Presiden Jokowi Akui Peremajaan Kelapa Sawit di Indonesia Terlambat

Oleh : Hariyanto | Rabu, 09 Mei 2018 - 11:11 WIB

Kebun Kelapa Sawit (Ist)
Kebun Kelapa Sawit (Ist)

INDUSTRY.co.id - Pekanbaru- Presiden Joko Widodo mengungkapkan upaya peremajaan tanaman kelapa sawit di Indonesia saat ini terhitung terlambat sehingga berdampak pada penurunan produktivitas kebun sawit.

"Replanting yang kita lakukan ini hitungannya sudah terlambat, karena umurnya sudah banyak yg lebih dari 20 hingga 25 tahun, gak produktif lagi secara itung-itungan," kata Jokowi di Pekanbaru, Selasa (8/5/2018) .

Ia menyebutkan pemerintah ingin melakukan peremajaan untuk area-area kebun sawit milik rakyat supaya produksi per hektarenya bisa meningkat dua sampai tiga kali lipat.

Dalam kunjungannya ke Kabupaten Rokan Hilir, Riau, Presiden Jokowi akan menyaksikan peremajaan tanaman kepala sawit rakyat. "Yang kita lakukan gak hanya di sini saja kan, di beberapa provinsi juga, saya rasa ini yang akan terus kita lakukan," katanya.

Sementara itu mengenai proyek strategis nasional yang tertunda penyelesaiannya, Presiden mengatakan proyek-proyek itu ada yang bisa selesai 2019, 2023 bahkan 2024.

"Jadi jangan ada yang menyampaikan PSN harus selesai tahun 2019, nggak, ada yang selesai 2020, ada yang 2023," katanya.

Sementara itu mengenai adanya warga yang menolak tanahnya digunakan untuk proyek waduk, Presiden mengatakan dirinya sudah meminta pihak terkait seperti Kementerian PUPR untuk mengkomunikasikan rencana pembangunan infrastruktur itu dengan baik.

"Agar dikomunikasikan dengan baik bahwa ini nantinya memang akan bermanfaat bagi rakyat banyak, tapi jangan juga merugikan rakyat yang sudah menempati tanah yang ada yang akan dipakai untuk waduk itu, semua persoalan pasti ada solusinya," kata Jokowi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

imoo Watch Phone

Minggu, 15 Desember 2019 - 21:38 WIB

imoo Watch Phone Kado Natal Impian Anak Kini Turun Harga

Baru-baru ini imoo Watch Phone meluncurkan produk terbarunya yaitu imoo Watch Phone Z6 dengan mode flip Front & Rear Dual Camera. Perusahaan yang sudah berdiri sejak 1995 ini dalam lima tahun…

Konferensi Pers Kinerja Industri Asuransi Jiwa Kuartal III 2019

Minggu, 15 Desember 2019 - 21:01 WIB

Total Pendapatan Industri Asuransi Jiwa Naik Sebesar 14,7%

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) memaparkan kinerja industri asuransi jiwa pada kuartal 2019, dengan menghimpun data dari 59 perusahaan dari 60 total anggota. Hasil data tersebut menunjukkan…

Swiss-Belhotel International Menggabungkan Fasilitas Bisnis-Wisata di Bali

Minggu, 15 Desember 2019 - 20:00 WIB

Swiss-Belhotel International Menggabungkan Fasilitas Bisnis-Wisata di Bali

Swiss-Belhotel International, yang merupakan jaringan manajemen hotel global, ikut berpartisipasi dalam mempromosikan Bali sebagai daerah tujuan yang ideal bagi mereka yang membutuhkan “bleisure…

Asuransi Ilustrasi

Minggu, 15 Desember 2019 - 19:30 WIB

Literasi Dorong Industri Asuransi Syariah

Jakarta - Perkumpulan Ahli Asuransi Syariah (Islamic Insurance Society) atau IIS melakukan kegiatan literasi untuk mempromosikan dan mensosialisasikan ilmu dan pengetahuan tentang perasuransian…

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (tengah) bersama Direktur Consumer Service Telkom Siti Choiriana (kedua dari kiri), Direktur Wholesale and International Business Telkom Edwin Aristiawan (kedua dari kanan), dan Direktur Network & IT Solution Telkom Zulhelfi Abidin (paling kanan)

Minggu, 15 Desember 2019 - 19:15 WIB

Indigo Game Startup Incubation Dukung Pengembangan Ekosistem Game di Indonesia

Jakarta – Setelah diluncurkan pada September 2019 lalu, rangkaian kegiatan Indigo Game Startup Incubation yang diiniasi PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) secara resmi berakhir yang…