Mengangkat Produk Lokal, BLANJA.com Ajak UKM Desa Tertinggal Naik Kelas

Oleh : Ridwan | Rabu, 18 April 2018 - 12:12 WIB

CEO BLANJA.com Aulia E. Marinto bersama Dirjen Pembangunan Desa Tertinggal (PDT) Samsul Widodo saat acara Peningkatan UKM Desa Tertinggal
CEO BLANJA.com Aulia E. Marinto bersama Dirjen Pembangunan Desa Tertinggal (PDT) Samsul Widodo saat acara Peningkatan UKM Desa Tertinggal

INDUSTRY.co.id - Pandeglang, Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan menjadi visi pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. 

Visi tersebut tertuang dalam Nawacita ketiga. Komitmen tersebut sekaligus mencerminkan perhatian pemerintahan saat ini yang memprioritaskan pembangunan di daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T). 

Daerah tertinggal, terdepan dan terluar adalah wajah depan Indonesia yang harus diperbaiki dan didorong kemajuannya, sebagai perwujudan bahwa negara hadir dan melindungi segenap warga.

Sebagai e-commerce milik pemerintah, BLANJA.com berkomitmen mengambil peran sentral untuk mendorong keberhasilan daerah tertinggal melalui penguatan digitalisasi produk lokal. 

Bersinergi dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, meluncurkan program “Pemberdayaan Masyarakat Desa Mengenai E-Commerce (Go Online)”. Program ini bertujuan menjangkau desa-desa 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar) di Indonesia, dan akan berlangsung selama 1 tahun.

Menurut data Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, ada sebanyak 1,8 juta komoditas UKM di desa yang menjadi penggerak ekonomi masyarakat pedesaan. Jika dibagi dalam beberapa cluster, potensi perkebunan sebesar 26,8%, perikanan 12,827%, energi terbarukan 86,4%, potensi pertanian 82,7%, dan sebagai desa wisata sebesar 1,902%.

Samsul Widodo, Dirjen Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) mengatakan, Indonesia merupakan ‘Pasar Besar’ untuk menjadi sasaran pemasaran hasil produk unggulan daerah secara online, termasuk produk unggulan di daerah tertinggal. 

"Melalui pengembangan digital ekonomi, masyarakat di daerah tertinggal dapat langsung berjualan secara online melalui BLANJA.com," ujar Samsul di Pandeglang, Jawa Barat (17/4/2018).

Ia menambahkan, hal ini tentunya akan membuka link antara desa-desa di daerah tertinggal dengan kota-kota pusat pertumbuhan melalui teknologi informasi. 

"Harapannya, dengan pemberdayaan digital untuk warga di daerah tertinggal bisa memberikan dampak ekonomi yang luar biasa untuk bangsa," katanya.

Sementara itu, CEO BLANJA.com Aulia E.  Marinto mengungkapkan, kami datang menjemput produk lokal di Pandeglang untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas mereka. 

"Ada banyak produk lokal khas Indonesia yang harus kita gali potensinya, karena produk yang benar-benar ASLI INDONESIA itu pusatnya ada pelosok-pelosok Indonesia," ungkap Aulia

Pandeglang memiliki produk lokal unggulan yang cukup menarik dan beragam, seperti aneka keripik, kopi khas Pandeglang, dompet lipat, sajadah lipat dan karpet lipat sampai kain batik khas suku Baduy. 

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi mencanangkan program satu desa satu produk unggulan, dimana hal ini bertujuan untuk menaikkan tingkat keberhasilan dari suatu produk untuk di kenal dan dipasarkan melalui  kanal online (e-commerce).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Cashew Milk produk lokal

Senin, 06 Mei 2024 - 14:33 WIB

Kebaikan Rasa Bumi Indonesia dari Arummi Cashew Milk

Arummi merupakan brand pionir produk susu plant-based lokal berbahan dasar kacang mede atau cashew. Arummi Cashew Milk menghadirkan kebaikan rasa bumi Indonesia dari bahan kacang mede berkualitas,…

Praktisi hukum Dr.Siprianus Edi Hardum, S.IP, S.H.,M.H.

Senin, 06 Mei 2024 - 14:15 WIB

Polisi Didesak Tangkap Provokator Penyerangan terhadap Mahasiswa yang Sedang Berdoa di Serpong

Jakarta – Kapolda Metro Jaya didesak perintahkan anak buahnya agar segera menangkap provokator dan pelaku penyerangan terhadap para mahasiswa Katolik yang sedang menjalankan doa Rosario di…

Press Conference Indonesia Upstream Oil & Gas SCM Summit 2024

Senin, 06 Mei 2024 - 13:53 WIB

Perkuat Manajemen Rantai Pasok, SKK Migas Gelar Indonesia Upstream Oil & Gas SCM Summit 2024

Dalam rangka mencapai visi produksi 1 juta barel minyak per hari dan 12 miliar standar kaki kubik gas per hari pada tahun 2030, SKK Migas kembali menggelar Indonesia Upstream Oil & Gas SCM Summit…

Vira Widiyasari Bergabung sebagai Country Manager Visa Indonesia

Senin, 06 Mei 2024 - 13:34 WIB

Vira Widiyasari Bergabung sebagai Country Manager Visa Indonesia

Visa, pemain utama di dunia dalam pembayaran digital, mengumumkan bahwa Vira Widiyasari telah ditunjuk sebagai Country Manager, efektif per tanggal 6 Mei 2024, menggantikan Riko Abdurrahman…

Dok. bibit

Senin, 06 Mei 2024 - 13:25 WIB

Lampaui 10 Juta Download di Google Play, Bibit.id: Kami Akan Terus Berinovasi

Aplikasi investasi digital terdepan di Indonesia, Bibit.id, kian mengukuhkan posisinya sebagai aplikasi favorit para investor ritel Tanah Air. Per hari ini, aplikasi Bibit.id telah diunduh lebih…