Ini Enam Provinsi Terbaik Lindungi Konsumen

Oleh : Herry Barus | Rabu, 25 April 2018 - 12:20 WIB

Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita
Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita

INDUSTRY.co.id - Pangkalpinang- Kementerian Perdagangan memberikan penghargaan kepada enam pemerintah provinsi terbaik dalam perlindungan konsumen pada puncak peringatan Hari Konsumen Nasional 2018 di Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Saya mengapresiasi pemerintah provinsi yang mendorong produsen, tetapi berpihak kepada konsumen," kata Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita usai menyerahkan penghargaan kepada enam pemerintah provinsi terbaik melindungi konsumen di Pangkalpinang, Selasa (24/4/2018)

Pada puncak peringatan Harkonas 2018 Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita didampingi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan memberikan penghargaan kepada enam pemerintah provinsi terbaik dalam perlindungan konsumen.

Pemerintah provinsi terbaik pertama dalam perlindungan konsumen diraih Jawa Timur, terbaik kedua Jawa Tengah, terbaik ketiga Sumatera Barat, Aceh, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tengah.

"Banyak aspek yang jadi penilaian. Salah satunya telah memiliki Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) yang aktif," kata Enggartiasto Lukita.

Pada kesempatan itu, Menteri Perdagangan menyampaikan permohonan maaf dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang tidak bisa menghadiri puncak peringatan Harkonas di Kota Pangkalpinang, karena harus melihat korban gempa bumi di Banjarnegara, Jawa Tengah.

"Pada awalnya, Presiden direncanakan hadir menghadiri puncak Harkonas 2018 di daerah ini, namun karena ada permintaan masyarakat korban gempa bumi di Banjarnegara, presiden terpaksa batal hadir dan berkunjung ke Banjarnegara untuk melihat langsung kondisi korban bencana alam di daerah itu," katanya.

Ia mengatakan ketidakhadiran presiden pada puncak peringatan Harkonas ini bukan berarti tidak menghormati atau berpihakkan kepada konsumen, namun karena ada hal yang harus lebih diutamakan bagi masyarakat korban bencana alam.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pariwisata Bali (Foto Dok Instagram)

Minggu, 16 Juni 2019 - 21:00 WIB

Ready, Set, Summer!

Menjelang liburan musim panas, Agoda, salah satu platform perjalanan digital yang paling cepat berkembang di dunia, mengungkapkan bahwa Tokyo, London dan Las Vegas masih terus merajai sebagai…

Bantuan Kemensos untuk Sultra Terus Bergulir (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 16 Juni 2019 - 20:00 WIB

Bantuan Kemensos untuk Sultra Terus Bergulir

Pengiriman dan penyaluran bantuan sosial dari Kementerian Sosial terus bergulir bagi korban bencana banjir di sejumlah wilayah di Provinsi Sulawesi Tenggara.

BNI Dukung Peningkatan Ekspor Seafood ke Amerika Serikat (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 16 Juni 2019 - 17:34 WIB

BNI Dukung Peningkatan Ekspor Seafood ke Amerika Serikat

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) melalui Kantor Cabang Luar Negeri New York, Amerika Serikat memberikan dukungan fasilitas pembiayaan kepada Crystal Cove Seafood Corp. (Crystal Cove),…

Mendikbud, Muhadjir Effendy

Minggu, 16 Juni 2019 - 16:46 WIB

Rawan Jual Beli Kursi, Mendikbud Lakukan Penataan Sejumlah Sekolah

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan pemetaan sejumlah sekolah yang dinilai rawan terhadap praktik jual beli kursi dalam Penerimaan Peserta Didik (PPDB).

Ilustrasi Desa Wisata

Minggu, 16 Juni 2019 - 12:30 WIB

Kemenpar Gandeng Udinus Latih Warga Temanggung Majukan Desa Wisata

Kementerian Pariwisata dan Universitas Dian Nuswantara Semarang memberikan pelatihan memajukan potensi daerah sebagai desa wisata baru pada warga Kelurahan Walitelon Utara Kecamatan Temanggung,…