Kurangi Sampah Plastik, Aqua Mengolah Sampah Botol Plastik Jadi Produk Fashion

Oleh : Ahmad Fadli | Rabu, 25 April 2018 - 04:58 WIB

Danone Aqua bersama H&M Indonesia menandatangani kerja sama mengolah kembali sampah botol plastic menjadi produk fashion.
Danone Aqua bersama H&M Indonesia menandatangani kerja sama mengolah kembali sampah botol plastic menjadi produk fashion.

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Pemerintah berkomitmen untuk mengurangi sampah di lautan sebesar 70 persen pada tahun 2025 dengan dukungan kerja nyata dari berbagai pihak termasuk swasta. Sebagai bentuk dukungan program pemerintah, Danone Aqua bersama H&M Indonesia menandatangani kerja sama mengolah kembali sampah botol plastic menjadi produk fashion.

Presiden Direktur Aqua, Corine Tap dalam keterangan tertulisnya, Selasa (24/4/2018) mengatakan dalam kolaborasi ini, Aqua akan memperkuat pengumpulan sampah botol plastik dari Pulau Untung Jawa di Kepulauan Seribu untuk mengurangi cemaran sampah di daratan dan berakhir di lautan.

“Kami menyadari penyelesaian masalah sampah plastik di Indonesia haruslah dilakukan melalui kolaborasi multi pihak,”pungkasnya

Lanjutnya, sampah botol plastik yang terkumpul kemudian akan dikirim dengan perahu ke unit bisnis daur ulang/ recycling business unit (RBU) Tangerang Selatan. Di RBU ini, sampah tersebut kemudian dipilah, dicuci dan dicacah untuk kemudian dikirimkan ke fasilitas produksi H&M untuk diolah menjadi benang, lalu bahan tekstil kemudian produk fashion.

“Dalam periode November 2017 hingga Februari 2018, RBU telah mengirimkan 50.000 Kg cacahan plastik. Dari sini kemudian dibuat produk fashion berbentuk glove yang dipasarkan mulai Januari 2018,” tandasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Joko Widodo bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat melihat AMMdes di GIIAS 2018 (Foto: Dok. Liputan6)

Rabu, 26 Juni 2019 - 11:05 WIB

AMMDes Kemanakah Kau?

Alat Mekanik Multifungsi Pedesaan (AMMDes) sudah resmi diluncurkan di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018. Meski demikian, hingga kini kendaraan yang dirancang untuk…

Indodax resmikan kantor baru di Jakarta (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Rabu, 26 Juni 2019 - 10:50 WIB

Komitmen Berikan Pelayanan Lebih Baik, Indodax Resmikan Kantor Baru di Jakarta

Kantor baru ini akan menjadi pusat dari seluruh cabang Indodax yang sudah didirikan sebelumnya yaitu Bali, Semarang, dan Surabaya.

Ruang Kerja Regus (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 26 Juni 2019 - 10:00 WIB

Penyedia Ruang Kerja fleksibel, Regus, Luncurkan ProgramWaralaba Terbaru di Indonesia

Regus, penyedia ruang kerja fleksibel terkemuka di dunia, telah meluncurkan skema waralaba terbaru di Indonesia. Program baru ini memungkinkan operator waralaba Indonesia untuk memasuki ruang…

Hoshinoya Tokyo

Rabu, 26 Juni 2019 - 09:50 WIB

Hoshinoya Tokyo Bakal Jadi Tuan Rumah Tokyo Summer Nights 2019

Hoshino Resorts melalui brand teranyarnya, Hoshinoya Tokyo akan menjadi tuan rumah "Tokyo Summer Nights 2019" dari tanggal 1-17 Agustus 2019.

PREPD

Rabu, 26 Juni 2019 - 09:20 WIB

PREPD closes Pre-Series A round to fund growth of a new hydration-boosting drinks

PREPD closes Pre-Series A round to fund growth of a new hydration-boosting drinks