BPS: Produksi Industri Manufaktur Babel Naik 3,03 Persen

Oleh : Herry Barus | Senin, 07 Mei 2018 - 09:12 WIB

Pelabuhan Peti Kemas (Foto Dok Industry.co.id)
Pelabuhan Peti Kemas (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Pangkalpinang- Badan Pusat Statistik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat produksi industri manufaktur besar sedang pada triwulan I 2018 naik sebesar 3,03 persen dibandingkan triwulan IV 2017, karena produksi industri makanan di daerah itu meningkat.

"Produksi industri makanan naik 12,07 persen, sementara industri logam dasar turun 1,24 persen," kata Kepala BPS Provinsi Kepulauan Babel Darwis Sitorus di Pangkalpinang, Senin (7/5/2018)

Ia mengatakan peningkatan produksi industr manufaktur besar sedang menengah di provinsi ini searah dengan pertumbuhan secara nasional juga mengalami kenaikan 0,88 persen terhadap triwulan IV 2017.

Namun secara sektoral mengalami perbedaan arah dengan nasional, yaitu industri makanan secara nasional mengalami penurunan 1,23 persen dan industri logam dasar naik 3,83 persen.

"Jika dibandingkan dengan triwulan I 2017 (y-on-y), produksi industri manufaktur besar sedang provinsi ini mengalami kenaikan 1,07 persen, karena kenaikan industri makanan 20,72 persen dan industri logam dasar turun 5,85 persen," katanya.

Darwis mengatakan pertumbuhan produksi industri mikro dan kecil triwulan I (Januari - Maret) 2018 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung secara umum naik 4,76 persen dibandingkan triwulan IV 2017.

"Peningkatan produksi hampir terjadi di semua jenis industri terutama pada industri barang logam, bukan mesin dan peralatannya yang berkontribusi cukup besar terhadap total produksi industri mikro dan kecil," ujarnya.

Menurut dia industri ini mengalami peningkatan hingga 26,94 persen diikuti industri kayu, barang dari kayu, gabus, barang anyaman bambu, rotan dan sejenisnya sebesar 16,04 persen.

"Peningkatan ini tidak terlepas dari kuantitas permintaan yang meningkat dibandingkan dari biasanya. Secara total, peningkatan produksi IMK searah dengan skala nasional naik sebesar 3,09 persen terhadap triwulan IV 2017," katanya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Joko Intarto

Minggu, 29 Maret 2020 - 09:10 WIB

Ketika Si Miskin Jadi Tersangka

Juru bicara tim penanggulangan Covid-19 Achmad Jurianto bikin blunder. Lewat pernyataannya, Achmad Jurianto menyebut orang miskinlah biang kerok penyebaran virus mematikan itu.

Cashlez gandeng artajasa dan sopheepay

Minggu, 29 Maret 2020 - 09:00 WIB

Caslez Tingkatkan Transaksi Non Tunai Cegah Penularan Virus Corona

PT Cashlez Worldwide Indonesia Tbk (“Cashlez” atau “Perseroan”), sebagai perusahaan Financial Technology (FinTech) yang bergerak di bidang Payment Gateway ikut berpartisipasi dalam hal…

Corona Virus (Ist)

Minggu, 29 Maret 2020 - 08:50 WIB

Wali Kota Bekasi Benarkan Seorang Kepala Dinas Positif Corona

Wabah virus Corona (COVID-19) telah menjamah hingga ke lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi. Salah satu pejabat Pemkot Bekasi terkonfirmasi positif terinfeksi virus Corona.

Berbisnis Online Lebih Mudah dengan Beragam Aplikasi Baru di AppGallery

Minggu, 29 Maret 2020 - 08:30 WIB

Berbisnis Online Lebih Mudah dengan Beragam Aplikasi Baru di AppGallery

Selalu terhubung dengan koneksi internet, kini sudah menjadi sebuah keharusan bagi Anda yang memiliki perangkat mobile. Baik itu smartphone, tablet, atau laptop. Bagi kita yang dituntut dapat…

Guru Besar IPB University, Kepala Pusat Biofarmaka Tropika (TropBRC), Prof Irmanida Batubara

Minggu, 29 Maret 2020 - 08:15 WIB

Tangkal COVID-19, Guru Besar IPB: Minum Jus Jeruk dengan Kulitnya

Tim periset dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI), Farmasi UI, Pusat Studi Biofarmaka Tropika (TropBRC), Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University…