Sungai Kriyan Cirebon yang Penuh Sejarah Bakal dijadikan Destinasi Wisata

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 10 Mei 2018 - 15:00 WIB

Keraton Kasepuhan Cirebon. (Foto: Pergidulu.com)
Keraton Kasepuhan Cirebon. (Foto: Pergidulu.com)

INDUSTRY.co.id, CIrebon - Terkenal sebagai kota udang, Cirebon, Jawa Barat, berencana untuk mengembangkan wisata sungai Kriyan yang merupakan salah satu tempat bersejarah tinggi.

"Wisata laut dan sejarah inilah yang bisa dijual kepada pengunjung di sungai Kriyan yang dahulunya merupakan salah satu pintu masuk ke Kota Cirebon," kata Pejabat Wali Kota Cirebon, Dedi Taufik di Cirebon.

Pemerintah Kota Cirebon rencananya mulai tahun 2019 mulai membangun infrastruktur dan sarana penunjang untuk menjadikan sungai Kriyan sebagai destinasi wisata.

Dengan cara melalui Bappeda guna merumuskan adanya wisata laut di sungai Kriyan yang penuh sejarah itu. "Segera kami minta Bappeda untuk merumuskan wisata laut di sungai Kriyan," ujarnya.

Dedi mengatakan zaman dahulunya sungai Kriyan merupakan pintu masuk ke Kota Cirebon dari laut, kemudian perahu yang datang masuk Lawang Sanga (Syahbandar) sebelum masuk kawasan Keraton Pakungwati (Kasepuhan).

Dari sejarah yang panjang inilah kawasan sungai Kriyan bisa dijadikan salah satu destinasi unggulan yang bersejarah tinggi.

Adapun untuk saat ini, kata Dedi, Pemkot Cirebon dan Lanal Cirebon baru bisa menyalurkan bantuan berupa perahu karet untuk rekreasi warga sekitar, sebelum dikembangkan menjadi destinasi wisata.

"Sebagian lahan di sungai Kriyan milik BBWS Cimanuk-Cisangggarung, nanti kita kerja samakan saja," katanya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Samsung S21 Ultra 5G adalah smartphone terkini yang diciptakan dan dihadirkan oleh Samsung Electronics ketika umat manusia di seluruh dunia melalui waktu-waktu sulit dan kritis di masa pandemi Covid-19. (Foto: Humas PT Samsung Electronics Indonesia)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 20:49 WIB

Beberapa Pekan Mendatang, Samsung Electronics Bakal Hadirkan Smartphone Kejutan Baru

Jakarta - Ini sedikit cerita mengenai kemajuan ponsel cerdas (smarphone) di era pandemi Covid-19 yang telah berlangsung lebih dari satu tahun terakhir ini. Banyak produsen ponsel yang berlomba-loma…

Ilustrasi energi panas bumi (ist)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 18:41 WIB

Rampung Hanya Dalam 18 Bulan, PLTP Sorik Marapi Unit 2 Berkapasitas 45 MW Resmi Beroperasi

Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Panas Bumi Sorik Marapi unit 2 berkapasitas 45 MW telah beroperasi komersil setelah menyelesaikan Unit Rated Capacity (URC) Test.

Badak circuit Tanjung Lesung

Minggu, 01 Agustus 2021 - 18:00 WIB

IMI Dukung Pembangunan Automotive Sport Tourism Tanjung Lesung

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) bersama Direktur Utama PT Banten West Java Tourism Development Poernomo Siswoprasetijo menandatangani…

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menjenguk Hari dan Tino di TMR

Minggu, 01 Agustus 2021 - 17:35 WIB

Patut Dicontoh! Anies Baswedan Jenguk Dua Harimau Sumatera, Hari dan Tino yang Terpapar Covid-19 di Ragunan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjenguk dua warganya yang bernama Hari dan Tino usai dinyatakan positif Covid-19. Yang menarik warga yang dimaksudnya adalah harimau yang berada di Taman…

Tol Listrik Flores

Minggu, 01 Agustus 2021 - 17:25 WIB

Alhamdulillah, Tol Listrik Flores Sepanjang 864 kms Beropersi, Keandalan Listrik di Indonesia Timur Makin Jos!

Tol listrik sepanjang 864 kilo meter sirkuit (kms) resmi beroperasi di Flores, Nusa Tenggara Timur. Penyambungan listrik ini membentang dari Labuan Bajo hingga Maumere dengan menelan biaya sebesar…