Perdamaian Bogor dibacakan secara bergantian oleh perwakilan ulama Afghanistan, Ataullah Lodin dan Prof. DR Quraish Shihab usai penutupan di tangga teras belakang Istana Bogor, Jabar, Jumat (11/5/2018)

Menurut Wapres M Jusuf Kalla dengan pembacaan deklarasi perdamaian Bogor tersebut merupakan langkah awal untuk menuju proses lanjut dalam rangka mencapai perdamaian.

"Ini langkah awal. Ini masih panjang tapi bagus pernyataan awal sebagai payung, agar sepakat menyelesaikan konflik. Dan semua ulama (yang hadir) sepakat," kata Wapres.

Lebih lanjut Wapres juga menjelaskan bahwa pertemuan kali ini baru membicarakan masalah-masalah umum di Afghanistan. Wapres juga menjelaskan bahwa apa yang dibawa dalam pertemuan ini merupakan usulan dari masing-masing organisasi ulama atau MUI masing-masing dengan persetujuan pemerintah.

Ketika ditanyakan apakah ada perwakilan dari Taliban yang hadir, Wapres menjelaskan bahwa secara khusus tidak ada tapi Taliban mendukung adanya perdamaian.

"Insya alloh kalau bisa tahun ini (perdamaian tercapai) itu akan bagus sekali," kata Wapres.

Namun, tambah JK berdasarkan pengalamannya menyelesaikan berbagai konflik masih diperlukan waktu untuk proses perundingan selanjutnya.

"Intinya kita, mendorong agar yang berkonflik itu mau membicarakan bersama-sama, berunding untuk mencapai perdamaian. Dan Indonesia mendorong perdamaian itu," kata Wapres.

Sementara itu point-point isi Deklarasi Perdamaian Bogor antara lain: Pertama, Islam adalah agama damai, toleran dan moderat. Kata islam sendiri berarti salam dan perdamaian. Karena itu para islam sejati akan selalu mencintai perdamaian.

Kedua, umat Islam menyerukan pesan perdamaian belas kasih dan kasih sayang. Kami mendukung afghanistan untuk mencapai perdamaian yang di doorong oleh para ulama.

Ketiga, perdamaian adalah peritah dan anjuran Alloh sehingga semua konflik harus diselesaikan dengan musyawarah. Kami mengapresiasi negara sekitar kawasan, dunia islam dan negara internssioal atas dukungan agar tercapainya perdamaiann di Afghanistan.

Keempat, meyerukan semua pihak untuk ikut langsung dalam penyelesaian konflik dan perdamaian dengan musyawarah karena musyawarah itu ciri-ciri keimanan.

Kelima, ulama memegang peran penting untuk mewariskan nilai-nilai islam. Ulama memegang peran penting dalam perdamaian.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Progress Group groundbreaking jalan penghubung di Ciputat

Rabu, 24 April 2024 - 06:15 WIB

Permudah Mobilitas Warga Paradise Resort City, Progress Group Groundbreaking Jalan Penghubung di Ciputat

Progress Group melakukan groundbreaking pembangunan jalan penghubung antara Jl. Aria Putra dan Jl. H Taip di Ciputat, sebagai bagian penting dari pengembangan akses boulevard dari township Paradise…

Pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda Literasi Sumenep di acara Madura Writers Readers Festival 2024.

Selasa, 23 April 2024 - 23:38 WIB

Bupati Sumenep Buka Acara Madura Writers Readers Festival

Selain disemarakkan dengan kehadiran para penggerak literasi budaya, serta bazar buku murah, di Madura Writers Readers Festival 2024 juga diselenggarakan pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda…

Perwakilan dari TAITRA, perusahaan Taiwan, dan asosiasi Indonesia berfoto bersama usai acara Konferensi Pers Taiwan Expo 2024.

Selasa, 23 April 2024 - 23:19 WIB

Taiwan Expo akan Kembali Hadir di Indonesia

Tampilkan Solusi Cerdas dan Ramah Lingkungan Taiwan International Trade Administration (TITA) dan Taiwan External Trade Development Council (TAITRA) akan kembali menyelenggarakan Taiwan Expo…

Strategi pemasaran (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 22:57 WIB

Strategi Dalam Mempengaruhi Perilaku Pembelian Pelanggan

Dalam pasar yang kompetitif saat ini, memahami dan mempengaruhi perilaku pembelian pelanggan sangat penting agar bisnis dapat berkembang. Dengan munculnya teknologi baru dan berkembangnya preferensi…

Everpure tersedia di Shopee, atasi masalah jerawat usai mudik lebaran.

Selasa, 23 April 2024 - 19:40 WIB

Tips Merawat Kulit Wajah Bersama Shopee 5.5 Voucher Kaget

Melalui kampanye 5.5 Voucher Kaget, Shopee ingin menjadi teman serta memberikan semangat untuk kembali memulai perjalanan pengguna, khususnya dalam perawatan diri setelah libur lebaran.