Kemenhub Operasikan Kapal Perintis-Ternak Baru Serentak

Oleh : Herry Barus | Jumat, 27 April 2018 - 13:29 WIB

Kapal Perintis (Foto Dok Industry.co.id)
Kapal Perintis (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan mulai mengoperasikan kapal perintis dan kapal ternak baru secara serentak.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Dwi Budi Sutrisno dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (26/4/2018) mengatakan kapal-kapal baru yang dilepas untuk operasi tersebut berjumlah empat unit.

Kapal-kapal tersebut terdiri dari tiga unit kapal generasi baru di kelas kapal kontainer "feeder" dengan kapasitas 100 teus, yaitu KM Kendhaga Nusantara 1, KM Kendhaga Nusantara 7, dan KM Kendhaga Nusantara 9, serta satu unit kapal khusus ternak dengan kapasitas angkut 500 ekor yaitu KM Camara Nusantara 3.

Dengan dioperasikannya kapal-kapal pesanan Kementerian Perhubungan tersebut secara resmi maka selanjutnya kapal-kapal tersebut akan menuju pangkalannya masing-masing untuk mulai melayani publik.

"Kapal-kapal tersebut ditujukan untuk mendukung program Tol Laut, yang akan melayani pelayaran perintis dengan kewajiban pelayanan publik angkutan barang di laut," katanya.

Dwi menambahkan, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan, dalam hal ini, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut terus berupaya meningkatkan konektivitas nusantara, salah satunya adalah dengan membangun kapal-kapal tol laut dan kapal-kapal ternak sehingga barang maupun hewan dapat lebih mudah terangkut dan terdistribusi secara luas hingga ke wilayah-wilayah terpencil dan terluar Nusantara.

"Kami berharap semua kapal ini dapat dioperasikan sebaik mungkin dengan tentunya mengutamakan keselamatan pelayaran," katanya.

Kasubdit Angkutan Laut Dalam Negeri Capt. Wisnu Handoko mengatakan bahwa KM Kendhaga Nusantara 1 akan berlayar perdana dari galangan kapal PT Bandar Abadi, Batam ke pangkalannya di hubport Tahuna untuk kemudian melayani distribusi logistik kepulauan Sangihe, Talaud.

Sedangkan, KM Kendhaga Nusantara 7 dan 9, menurut Wisnu, dilepas dari galangan kapal PT. Orela, Surabaya.

KM Kendhaga Nusantara 7 akan berlayar perdana ke pangkalannya di Hubport Tobelo untuk melayani distribusi logistik di sekitar kepulauan Halmahera.

Adapun KM Kendhaga Nusantara 9 akan berlayar perdana ke pangkalannya di Hubport Biak untuk melayani distribusi logistik di sekitar wilayah Sarmi, Teba, Waren, dan Oransbari di Provinsi Papua.

"KM Kendhaga Nusantara 7 dan 9 ini dioperasikan oleh PT Mentari Lines," katanya.

Sementara KM Camara Nusantara 3 adalah generasi kedua kapal ternak yang telah selesai dibangun.

"Kapal ini akan dilepas dari Galangan Kapal Bahtera Bahari Shipyard, Batam menuju Kupang dan selanjutnya akan melayani rute angkutan ternak ke Pelabuhan Tanjung Priok dan Bengkulu," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

UOB Lady’s Card

Senin, 20 Mei 2024 - 15:42 WIB

UOB Indonesia Meluncurkan Desain dan Tagline Terbaru Lady’s Card

UOB Indonesia mengumumkan pembaruan UOB Lady’s Card yang merupakan kartu kredit pertama di Asia Tenggara dengan fokus pada kaum perempuan. UOB Lady’s Card dirancang untuk menawarkan keuntungan,…

SPKLU

Senin, 20 Mei 2024 - 14:33 WIB

Tren Mobil Listrik dan Renewable Energy Daya Pikat Investasi Kawasan Industri Kendal

Pemerintah Indonesia saat ini tengah giat mendorong pemanfaatan energi baru dan terbarukan (renewable energy) guna menurunkan emisi gas rumah kaca. Berbagai upaya dilakukan pemerintah, seperti…

PT Gunung Raja Paksi Tbk (GGRP)

Senin, 20 Mei 2024 - 14:31 WIB

Mengusung Produk Baja Ramah Lingkungan, GRP Siap Bersaing di Pasar Baja Dunia

PT Gunung Raja Paksi Tbk (GGRP) terus menggenjot penjualan baja ke pasar ekspor. Perseroan optimistis prospek dan permintaan ekspor baja pada tahun 2024 masih ada ruang untuk terus bertumbuh.…

TikTok

Senin, 20 Mei 2024 - 12:55 WIB

Analyzing TikTok's Marketing Model

In the digital age, social media platforms have revolutionized marketing strategies, offering innovative ways for brands to connect with their audiences. Among these platforms, TikTok has emerged…

Menhan Prabowo Subiato Hadiri The 10th World Water Forum Yang Dibuka Resmi Presiden Jokowi di Bali

Senin, 20 Mei 2024 - 12:42 WIB

Menhan Prabowo Subiato Hadiri The 10th World Water Forum Yang Dibuka Resmi Presiden Jokowi di Bali

Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto menghadiri acara forum air terbesar sedunia, “The 10th World Water Forum (WWF) yang dibuka secara resmi oleh Presiden RI…