BPS: Produksi Industri Manufaktur Babel Naik 3,03 Persen

Oleh : Herry Barus | Senin, 07 Mei 2018 - 09:12 WIB

Pelabuhan Peti Kemas (Foto Dok Industry.co.id)
Pelabuhan Peti Kemas (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Pangkalpinang- Badan Pusat Statistik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat produksi industri manufaktur besar sedang pada triwulan I 2018 naik sebesar 3,03 persen dibandingkan triwulan IV 2017, karena produksi industri makanan di daerah itu meningkat.

"Produksi industri makanan naik 12,07 persen, sementara industri logam dasar turun 1,24 persen," kata Kepala BPS Provinsi Kepulauan Babel Darwis Sitorus di Pangkalpinang, Senin (7/5/2018)

Ia mengatakan peningkatan produksi industr manufaktur besar sedang menengah di provinsi ini searah dengan pertumbuhan secara nasional juga mengalami kenaikan 0,88 persen terhadap triwulan IV 2017.

Namun secara sektoral mengalami perbedaan arah dengan nasional, yaitu industri makanan secara nasional mengalami penurunan 1,23 persen dan industri logam dasar naik 3,83 persen.

"Jika dibandingkan dengan triwulan I 2017 (y-on-y), produksi industri manufaktur besar sedang provinsi ini mengalami kenaikan 1,07 persen, karena kenaikan industri makanan 20,72 persen dan industri logam dasar turun 5,85 persen," katanya.

Darwis mengatakan pertumbuhan produksi industri mikro dan kecil triwulan I (Januari - Maret) 2018 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung secara umum naik 4,76 persen dibandingkan triwulan IV 2017.

"Peningkatan produksi hampir terjadi di semua jenis industri terutama pada industri barang logam, bukan mesin dan peralatannya yang berkontribusi cukup besar terhadap total produksi industri mikro dan kecil," ujarnya.

Menurut dia industri ini mengalami peningkatan hingga 26,94 persen diikuti industri kayu, barang dari kayu, gabus, barang anyaman bambu, rotan dan sejenisnya sebesar 16,04 persen.

"Peningkatan ini tidak terlepas dari kuantitas permintaan yang meningkat dibandingkan dari biasanya. Secara total, peningkatan produksi IMK searah dengan skala nasional naik sebesar 3,09 persen terhadap triwulan IV 2017," katanya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rektor UISI Prof.Dr.Ing.Herman Sasongko menjelaskan tentang instalasi virtual ekstraksi minyak Atsiri di laboratorim virtual UISI.

Sabtu, 21 Mei 2022 - 20:29 WIB

Keren! UISI Kembangkan Laboratorium Virtual yang Dapat di AksesMahasiswa Melalui Website dan Aplikasi Secara Online

Jakarta – Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) yang berlokasi di Kompleks PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Jalan Veteran Gresik, Jawa Timur terus berinovasi memberikan fasilitas…

CEO Ohana Enterprise Peter Chandra Gunawan (Kanan)

Sabtu, 21 Mei 2022 - 19:56 WIB

Transisi Menuju Endemi, Industri Pernikahan Perlahan Mulai Bangkit

Membaiknya penanganan pandemi covid-19 disambut baik oleh para pelaku usaha industri pernikahan. Relaksasi ijin acara keramaian yang dikeluarkan oleh pemerintah berdampak positif terhadap bangkitnya…

 ASYA Hadirkan Hunian Bertema Post-Pandemic

Sabtu, 21 Mei 2022 - 19:47 WIB

Dukung Kehidupan Modern yang Lebih Sehat dan Berkualitas, ASYA Hadirkan Hunian Bertema Post-Pandemic

ASYA, township premium di kawasan Jakarta Timur garapan PT Astra Land Indonesia yang merupakan anak perusahaan ASTRA Property dan Hongkong Land, memperkenalkan rangkaian hunian mewah dua dan…

Gelar Public Relations Talk, Lawcus FH Unsri Hadirkan Pakar PR dari LSPR Institut

Sabtu, 21 Mei 2022 - 18:51 WIB

Gelar Public Relations Talk, Lawcus FH Unsri Hadirkan Pakar PR dari LSPR Institut

Palembang – Law Intellectual Society (Lawcus) Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya (FH Unsri) melalui Department of Public Relations, menyelenggarakan kegiatan Public Relations Talk #2 dengan…

Menkominfo: NU bisa Manfaatkan Teknologi Digital untuk Syiar Agama

Sabtu, 21 Mei 2022 - 18:38 WIB

Menkominfo: NU bisa Manfaatkan Teknologi Digital untuk Syiar Agama

Jakarta, Kominfo Newsroom – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate, mengatakan bahwa teknologi digital telah merambah berbagai sektor kehidupan, tidak terkecuali…