Konsisten Kembangkan Industri Gula, Kemenperin Berikan Bantuan Mesin Kepada Pemkab Purworejo

Oleh : Ridwan | Rabu, 09 Mei 2018 - 14:05 WIB

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada acara Pelepasan Ekspor Gula Semut di Purworejo, Jawa Tengah
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada acara Pelepasan Ekspor Gula Semut di Purworejo, Jawa Tengah

INDUSTRY.co.id - Purworejo, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Purworejo yang konsisten mengembangkan industri gula semut yang berdaya saing seiring dengan bantuan mesin dan peralatan yang diberikan oleh Kemenperin.

"Kami juga tengah mendorong pengembangan pohon kelapa hibrida karena akan lebih mudah untuk pascapanennya, cukup menggunakan dodos," ujar Airlangga pada acara Pelepasan Ekspor Gula Semut di Purworejo, Jawa Tengah (8/5/2018).

Ia menambahkan, Kabupaten Purworejo juga memiliki potensi untuk komoditas minyak goreng kelapa yang selama ini bahan bakunya dipasok oleh kelompok petani. 

"Potensi lainnya, produksi kayu terutama jenis Sengon sebagai bahan baku industri furnitur dan kerajinan," katanya. 

Sementara itu, Dirjen Industri Agro Kemenperin Panggah Susanto mengungkapkan, selaku pembina industri gula semut, gula tebu, minyak goreng kelapa dan furnitur kayu, Kemenperin berkomitmen untuk membantu Kabupaten Purworejo dalam pengembangan sektor-sektor tersebut. 
"
Untuk itu, kami memberikan bantuan berupa mesin dan peralatan pengolahan gula semut dan mesin pengemas minyak goreng kelapa kepada Koperasi Wanita Srikandi," tutur Panggah. 

Di samping itu, juga diberikan mesin dan peralatan pengolahan gula tebu kepada Koperasi Tebu Mandiri Purworejo serta mesin peralatan furnitur dan pengolahan kayu kepada Kelompok Usaha Pengrajin Kayu Karya Abadi dan EMHA Craft. 

“Diharapkan dengan adanya bantuan mesin dan peralatan ini dapat meningkatkan kapasitas produksi dan mutu sehingga memacu ekspor dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Purworejo serta membuka peluang lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar," paparnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ruang Kerja Regus (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 26 Juni 2019 - 10:00 WIB

Penyedia Ruang Kerja fleksibel, Regus, Luncurkan ProgramWaralaba Terbaru di Indonesia

Regus, penyedia ruang kerja fleksibel terkemuka di dunia, telah meluncurkan skema waralaba terbaru di Indonesia. Program baru ini memungkinkan operator waralaba Indonesia untuk memasuki ruang…

Hoshinoya Tokyo

Rabu, 26 Juni 2019 - 09:50 WIB

Hoshinoya Tokyo Bakal Jadi Tuan Rumah Tokyo Summer Nights 2019

Hoshino Resorts melalui brand teranyarnya, Hoshinoya Tokyo akan menjadi tuan rumah "Tokyo Summer Nights 2019" dari tanggal 1-17 Agustus 2019.

PREPD

Rabu, 26 Juni 2019 - 09:20 WIB

PREPD closes Pre-Series A round to fund growth of a new hydration-boosting drinks

PREPD closes Pre-Series A round to fund growth of a new hydration-boosting drinks

KEK Mandalika (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 26 Juni 2019 - 09:00 WIB

Sambut MotoGP-F1 Sirkuit Mandalika Segera Bangun Sejumlah Hotel

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar para pengusaha properti ikut membantu membangun hotel di Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

PT Adira Dinamika Multifinance Tbk ADMF (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 26 Juni 2019 - 09:00 WIB

Kompetisi Foto dan Video Sahabat Lokal Adira Finance Kembali Digelar

Setelah sukses mengadakan Kompetisi Sahabat Lokal di tahun 2017 dan 2018, Adira Finance yang merupakan salah satu perusahaan pembiayaan terbesar di Indonesia kembali menggelar Kompetisi Foto…