Halal Watch: Tarik Ulur Perlambat PP JPH

Oleh : Anisa Triyuli | Selasa, 17 April 2018 - 12:26 WIB

Ilustrasi Sertifikasi Halal (Ist)
Ilustrasi Sertifikasi Halal (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Direktur Eksekutif Indonesia Halal Watch Ikhsan Abdullah mengatakan tarik menarik kepentingan di antara kementerian dalam pembahasan Rancangan Peraturan Pemerintah Jaminan Produk Halal menyebabkan terlambatnya penerbitan PP JPH itu sendiri.

Hal itu dikatakan Ikhsan di Jakarta, Senin (16/4/2018) Persoalan PP JPH sebagai turunan Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang JPH itu justru memicu keraguan di tengah masyarakat apakah lembaga sertifikasi halal itu ada di Majelis Ulama Indonesia atau Badan Pengelola Jaminan Produk Halal atau BPJPH.

Tarik ulur soal PP JPH selama ini seperti ditunjukkan Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan. Hal itu terkait persoalan obat, produk biologi dan alat kesehatan yang diminta Kemenkes agar dikecualikan sebagai prduk wajib halal karena terdapat keterbatasan.

"Hanya tetap diperlukan sikap yang jelas dari pemerintah agar tidak menimbulkan keraguan bagi dunia usaha dan industri, apakah mandatori sertifikasi halal dapat dijalankan melalui BPJPH pada saat ini atau sementara tetap dilakukan oleh LPPOM MUI," kata dia.

Dia mengatakan kepastian bagi masyarakat penting karena jika tidak demikian dunia usaha akan semakin kebingungan untuk memperpanjang dan atau mendapatkan sertifikat halal. Sementara kewajiban sertifikasi sesuai UU JPH semakin dekat, yaitu 17 Oktober tahun 2019.

"Ini diperlukan kejelasan dan kejujuran dari pemerintah. Karena memang harus sinkron dan harmoni," kata dia.

Menurut dia, macetnya Pembahasan PP JPH memang memicu keraguan bagi sebagian kalangan. Tetapi tidak hal itu tidak perlu dihawatirkan berlebihan karena akan menimbulkan persoalan baru dalam pelaksanaan UU JPH dan berimplikasi pada penerapan sistem jaminan halal di Indonesia.

"Karena UU JPH telah memiliki 'exit close' untuk mengantisipasi keadaan ini," kata dia merujuk pada kewajiban UU JPH yang dapat ditangguhkan jika infrastruktur pendukungnya belum siap, seperti dari unsur auditor halal dan hal-hal terkait lainnya.

Dia mengatkan jika BPJPH saat ini belum siap, mandatori sertifikasi harus tetap dijalankan dengan berbagai skema kemudahan bagi dunia usaha, misalnya pemberian pentahapan waktu bagi sektor industri tertentu, penguatan LPPOM MUI dari segi kelembagaan, organisasi, jumlah auditor halal dan sarana laboratorium. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ki-ka; Meta Wijaya (direktur), Ricky Surya Prakasa (presiden direktur), Merry Prakasa (komisaris), Ferry Salim (spokeperson)

Rabu, 21 Agustus 2019 - 16:59 WIB

Tambah Kapasitas Produksi, MECCAYA Targetkan Investasi Rp 50 Miliar

Jakarta-MECCAYA Pharmaceutical terus melakukan investasi di penambahan kapasitas produksi terutama dengan penambahan mesin-mesin yang termodern dan perluasan fasilitas produksi sehingga di tahun…

Booth PT Fajar Gelora lnti atau lebih dikenal dengan nama Fagetti di IndoBuildTech 2019, JCC.(Andi Mardana)

Rabu, 21 Agustus 2019 - 16:07 WIB

Datang ke IndoBuildTech, Arsitek Bisa Diskusi dengan Master of Art Stone

Beberapa kreasi teknologi marmer tersebut akan ditampilkan di booth Fagetti di IndoBuildTech yang mengambil tema "Determining the Latest Trends in Marble Architecture".

President Director PT. Fajar Gelora Inti, Ferdinand Gumanti (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Rabu, 21 Agustus 2019 - 15:54 WIB

Rubah Marmer Lebih Artistik, Fagetti Hadirkan Teknologi Terbaru IndoBuildTech 2019

PT Fajar Gelora Inti (Fagetti) meluncurkan teknologi marmer terbaru di lndoBuildTech 2019 yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan pada tanggal 21-25 Agustus 2019.

Arsitek Delution, hadir di acara IndoBuildTech Jakarta The 2nd Phase di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (21/8).(Andi Mardana)

Rabu, 21 Agustus 2019 - 15:36 WIB

Jakarta Architecture Installation Festival 2019 Hadir di JCC

Sebuah pameran mahakarya instalasi arsitek terkemuka di Hall A Jakarta Convention Center (JCC).

BNI Syariah di Islamic Tourism

Rabu, 21 Agustus 2019 - 15:36 WIB

BNI Syariah Gelar Acara Islamic Tourism Expo 2019

Jakarta - BNI Syariah menebar promo umroh murah dan beragam program menarik pada perhelatan Islamic Tourism Expo 2019. Pameran Umroh Haji & Wisata Halal terbesar dan terlengkap ini diselenggarakan…