Kemenhub Operasikan Kapal Perintis-Ternak Baru Serentak

Oleh : Herry Barus | Jumat, 27 April 2018 - 13:29 WIB

Kapal Perintis (Foto Dok Industry.co.id)
Kapal Perintis (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan mulai mengoperasikan kapal perintis dan kapal ternak baru secara serentak.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Dwi Budi Sutrisno dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (26/4/2018) mengatakan kapal-kapal baru yang dilepas untuk operasi tersebut berjumlah empat unit.

Kapal-kapal tersebut terdiri dari tiga unit kapal generasi baru di kelas kapal kontainer "feeder" dengan kapasitas 100 teus, yaitu KM Kendhaga Nusantara 1, KM Kendhaga Nusantara 7, dan KM Kendhaga Nusantara 9, serta satu unit kapal khusus ternak dengan kapasitas angkut 500 ekor yaitu KM Camara Nusantara 3.

Dengan dioperasikannya kapal-kapal pesanan Kementerian Perhubungan tersebut secara resmi maka selanjutnya kapal-kapal tersebut akan menuju pangkalannya masing-masing untuk mulai melayani publik.

"Kapal-kapal tersebut ditujukan untuk mendukung program Tol Laut, yang akan melayani pelayaran perintis dengan kewajiban pelayanan publik angkutan barang di laut," katanya.

Dwi menambahkan, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan, dalam hal ini, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut terus berupaya meningkatkan konektivitas nusantara, salah satunya adalah dengan membangun kapal-kapal tol laut dan kapal-kapal ternak sehingga barang maupun hewan dapat lebih mudah terangkut dan terdistribusi secara luas hingga ke wilayah-wilayah terpencil dan terluar Nusantara.

"Kami berharap semua kapal ini dapat dioperasikan sebaik mungkin dengan tentunya mengutamakan keselamatan pelayaran," katanya.

Kasubdit Angkutan Laut Dalam Negeri Capt. Wisnu Handoko mengatakan bahwa KM Kendhaga Nusantara 1 akan berlayar perdana dari galangan kapal PT Bandar Abadi, Batam ke pangkalannya di hubport Tahuna untuk kemudian melayani distribusi logistik kepulauan Sangihe, Talaud.

Sedangkan, KM Kendhaga Nusantara 7 dan 9, menurut Wisnu, dilepas dari galangan kapal PT. Orela, Surabaya.

KM Kendhaga Nusantara 7 akan berlayar perdana ke pangkalannya di Hubport Tobelo untuk melayani distribusi logistik di sekitar kepulauan Halmahera.

Adapun KM Kendhaga Nusantara 9 akan berlayar perdana ke pangkalannya di Hubport Biak untuk melayani distribusi logistik di sekitar wilayah Sarmi, Teba, Waren, dan Oransbari di Provinsi Papua.

"KM Kendhaga Nusantara 7 dan 9 ini dioperasikan oleh PT Mentari Lines," katanya.

Sementara KM Camara Nusantara 3 adalah generasi kedua kapal ternak yang telah selesai dibangun.

"Kapal ini akan dilepas dari Galangan Kapal Bahtera Bahari Shipyard, Batam menuju Kupang dan selanjutnya akan melayani rute angkutan ternak ke Pelabuhan Tanjung Priok dan Bengkulu," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri BUMN Erick Thohir

Rabu, 07 Desember 2022 - 06:12 WIB

Menteri Erick Thohir: BUMN Siap Jadi Pembeli Siaga Bahan Pangan Pokok, Antisipasi Krisis 2023

Kondisi rantai pasok dunia diperkirakan masih terganggu pada tahun depan. Karena itu, salah satu kunci agar bisa bertahan, Indonesia harus mampu menjaga kondisi supply change atau rantai pasok…

Presiden Jokowi dan Wapres Amin

Rabu, 07 Desember 2022 - 06:00 WIB

Pemerintah Proyeksikan Perekonomian Nasional 2023 Tumbuh 5,3 Persen

Pemerintah memperkirakan pertumbuhan ekonomi nasional sampai akhir tahun 2022 berada pada angka 5,2 persen secara tahunan (year on year). Sedangkan pada tahun 2023, pemerintah memperkirakan…

Prajurit Yonif 5 Marinir Ikuti Apel Gelar Kesiapan Latihan Bersama Carat Ta 2022

Rabu, 07 Desember 2022 - 05:45 WIB

Prajurit Yonif 5 Marinir Ikuti Apel Gelar Kesiapan Latihan Bersama Carat Ta 2022

Dalam rangka mempersiapkan Latihan Bersama Cooperation Afloat Readiness And Training (CARAT) 2022, Prajurit Batalyon Infanteri 5 Marinir melaksanakan Apel Gelar Kesiapan yang dipimpin oleh Asops…

Ilustrasi Obligasi (dok sindo)

Rabu, 07 Desember 2022 - 05:34 WIB

Seperti Apa Perkiraan Pefindo Nilai Penerbitan Obligasi Tahun Depan ?

PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) memperkirakan nilai total penerbitan obligasi pada 2023 akan turun dibanding nilai penerbitan pada tahun ini yang telah mencapai Rp157 triliun.

Prajurit Korps Marinir Binsik Lari Guna Meningkatkan Stamina Dan Kebugaran

Rabu, 07 Desember 2022 - 05:30 WIB

Prajurit Korps Marinir Binsik Lari Guna Meningkatkan Stamina Dan Kebugaran

Prajurit Mako Kormar laksanakan pembinaan fisik lari pagi pada route ring Luar Monumen Nasional (Monas). Jakarta Pusat. Selasa (06/12/2022). Alasan Pembinaan fisik dengan menggunakan ring luar…