Sungai Kriyan Cirebon yang Penuh Sejarah Bakal dijadikan Destinasi Wisata

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 10 Mei 2018 - 15:00 WIB

Keraton Kasepuhan Cirebon. (Foto: Pergidulu.com)
Keraton Kasepuhan Cirebon. (Foto: Pergidulu.com)

INDUSTRY.co.id, CIrebon - Terkenal sebagai kota udang, Cirebon, Jawa Barat, berencana untuk mengembangkan wisata sungai Kriyan yang merupakan salah satu tempat bersejarah tinggi.

"Wisata laut dan sejarah inilah yang bisa dijual kepada pengunjung di sungai Kriyan yang dahulunya merupakan salah satu pintu masuk ke Kota Cirebon," kata Pejabat Wali Kota Cirebon, Dedi Taufik di Cirebon.

Pemerintah Kota Cirebon rencananya mulai tahun 2019 mulai membangun infrastruktur dan sarana penunjang untuk menjadikan sungai Kriyan sebagai destinasi wisata.

Dengan cara melalui Bappeda guna merumuskan adanya wisata laut di sungai Kriyan yang penuh sejarah itu. "Segera kami minta Bappeda untuk merumuskan wisata laut di sungai Kriyan," ujarnya.

Dedi mengatakan zaman dahulunya sungai Kriyan merupakan pintu masuk ke Kota Cirebon dari laut, kemudian perahu yang datang masuk Lawang Sanga (Syahbandar) sebelum masuk kawasan Keraton Pakungwati (Kasepuhan).

Dari sejarah yang panjang inilah kawasan sungai Kriyan bisa dijadikan salah satu destinasi unggulan yang bersejarah tinggi.

Adapun untuk saat ini, kata Dedi, Pemkot Cirebon dan Lanal Cirebon baru bisa menyalurkan bantuan berupa perahu karet untuk rekreasi warga sekitar, sebelum dikembangkan menjadi destinasi wisata.

"Sebagian lahan di sungai Kriyan milik BBWS Cimanuk-Cisangggarung, nanti kita kerja samakan saja," katanya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Warung Konsuler di Wilayah Calabria (Photo by Kemlu)

Rabu, 21 Oktober 2020 - 11:15 WIB

Bantu WNI di Italia Selatan, KBRI Roma Adakan Warung Konsuler

Pelayanan kekonsuleran seperti pembaharuan paspor, diperlukan oleh para WNI yang berada di luar negeri, tidak terkecuali para WNI yang tinggal jauh dari kantor Perwakilan Indonesia.

Jasa Penagihan Hutang

Rabu, 21 Oktober 2020 - 11:09 WIB

Sejumlah Tips Pilih Jasa Penagihan Hutang

Jasa penagihan hutang di Indonesia banyak sekali jumlahnya, contohnya di Jabodetabek saja, lebih dari 100 biro jasa yang bergerak dalam bidang penagihan hutang. Yang harus diperhatikan adalah…

Diah Natalisa Deputi bidang Pelayanan Publik, Kementerian PANRB

Rabu, 21 Oktober 2020 - 11:00 WIB

Menyempurnakan UU Pelayanan Publik dari Berbagai Sisi

Undang-undang No. 25/2009 tentang Pelayanan Publik akan disempurnakan. Berbagai aspek disiapkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) untuk merevisi UU tersebut.…

Peresmian Jalan Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.(Twitter/@jokowi)

Rabu, 21 Oktober 2020 - 10:49 WIB

Dasyat! Nama Presiden Jokowi Diabadikan Jadi Nama Jalan di Uni Emirat Arab

Jakarta-Nama Presiden Joko Widodo diabadikan menjadi nama jalan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) Peresmian President Joko Widodo Street dipimpin oleh Chairman Abu Dhabi Executive Office Sheikh…

Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja (Foto Dok Biem.co)

Rabu, 21 Oktober 2020 - 10:18 WIB

Pemerintah Tegaskan Pembahasan UU Cipta Kerja Sudah Sangat Transparan

Pemerintah melalui Kementerian Hukum dan HAM kembali menegaskan bahwa proses panjang pembahasan UU Cipta Kerja yang sudah dimulai sejak Januari 2020 lalu sudah sangat transparan. Penegasan ini…