Anak Bereksplorasi, DANCOW Dukung Kepercayaan Orang Tua Katakan Iya Boleh

Oleh : Dina Astria | Selasa, 24 April 2018 - 19:43 WIB

Jumpa pers DANCOW Iya Boleh Camp, pada hari Selasa (24/4) di Plataran Dharmawangsa, Jakarta. (Herlambang/Industry.co.id)
Jumpa pers DANCOW Iya Boleh Camp, pada hari Selasa (24/4) di Plataran Dharmawangsa, Jakarta. (Herlambang/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pada usia 1 sampai 5 tahun, eksplorasi merupakan aktivitas yang begitu penting untuk mendukung tumbuh kembang anak. Dengan bereksplorasi, anak akan memiliki kesempatan untuk melatih kemampuan fisik, mengembangkan potensi dan kepercayaan diri anak.

Namun, terkadang para orang tua merasa khawatir bahkan melarang jika sang anak bereksplorasi dengan berbagai hal. Padahal, orang tua harus mempunyai rasa percaya diri dengan mengizinkan anak bereksplorasi dengan mengatakan ‘Iya Boleh’.

"Eksplorasi adalah bagian dari tugas perkembangan si kecil. Ia butuh ruang yang aman dan kaya untuk berekplorasi, sesuai dengan usia perkembangannya. Momen paling pertama si kecil dimulai dari pengalaman eksplorasinya melalui dari apa yang mereka lihat, dengar, sentuh, cium, dan rasakan," ujar Dokter Psikolog Anak, Ratih Ibrahim, saat jumpa pers ‘DANCOW Iya Boleh Camp’ pada hari Selasa (24/4) sore tadi, di Plataran Dharmawangsa, Jakarta Selatan.

Dalam mendukung tumbuh kembang optimal buah hati, DANCOW menghadirkan ‘DANCOW Iya Boleh Camp’, yang merupakan suatu kegiatan yang mampu mendukung kepercayaan diri para orang tua dan memberikan eksplorasi pertama anak.

‘DANCOW Iya Boleh Camp’ akan diselenggarakan pada Sabtu dan Minggu tanggal 28 dan 29 April 2018, di Mall Kota Kasablanka, Jakarta. Terdapat tujuh booth eksplorasi untuk mengasah kecerdasan anak, seperti kemampuan psikomotorik, perhatian, bahasa, memori, dan penyelesaian masalah. Tujuh booth itu terdiri dari Jemari Melukis, Tembikar Ria, Petualang Kecil, Pahlawan Cilik, Penjelajah Hutan, Prajurit Bakteri Baik dan Teater Fauna.

Dokter anak, Bernie Endyarni turut memaparkan pentingnya perlindungan dari dalam sebagai fondasi tercapainya tumbuh kembang optimal anak.

“Anak-anak yang bermain di luar rumah 2-3 kali lebih berisiko terkena infeksi saluran pernafasan dan infeksi saluran cerna. Data Riskesdas tahun 2013, bahwa sebesar 41,9% anak usia 1-4 tahun mengalami infeksi saluran pernafasan dan 12,2% mengalami infeksi saluran cerna,” imbuhnya.

Selain ‘DANCOW Iya Boleh Camp’, DANCOW juga memiliki program DANCOW Inspiring Mom (DIM) untuk mendorong kepercayaan diri pada orang tua dalam mendukung eksplorasi pertama anak. Melalui DIM, para orang tua dapat berbagi informasi mengenai parenting dan nutrisi serta saling menginspirasi dalam mendukung anak bereksplorasi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

realme X2 Pro

Jumat, 06 Desember 2019 - 22:00 WIB

Ini Fitur-Fitur Yang Menjadikan realme X2 Pro The Real Flagship King

Setelah sukses meluncurkan produk-produk terbaik di segmen kelas menengah, 27 November lalu realme resmi bertarung ke pasar smartphone premium dengan meluncurkan realme X2 Pro.

Boyband EXO

Jumat, 06 Desember 2019 - 18:01 WIB

Menelisik 7 Tahun Perjalanan Karier dari Boyband EXO

Setelah tiga tahun lamanya, boyband ternama asal Korea Selatan, EXO kembali menggelar konser di Indonesia pada tanggal 23 November 2019 kemarin. Tak pelak, konser bertajuk EXO PLANET #5 EXplOration…

Fuad Rizal Jadi Plt Dirut Garuda Indonesia

Jumat, 06 Desember 2019 - 18:00 WIB

Fuad Rizal Jadi Plt Dirut Garuda Indonesia

Dewan Komisaris Garuda Indonesia pada hari ini, Jumat (6/12/2019) telah menyampaikan SK Dewan Komisaris No. DEKOM/SKEP/011/2019 tanggal 5 Desember 2019 yang menetapkan Fuad Rizal sebagai Plt.…

BNI Syariah. (Foto: IST)

Jumat, 06 Desember 2019 - 16:30 WIB

BNI Syariah Raih Penghargaan Pariwara Tidak Langsung OJK

Jakarta - BNI Syariah meraih penghargaan Pariwara Tidak Langsung Terbaik Sektor Jasa Keuangan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) 2019. Penghargaan ini diberikan dalam acara Malam Penganugerahan…

Presiden Joko Widodo saat meresmikan pabrik baru polyethylene PT Chandra Asri Petrochemical (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Jumat, 06 Desember 2019 - 15:40 WIB

Resmikan Pabrik Baru Polyethylene Chandra Asri, Jokowi Optimis Indonesia Bakal Stop Impor Petrokimia 4 Tahun Kedepan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pabrik baru polyethylene milik PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri) dengan kapasitas produksi mencapai 400 ribu ton per tahun. Dengan tambahan…