Mandatori Penting Agar produk yang Dikonsumsi Merupakan Produk Halal

Oleh : Anisa Triyuli | Senin, 16 April 2018 - 15:57 WIB

Ketua MUI K.H. Ma'ruf Amin (Foto Ist)
Ketua MUI K.H. Ma'ruf Amin (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta Memasuki 4 tahun Undang-Undang No. 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (UU JPH) di undangkan sampai saat ini belum berlaku efektif. Lahirnya UU JPH diharapkan sebagai Umbrella Provisions dari semua regulations halal.

Seperti yang diketahui bahwa mandatory sertifikasi halal adalah untuk melakukan perlindungan terhadap konsumen atau masyarakat mencegah dari mengkonsumsi yang bukan halal.

Menurut Ketum MUI K.H. Ma'ruf Amin, mandatory itu penting supaya tidak abu-abu, supaya jelas. Agar produk yang dikonsumsi merupakan produk yang halal.


Sertifikasi dilakukan untuk memberikan kepastian status kehalalan, sehingga dapat menenteramkan batin konsumen dalam mengkonsumsinya.

"Undang-undang ini belum bisa dijalankan karena PP (Peraturan Pemerintah) belum keluar, namun sertifikasi Halal tetap jalan karna sangat penting untuk umat, katanya

Indonesia Halal Watch menggelar seminar nasional dengan tema "Mandatory Sertifikasi Halal oleh BPJPH, LPPOM-MUI, atau BPJPH & LPPOM-MUI".(16/4/2018) Jakarta.

Dihadiri oleh Tetum MUI K.H. Ma'Ruf Ami, Lukman Hakim (Direktur LPPOM MUI), Fenny K. Lukito MCP (Kepala BPOM), H.Ikhsan Abdullah (Direktur Executive Indonesia Halal Watch), Arif Safari (Komisioner BPKN).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Indodax resmikan kantor baru di Jakarta (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Rabu, 26 Juni 2019 - 10:50 WIB

Komitmen Berikan Pelayanan Lebih Baik, Indodax Resmikan Kantor Baru di Jakarta

Kantor baru ini akan menjadi pusat dari seluruh cabang Indodax yang sudah didirikan sebelumnya yaitu Bali, Semarang, dan Surabaya.

Ruang Kerja Regus (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 26 Juni 2019 - 10:00 WIB

Penyedia Ruang Kerja fleksibel, Regus, Luncurkan ProgramWaralaba Terbaru di Indonesia

Regus, penyedia ruang kerja fleksibel terkemuka di dunia, telah meluncurkan skema waralaba terbaru di Indonesia. Program baru ini memungkinkan operator waralaba Indonesia untuk memasuki ruang…

Hoshinoya Tokyo

Rabu, 26 Juni 2019 - 09:50 WIB

Hoshinoya Tokyo Bakal Jadi Tuan Rumah Tokyo Summer Nights 2019

Hoshino Resorts melalui brand teranyarnya, Hoshinoya Tokyo akan menjadi tuan rumah "Tokyo Summer Nights 2019" dari tanggal 1-17 Agustus 2019.

PREPD

Rabu, 26 Juni 2019 - 09:20 WIB

PREPD closes Pre-Series A round to fund growth of a new hydration-boosting drinks

PREPD closes Pre-Series A round to fund growth of a new hydration-boosting drinks

KEK Mandalika (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 26 Juni 2019 - 09:00 WIB

Sambut MotoGP-F1 Sirkuit Mandalika Segera Bangun Sejumlah Hotel

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar para pengusaha properti ikut membantu membangun hotel di Mandalika, Nusa Tenggara Barat.