BEI Raih Sertifikat Sistem Manajemen Kelangsungan Bisnis

Oleh : Herry Barus | Jumat, 20 April 2018 - 12:09 WIB

Dirut BEI Tito Sulistio (Foto Dok Industry.co.id)
Dirut BEI Tito Sulistio (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Perseroan Terbatas Bursa Efek Indonesia meraih sertifikat Sistem Manajemen Kelangsungan Bisnis (Business Continuity Management System/BCMS) ISO 22301:2012 dari British Standards Institution (BSI).

"BEI menjadi bursa efek pertama di Asia Pasifik dan kedua di dunia yang berhasil mendapatkan sertifikat itu, ini merupakan sebuah pengakuan bahwa BEI memiliki sistem yang efektif," ujar Direktur Utama BEI Tito Sulistio di Jakarta, Kamis (19/4/2018)

Ia mengemukakan sertifikat itu diperoleh setelah BEI dinyatakan memenuhi persyaratan ISO 22301:2012 pada proses audit yang dilakukan oleh BSI pada Maret 2018.

Divisi di BEI yang mencakup dalam sertifikasi itu yakni Divisi Pengaturan dan Pemantauan Anggota Bursa, Operasional Perdagangan, Pendukung Perdagangan, Pengawasan Transaksi, Operasional Teknologi Informasi, Sekretaris Perusahaan, Komunikasi Perusahaan, Divisi Umum dan Manajemen Risiko.

"Dengan penerapan dan audit sertifikasi ISO itu diharapkan dapat meningkatkan ketahanan dan kemampuan BEI dalam rangka memastikan berjalannya operasional sistem perdagangan dan dapat melanjutkan kembali bisnisnya dengan cepat apabila terjadi gangguan pada sistem bisnisnya," katanya.

Selain itu, lanjut dia, BEI juga mengumumkan kembali mendapatkan Sertifikat Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) ISO 27001:2013 untuk periode 2018 hingga 2021 dengan lingkup seluruh divisi di perusahaan setelah dinyatakan memenuhi persyaratan pada proses audit yang juga dilakukan oleh BSI pada Maret 2018.

"Manfaat dari penerapan SMKI ISO bagi BEI yaitu memberikan keyakinan kepada para pelaku industri dan pemangku kepentingan dan memastikan bahwa BEI telah mengelola kemanan data dan informasi perusahaan dengan baik sesuai standar internasional," kata Tito Sulistio.

Executive Vice President Head of Information Technology Operation BEI, Abdul Munim menambahkan penerapan dan sertifikasi standar-standar internasional yang telah dilakukan oleh BEI diharapkan dapat menjadi contoh bagi para pelaku industri pasar modal dalam menjalankan proses bisnisnya, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat.

"Kedua sertifikasi ISO itu menunjukan tingkat keamanan BEI yang baik dalam menjalankan program dan bisnis pasar modal sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…