Anak Bereksplorasi, DANCOW Dukung Kepercayaan Orang Tua Katakan Iya Boleh

Oleh : Dina Astria | Selasa, 24 April 2018 - 19:43 WIB

Jumpa pers DANCOW Iya Boleh Camp, pada hari Selasa (24/4) di Plataran Dharmawangsa, Jakarta. (Herlambang/Industry.co.id)
Jumpa pers DANCOW Iya Boleh Camp, pada hari Selasa (24/4) di Plataran Dharmawangsa, Jakarta. (Herlambang/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pada usia 1 sampai 5 tahun, eksplorasi merupakan aktivitas yang begitu penting untuk mendukung tumbuh kembang anak. Dengan bereksplorasi, anak akan memiliki kesempatan untuk melatih kemampuan fisik, mengembangkan potensi dan kepercayaan diri anak.

Namun, terkadang para orang tua merasa khawatir bahkan melarang jika sang anak bereksplorasi dengan berbagai hal. Padahal, orang tua harus mempunyai rasa percaya diri dengan mengizinkan anak bereksplorasi dengan mengatakan ‘Iya Boleh’.

"Eksplorasi adalah bagian dari tugas perkembangan si kecil. Ia butuh ruang yang aman dan kaya untuk berekplorasi, sesuai dengan usia perkembangannya. Momen paling pertama si kecil dimulai dari pengalaman eksplorasinya melalui dari apa yang mereka lihat, dengar, sentuh, cium, dan rasakan," ujar Dokter Psikolog Anak, Ratih Ibrahim, saat jumpa pers ‘DANCOW Iya Boleh Camp’ pada hari Selasa (24/4) sore tadi, di Plataran Dharmawangsa, Jakarta Selatan.

Dalam mendukung tumbuh kembang optimal buah hati, DANCOW menghadirkan ‘DANCOW Iya Boleh Camp’, yang merupakan suatu kegiatan yang mampu mendukung kepercayaan diri para orang tua dan memberikan eksplorasi pertama anak.

‘DANCOW Iya Boleh Camp’ akan diselenggarakan pada Sabtu dan Minggu tanggal 28 dan 29 April 2018, di Mall Kota Kasablanka, Jakarta. Terdapat tujuh booth eksplorasi untuk mengasah kecerdasan anak, seperti kemampuan psikomotorik, perhatian, bahasa, memori, dan penyelesaian masalah. Tujuh booth itu terdiri dari Jemari Melukis, Tembikar Ria, Petualang Kecil, Pahlawan Cilik, Penjelajah Hutan, Prajurit Bakteri Baik dan Teater Fauna.

Dokter anak, Bernie Endyarni turut memaparkan pentingnya perlindungan dari dalam sebagai fondasi tercapainya tumbuh kembang optimal anak.

“Anak-anak yang bermain di luar rumah 2-3 kali lebih berisiko terkena infeksi saluran pernafasan dan infeksi saluran cerna. Data Riskesdas tahun 2013, bahwa sebesar 41,9% anak usia 1-4 tahun mengalami infeksi saluran pernafasan dan 12,2% mengalami infeksi saluran cerna,” imbuhnya.

Selain ‘DANCOW Iya Boleh Camp’, DANCOW juga memiliki program DANCOW Inspiring Mom (DIM) untuk mendorong kepercayaan diri pada orang tua dalam mendukung eksplorasi pertama anak. Melalui DIM, para orang tua dapat berbagi informasi mengenai parenting dan nutrisi serta saling menginspirasi dalam mendukung anak bereksplorasi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Aiko Senosoenoto dari Eki Dance Company (Foto Amz)

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 15:00 WIB

Komunitas, Jadi Salah Satu Alternatif Pengembangan Seni Tari di Indonesia

Tumbuhnya berbagai komunitas, termasul komunitas tari, menjadi salah salah satu titik penting dalam jejaring kesenian di Indonesia. Ketika banyak negara lain masih berkutat dalam sekolah seni,…

Indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (dok INDUSTRY.co.id)

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 14:48 WIB

Pasar Modal Tingkatkan Kontribusi Pertumbuhan Ekonomi

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan terus mengarahkan agar industri Pasar Modal lebih berkontribusi dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, mendukung ekspor dan subtitusi impor, serta membuka lebih…

Sentra bawang merah

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 14:42 WIB

DPR: Ekosistem Pengelolaannya Tersistematis

Jakarta - Meningkatnya Pendapatan Domestik Bruto (PDB) yang disumbangkan sektor pertanian pada Triwulan II- 2019 merupakan tanda makin tersistematisnya ekosistem pengelolaan usaha agraris di…

Ilustrasi Sawah (Dok. Kementan)

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 14:34 WIB

Kementan Mampu Membuat Ekspor Melesat

Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) telah membuktikan capaian swasembada pangan melalui kemajuan ekspor selama periode Mentan Amran Sulaiman.

Mba Tutut (Foto Amz)

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 14:00 WIB

Tutut Soeharto: YHK dan YDGRK Terus Berbakti untuk Indonesia

Dua Yayasan yang dulu pernah didirikan oleh keluarga mantan Presiden RI ke 2, HM. Soeharto yakni Yayasan Harapan Kita (YHK) dan Yayasan Dana Gotong Royong Kemanusiaan (YDGRK) sama sama berulangtahun,…