Begini Cara Kabupaten Bantul Kenalkan Kuliner Khas Daerahnya

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 04 Mei 2018 - 12:30 WIB

Ingkung, Kuliner Khas Kecamatan Pajangan, Bantul, DIY (Foto: yogyakarta.panduanwisata.id)
Ingkung, Kuliner Khas Kecamatan Pajangan, Bantul, DIY (Foto: yogyakarta.panduanwisata.id)

INDUSTRY.co.id, Bantul - Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mempromosikan sentra kuliner khas daerah ini melalui program travel dialog atau perjalanan pemangku kepentingan pariwisata dengan pelaku wisata ke luar daerah.

"Di Bantul ada beberapa sentra kuliner khas dan kalau pemasarannya bisa lewat kegiatan kami, travel dialog ke luar kota," kata Kepala Seksi (Kasi) Analisis Pasar dan Kerja Sama Dinas Pariwisata Bantul Issri Putranti di Bantul, Kamis (3/5/2018).

Menurut dia, beberapa sentra kuliner di antaranya kuliner ingkung di Kecamatan Pajangan, mides (mi pedas) di Desa Srihardono, Pundong, dan sate klatak atau daging kambing di sepanjang Jalan Imogiri Timur.

Ia mengatakan, secara umum dukungan pengembangan sentra kuliner itu melibatkan beberapa dinas terkait, misalnya dari Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian terkait usahanya, kemudian Dinas Kesehatan tentang jaminan keamanan pangan.

"Jadi dengan travel dialog ke luar kota, kami juga mengundang stakeholder pariwisata dan pelaku wisata setempat, dari kami melakukan presentasi di sana terkait dengan kuliner dan sampel oleh-oleh di sana," katanya.

Putranti menjelaskan, pada tahun ini setidaknya diadakan dua kali kegiatan travel dialog ke luar daerah, bekerja sama dengan dinas terkait di Cirebon, Jawa Barat, dan dengan dinas di Pekalongan, Jawa Tengah.

Ia mengatakan, melalui kegiatan travel dialog itu juga dari stakeholder pariwisata dan pelaku wisata dari dua daerah itu ketika melakukan perjalanan ke Bantul diarahkan selain ke destinasi wisata juga menikmati kuliner khas Bantul.

Selain travel dialog, kata dia, promosi sentra kuliner juga dilakukan melalui aplikasi Dinas Pariwisata, juga melalui Duta Wisata Bantul baik lewat media sosial maupun program pertukaran pelajar dengan daerah lain.

"Kemudian juga ada pameran pariwisata, kegiatan ini dilakukan bertujuan selain mengenalkan destinasi wisata juga wisata kuliner di Bantul. Untuk pameran ini dilakukan di empat lokasi, yaitu Batam, Bali, Jakarta, dan Surabaya," katanya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Industri Manufaktur (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 21 Mei 2019 - 16:45 WIB

Triwulan I/2019, Sejumlah Sektor Industri Manufaktur Catatkan Kinerja Positif

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, sejumlah sektor industri manufaktur mampu mencatatkan kinerja positif di atas pertumbuhan ekonomi nasional pada triwulan I tahun 2019.

Direktur Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa, Direktorat Jenderal HKI Kemenhum-HAM, Brigjen Pol Reinhard Silitonga

Selasa, 21 Mei 2019 - 15:31 WIB

Direktorat Jenderal HKI Tutup Ratusan Portal E-Dagang Bermasalah

Jakarta - Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Kementrian Hukum - HAM melalui Direktorat Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa telah menutup ratusan portal e-Dagang bermasalah yang…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat pembukaan Bazar Lebaran di Plasa Industri Kemenperin

Selasa, 21 Mei 2019 - 15:05 WIB

Penuhi Kebutuhan Pegawai dan Masyarakat, Kemenperin Gelar Bazar Lebaran

Kementerian Perindustrian senantiasa mendorong sektor industri manufaktur agar siap memenuhi kebutuhan konsumen terutama di pasar domestik selama bulan Ramadan dan Lebaran.

Hoshinoya Guguan

Selasa, 21 Mei 2019 - 14:45 WIB

Resort Pemadian Air Panas Mewah di Taiwan, Hoshinoya Guguan Akan Resmi Dibuka pada 30 Juni 2019

Perusahaan Manajemen Hotel Terkemuka, Hoshino Resorts akan segera membuka HOSHINOYA di Guguan wilayah pemandian air panas yang terletak di pinggiran kota Taichung, Taiwan, pada 30 Juni 2019…

Tiga Fitur Unggul Baru digibank by DBS dari KTA Hingga Transfer Valas

Selasa, 21 Mei 2019 - 14:20 WIB

Tiga Fitur Unggul Baru digibank by DBS dari KTA Hingga Transfer Valas

Tiga Fitur Unggul Baru digibank by DBS dari KTA Hingga Transfer Valas