Ini Manfaat Senyum Bagi Kesehatan

Oleh : Anisa Triyuli | Sabtu, 05 Mei 2018 - 16:00 WIB

Press Conference Pepsodent #SenyumSatuIndonesia (Foto: Anisa Triyuli)
Press Conference Pepsodent #SenyumSatuIndonesia (Foto: Anisa Triyuli)

INDUSTRY co.id, Jakarta -  Senyum yang sering kita anggap sederhana, merupakan sumber kekuatan yang punya banyak manfaat bagi kesehatan. Division Head for Health & Wellbeing and Professional Institutions Unilever Indonesia Foundation, Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc mengatakan, riset yang dilakukan oleh Universitas Missouri, Kansas City tahun 2016 menunjukkan banyak manfaat yang diperoleh dari kebiasaan tersenyum bagi kesehatan.

Kebiasaan tersenyum mampu meningkatkan mood dan sense of well-being , menurunkan tekanan darah, mengurangi dampak stres.

"Bahkan rentang senyum dapat memprediksi usia, membuat seseorang terlihat lebih muda sehingga menjaga kesehatan gigi dan mulut menjadi sangat penting agar kita dapat tersenyum dengan percaya diri,” kata Ratu Mirah Afifah pada conference press Pepsodent #SenyumSatuIndonesia di Jakarta, Jumat (4/5/2018).

Pada dasarnya tersenyum merupakan kebiasaan yang menular atau dapat dibagikan pada orang lain. Menurut penelitian, 50% orang akan membalas senyuman yang diberikan.

"Ketika tersenyum, ujung pipi naik, otomatis pipi, rahang dan leher juga naik jadi seperti mini face lift, makanya orang yang suka senyum itu terlihat awet muda," katanya.

Hormon-hormon yang membuat bahagia di antaranya endorfin, dopamin, dan serotonin keluar ketika seseorang tersenyum. Yang membuat seseorang menjadi merasa lebih bahagia ketika tersenyum.

"Orang sakit ketika tersenyum jadi pain relief dan mood naik, Senyum tak cuma berdampak baik untuk kesehatan, tetapi juga mencairkan suasana dalam interaksi dengan orang lain" imbuhnya.

Namun perlu diingat untuk tetap menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan menyikat gigi secara rutin pagi dan malam, serta memilih pasta gigi yang tepat. Dengan demikian senyum kesehatan gigi dan mulut terjaga.

Pepsodent melalui gerakan #SenyumSatuIndonesia Ingin mengajak masyarakat untuk berbagi senyum dan terus menjaga senyum kita dengan rutin menyikat gigi dua kali sehari setiap pagi dan malam.

Gerakan #SenyumSatuIndonesia ini semakin memperkuat komitmen pepsodent dalam menciptakan senyum cemerlang masyarakat Indonesia.

"Gerakan ini merupakan salah satu wujud dari komitmen Unilever Sustainable Living Plan dalam mendorong 1 milyar orang diseluruh dunia untuk mengambil tindakan dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan termasuk kesehatan gigi dan mulut di Indonesia", ungkapnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gala dinner 2nd Tourism Regional Conference on the Empowerment of Women in Tourism in Asia and the Pacific

Sabtu, 04 Mei 2024 - 11:30 WIB

Nuansa Bali Meriahkan Gala Dinner 2nd Tourism Regional Conference

Rangkaian pelaksanaan 2nd UN Tourism Regional Conference on the Empowerment of Women in Tourism in Asia and the Pacific di Bali International Convention Center, Nusa Dua, Kamis (2/5/2024), dilanjutkan…

Menparekraf Sandiaga Uno saat mengajak delegasi The 2nd UN Tourism Regional Conference tanam Bakau

Sabtu, 04 Mei 2024 - 10:45 WIB

Menteri Sandiaga Uno Ajak Delegasi The 2nd UN Tourism Regional Conference Tanam Bakau di Telaga Waja, Benoa

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengajak delegasi "The 2nd UN Tourism Regional Conference on the Empowerment of Women in Tourism in Asia and the…

Ilustrasi emas. (Ulrich Baumgarten/Getty Images)

Sabtu, 04 Mei 2024 - 09:58 WIB

Analisa Harga Emas Tahun 2024: Menyentuh Tempat Tertinggi

Tahun 2024 diprediksi menjadi tahun yang menarik bagi pasar emas. Dengan beberapa analis dan sumber berbagai institusi memperkirakan harga emas akan mencapai tingkat yang belum pernah terjadi…

Presiden saat meresmikan Bendungan Tiu Suntuk NTB

Sabtu, 04 Mei 2024 - 07:56 WIB

PTPP Selesaikan Proyek Bendungan Tiu Suntuk Paket II

PT PP (Persero) Tbk sebagai salah satu BUMN Konstruksi dan Investasi di Indonesia (“PTPP”) berhasil menyelesaikan pembangunan proyek Bendungan Tiu Suntuk Paket II dengan luas 464,63 Ha.

PT JIEP Segera Hadirkan Salah Satu Masjid Terbesar di Jakarta Timur

Sabtu, 04 Mei 2024 - 04:17 WIB

PT JIEP Segera Hadirkan Salah Satu Masjid Terbesar di Jakarta Timur

PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) menggelar seremoni peletakan batu pertama (groundbreaking) Pembangunan Masjid JIEP Jayakarta yang akan menjadi salah satu Masjid terbesar di Jakarta…