Begini Cara Kabupaten Bantul Kenalkan Kuliner Khas Daerahnya

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 04 Mei 2018 - 12:30 WIB

Ingkung, Kuliner Khas Kecamatan Pajangan, Bantul, DIY (Foto: yogyakarta.panduanwisata.id)
Ingkung, Kuliner Khas Kecamatan Pajangan, Bantul, DIY (Foto: yogyakarta.panduanwisata.id)

INDUSTRY.co.id, Bantul - Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mempromosikan sentra kuliner khas daerah ini melalui program travel dialog atau perjalanan pemangku kepentingan pariwisata dengan pelaku wisata ke luar daerah.

"Di Bantul ada beberapa sentra kuliner khas dan kalau pemasarannya bisa lewat kegiatan kami, travel dialog ke luar kota," kata Kepala Seksi (Kasi) Analisis Pasar dan Kerja Sama Dinas Pariwisata Bantul Issri Putranti di Bantul, Kamis (3/5/2018).

Menurut dia, beberapa sentra kuliner di antaranya kuliner ingkung di Kecamatan Pajangan, mides (mi pedas) di Desa Srihardono, Pundong, dan sate klatak atau daging kambing di sepanjang Jalan Imogiri Timur.

Ia mengatakan, secara umum dukungan pengembangan sentra kuliner itu melibatkan beberapa dinas terkait, misalnya dari Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian terkait usahanya, kemudian Dinas Kesehatan tentang jaminan keamanan pangan.

"Jadi dengan travel dialog ke luar kota, kami juga mengundang stakeholder pariwisata dan pelaku wisata setempat, dari kami melakukan presentasi di sana terkait dengan kuliner dan sampel oleh-oleh di sana," katanya.

Putranti menjelaskan, pada tahun ini setidaknya diadakan dua kali kegiatan travel dialog ke luar daerah, bekerja sama dengan dinas terkait di Cirebon, Jawa Barat, dan dengan dinas di Pekalongan, Jawa Tengah.

Ia mengatakan, melalui kegiatan travel dialog itu juga dari stakeholder pariwisata dan pelaku wisata dari dua daerah itu ketika melakukan perjalanan ke Bantul diarahkan selain ke destinasi wisata juga menikmati kuliner khas Bantul.

Selain travel dialog, kata dia, promosi sentra kuliner juga dilakukan melalui aplikasi Dinas Pariwisata, juga melalui Duta Wisata Bantul baik lewat media sosial maupun program pertukaran pelajar dengan daerah lain.

"Kemudian juga ada pameran pariwisata, kegiatan ini dilakukan bertujuan selain mengenalkan destinasi wisata juga wisata kuliner di Bantul. Untuk pameran ini dilakukan di empat lokasi, yaitu Batam, Bali, Jakarta, dan Surabaya," katanya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rusun ASN Ditjen Imigrasi Kota Batam

Minggu, 21 Juli 2019 - 15:31 WIB

Kementerian PUPR Resmikan Rusun ASN Ditjen Imigrasi Kota Batam

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan telah menyelesaikan pembangunan Rusunawa yang diperuntukan bagi Aparatur Sipil Negara…

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Minggu, 21 Juli 2019 - 15:08 WIB

Menteri PUPR Targetkan Renovasi Masjid Istiqlal Rampung Maret 2020

Renovasi Masjid Istiqlal merupakan tindaklanjut perintah Presiden Joko Widodo usai menerima kunjungan Perdana Menteri India Narendra Modi ke Masjid Istiqlal pada tanggal 30 Mei 2018 lalu.

Semen Indonesia (Agung Parameswara/Getty Images)

Minggu, 21 Juli 2019 - 15:06 WIB

Semen China Masuk, Industri Semen Dalam Negeri Terancam

Jakarta - Masuknya semen dari merek prinsipal China yang diproduksi di dalam negeri ke pasaran Indonesia menimbulkan pro kontra. Pasalnya semen asal china dijual dengan harga yang lebih murah…

Joune Ganda (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 21 Juli 2019 - 14:39 WIB

Calon Kuat Bupati Minut, Pengusaha Joune Ganda Masuk Struktur DPD PDIP Sulut

Keseriusan pengusaha muda Minahasa Utara (Minut) Joune Ganda untuk membangun Sulawesi Utara (Sulut) pada umumnya, dan secara khusus tanah kelahirannya Minut semakin terlihat.

Joune Ganda Berharap Liga Bridge Siswa Upaya Cari Bibit Baru

Minggu, 21 Juli 2019 - 14:30 WIB

Joune Ganda Berharap Liga Bridge Siswa Upaya Cari Bibit Baru

Pelaksanaan Liga Bridge Siswa dan Mahasiswa Zona 2 Seri 1 di SMAN Airmadidi, Minut, Sabtu (20/7/2019), disaksikan langsung Ketua Gabsi Sulut, Joune Ganda.