Kuartal II-2018, Apple Bangun Pabrik di Indonesia

Oleh : Ahmad Fadli | Rabu, 18 April 2018 - 14:29 WIB

Apple Inc dipastikan bakal tanam investasi langsung di Indonesia. Perusahaan teknologi informasi (TI) raksasa asal Amerika Serikat itu tengah membuka pusat inovasi yang akan bertempat di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang.
Apple Inc dipastikan bakal tanam investasi langsung di Indonesia. Perusahaan teknologi informasi (TI) raksasa asal Amerika Serikat itu tengah membuka pusat inovasi yang akan bertempat di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang.

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Apple Inc dipastikan bakal tanam investasi langsung di Indonesia. Perusahaan teknologi informasi (TI) raksasa asal Amerika Serikat itu tengah membuka pusat inovasi yang akan bertempat di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang.

Kehadiran Apple Innovation Center di Tanah Air ini merupakan ketiga di dunia setelah di Brasil dan Italia. Bersaman dengan di Indonesia, perusahaan yang berbasis di Silicon Valley, Cupertino, California juga tengah membangun kantor yang sama di India dan China.

Dengan demikian, keberadaan Apple Innovation Center ini merupakan pertama kali di Asia Tenggara.

Keberadaan Apple Innovation Center juga diharapkan bisa mendorong terwujudnya ambisi Indonesia sebagai the next digital hub dunia.

Kepastian ini disampaikan Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto dalam diskusi Forum Merdeka Barat di Jakarta, Selasa (17/4/2018). Dia menyambut gembira hadirnya Apple karena akan mendorong Indonesia menjadi pemain kunci di wilayah Asia saat implementasi revolusi industri generasi keempat (Industri 4.0).

Adapun bagi Apple, investasi dalam bidang peranti lunak dan riset ini tak lain dari upaya Apple memenuhi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sehingga bisa menjual produk mereka di Indonesia. “Apple ini kan terus melakukan ino vasi. Kita undang dan mereka akan membangun cabangnya di BSD, di mana kalau satu sudah berjalan mereka (Apple) akan bangun tiga center lagi,” ungkapnya.

Rencananya, untuk membangun Apple Innovation Center, Apple akan menggelontorkan dana USD44 juta atau sekitar Rp585miliar, sedangkan untuk kebutuhan sumber daya manusia(SDM)-nya Apple akan merekrut 400 orang. Sebelumnya, Staf Ahli Menteri Perindustrian Sanny Iskandar seusai menemui perwakilan Apple Asia Pasifik (30/3) lalu, mengungkapkan rencana pembangunan Apple Innovation Center akan dimulai dengan menyewa kantor di Green Office Park 9 yang terletak di BSD.

Green Park Office 9 sebagai pusat riset Apple hanya bersifat sementara, karena Apple sedang berencana menempati pusat risetnya sendiri di kawasan digital hub yang masih dibangun saat ini.

Diperkirakan akhir kuartal dua tahun ini pusat riset Apple di Green Office Park sudah mulai beroperasi.

Sebagai informasi, Sinar mas Land akan membangun kawasan Silicon Valley Indonesia yang akan ditempati berbagai perusahaan teknologi informatika.

Digital Hub akan memiliki data center dan dilengkapi jaringan fiber optic (jaringan internet super cepat). Kawasan digital hub ini dibangun di kawasan seluas 25,86 hektare. Kawasan akan diisi sembilan gedung perkantoran dan satu area khusus restoran. Proses pembangunan kawasan digital hub sudah dilakukan sejak kuartal II-2017 lalu, pengerjaan dan pengembangan proyek di kawasan tersebut ditargetkan selesai dalam waktu 15 tahun.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pelatihan Membaca Nyaring di hadapan pustakawan, guru sekolah dan orang tua di Sumatera Utara

Selasa, 07 Mei 2024 - 22:58 WIB

Pentingnya Teknik Membaca Nyaring Pada Anak Sejak Dini

Anak yang sering dibacakan nyaring dan diajak berbicara oleh ibu bapaknya secara tidak langsung membantu stimulasi kemampuan kognitifnya berkembang lewat suara.

PT Intiland Development Tbk (DILD)

Selasa, 07 Mei 2024 - 22:45 WIB

BI Rate Naik, Intiland Harap Perbankan Gencar Jalin Kolaborasi dengan Pengembang

Bank Indonesia (BI) telah menaikan suku bunga acuan atau BI Rate menjadi 6,25%. Kenaikan BI Rate ini pastinya akan berdampak bunga kredit atau cicilan, meskipun berlangsung lama. Sekretaris…

Apresiasi kepada Mandiri Agen

Selasa, 07 Mei 2024 - 22:20 WIB

Komitmen Dorong Inklusi Keuangan, Bank Mandiri Perkuat Peran Mandiri Agen

Sebagai bagian dari komitmen berkelanjutan untuk meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia, Bank Mandiri terus memperkuat peran Mandiri Agen dalam menyediakan akses layanan keuangan yang lebih…

Press conference Winter Concert yang digelar di Trans Snow World, Bintaro, Selasa 7 Mei 2024.

Selasa, 07 Mei 2024 - 21:45 WIB

Pertama di Indonesia, Winter Concert, Konser Musim Dingin Dengan Nuansa Salju Bakal Digelar Bulan Depan

Winter Concert di Trans Snow World Bintaro dimeriahkan oleh musisi internasional Color Me Badd, dan musisi Indonesia seperti The Groove featuring Tiara Effendy, Andien Aisyah dan Iwa K, serta…

Trinseo menggelar Program Yok Yok Ayok Daur Ulang! (YYADU!) lewat roadshow ke sekolah-sekolah.

Selasa, 07 Mei 2024 - 21:12 WIB

Trinseo Dorong Transisi Lingkungan Lewat Roadshow Sekolah

Trinseo mendorong perubahan berkelanjutan dan mengembangkan ruang hijau untuk lingkungan yang lebih sehat serta mendorong pihak sekolah untuk menjadi agen perubahan terhadap pilah dan olah sampah,…