Ini Enam Provinsi Terbaik Lindungi Konsumen

Oleh : Herry Barus | Rabu, 25 April 2018 - 12:20 WIB

Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita
Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita

INDUSTRY.co.id - Pangkalpinang- Kementerian Perdagangan memberikan penghargaan kepada enam pemerintah provinsi terbaik dalam perlindungan konsumen pada puncak peringatan Hari Konsumen Nasional 2018 di Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Saya mengapresiasi pemerintah provinsi yang mendorong produsen, tetapi berpihak kepada konsumen," kata Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita usai menyerahkan penghargaan kepada enam pemerintah provinsi terbaik melindungi konsumen di Pangkalpinang, Selasa (24/4/2018)

Pada puncak peringatan Harkonas 2018 Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita didampingi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan memberikan penghargaan kepada enam pemerintah provinsi terbaik dalam perlindungan konsumen.

Pemerintah provinsi terbaik pertama dalam perlindungan konsumen diraih Jawa Timur, terbaik kedua Jawa Tengah, terbaik ketiga Sumatera Barat, Aceh, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tengah.

"Banyak aspek yang jadi penilaian. Salah satunya telah memiliki Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) yang aktif," kata Enggartiasto Lukita.

Pada kesempatan itu, Menteri Perdagangan menyampaikan permohonan maaf dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang tidak bisa menghadiri puncak peringatan Harkonas di Kota Pangkalpinang, karena harus melihat korban gempa bumi di Banjarnegara, Jawa Tengah.

"Pada awalnya, Presiden direncanakan hadir menghadiri puncak Harkonas 2018 di daerah ini, namun karena ada permintaan masyarakat korban gempa bumi di Banjarnegara, presiden terpaksa batal hadir dan berkunjung ke Banjarnegara untuk melihat langsung kondisi korban bencana alam di daerah itu," katanya.

Ia mengatakan ketidakhadiran presiden pada puncak peringatan Harkonas ini bukan berarti tidak menghormati atau berpihakkan kepada konsumen, namun karena ada hal yang harus lebih diutamakan bagi masyarakat korban bencana alam.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Aktifitas bongkar muat pelabuhan

Selasa, 02 Juni 2020 - 20:19 WIB

PT Pelabuhan Indonesia II (IPC) Berhasil Cetak Pendapatan Rp3,5 triliun Periode Januari-April 2020

PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) / IPC membukukan pendapatan sebesar Rp. 3,5 triliun selama periode Januari-April 2020. Dengan capaian ini, IPC masih optimistis pendapatan usaha perseroan…

Rapat pleno Pengurus PWI Pusat

Selasa, 02 Juni 2020 - 20:13 WIB

PWI Pusat Dorong Dewan Pers Proses Secara Hukum Pembuat Sertifikat UKW Palsu

Perbuatan pemalsuan sertifikat UKW tersebut merupakan tindak pidana. Hal ini tidak boleh didiamkan.

Ketua Umum Asosiasi Aneka Keramik Indonesia (Asaki) Edy Suyanto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 02 Juni 2020 - 18:30 WIB

Industri Keramik Kalang Kabut Harga Gas Tak Kunjung Turun, Asaki Beri Ultimatum PGN Hingga Menkeu

Asosiasi Aneka Keramik Indonesia (Asaki) mendesak PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGN) sebagai suplier utama gas untuk industri agar segera bisa menyesuaikan sesuai Keputusan Menteri (Kepmen)…

Petani sedang garap sawah menggunakan traktor

Selasa, 02 Juni 2020 - 18:28 WIB

BPS: Ekspor Pertanian Tumbuh 12,66 Persen

Di tengah melemahnya ekonomi nasional akibat wabah pandemi virus corona, ekspor pertanian tetap memperlihatkan kinerja yang baik. Tercatat, ekspor pertanian April 2020 sebesar US$ 0,28 miliar…

Ilustrasi jamaah haji. (Pradita Utana/NurPhoto)

Selasa, 02 Juni 2020 - 18:12 WIB

Haji 2020 Batal Demi Kesehatan, Pemerintah Pastikan Dana yang Sudah di Setor akan Disimpan dan Dikelola

Karena pandemi covid-19, Pemerintah resmi memutuskan untuk membatalkan pemberangkatan jamaah Ibadah Haji 1441 Hijriah dari Indonesia. "Pemerintah memutuskan untuk tidak memberangkatkan Ibadah…