Kapolri: Polri Institusi Terpercaya Publik

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 21 April 2018 - 06:10 WIB

Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian (Foto Ist)
Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Pekanbaru- Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Tito Karnavian mengklaim bahwa institusi yang ia pimpin saat ini merupakan salah satu dari tiga lembaga dipercaya publik, setelah TNI dan KPK.

Hal itu disampaikan Tito saat memberikan pengarahan kepada sekitar 2.900 personil TNI-Polri yang turut dihadiri oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahyanto di halaman kantor Gubernur Riau, Kota Pekanbaru, Jumat "Polri dan TNI adalah dua dari tiga lembaga yang paling dipercaya oleh publik di era demokrasi," kata Tito.

Tito menggunakan hasil survey Litbang Kompas tentang citra positif kinerja Polri pada 2017 untuk menggambarkan tingkat kepercayaan publik tersebut.

Menurut Tito, berdasarkan survey yang dilakukan Litbang Kompas pada 2017, Polri menempati posisi ketiga dengan tingkat kepercayaan publik mencapai 70 persen atau masih di bawah TNI 94 persen dan KPK 87 persen.

"Untuk sekarang Polri nomor 3 (tiga). 70 persen masyarakat Indonesia percaya Polri," ujarnya.

Meski begitu, dia mengakui bahwa citra Polisi sempat anjlok beberapa waktu lalu yang hanya berkisar 50 persen.

"Itu artinya hanya separuh masyarakat Indonesia percaya polisi. Lalu saya menganalisa kenapa?," ujarnya.

Selanjutnya, Tito mengatakan bahwa jatuhnya kepercayaan publik terhadap Polri tersebut disebabkan penyalahgunaan kekuasaan. Untuk itu, dia meminta kepada seluruh jajaran terus melaksanakan kinerja dengan baik dan mengukir prestasi.

Lebih jauh, Kapolri mengatakan bahwa di era demokrasi saat ini, setiap elemen maupun lembaga pemerintahan harus mendapat dukungan masyarakat. Ia menuturkan di era demokrasi, kekuasaan berada ditangan masyarakat.

"Siapa yang tidak mendapat dukungan rakyat, akan tereliminasi," tuturnya

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…