Kunjungi Madura, Menteri Jonan Berpesan Masyarakat Jaga Sumur Bor Dengan Baik

Oleh : Hariyanto | Jumat, 13 April 2018 - 11:01 WIB

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan

INDUSTRY.co.id - Sampang - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus berupaya memudahkan akses masyarakat kepada air bersih, dengan menyediakan sumur bor air tanah, yang dilakukan di daerah yang sulit air. 

Kali ini, Menteri ESDM Ignasius Jonan meninjau lokasi sumur bor di Pulau Madura yang berada di Desa Tlagah, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang, Provinsi Jawa Timur, Kamis (12/4/2018).

Pada kunjungannya tersebut, Menteri Jonan berpesan agar masyarakat menjaga sumur bor ini. "Tolong sumur bor ini dijaga dengan baik, karena sangat bermanfaat," kata Menteri Jonan.

Sumur bor di Desa Tlagah ini dibangun oleh Badan Geologi Kementerian ESDM pada tahun 2017 dan memiliki kedalaman hingga 114 meter. Sumur ini mengalirkan air dengan debit 1,6 liter setiap detiknya dan mampu melayani 2.304 jiwa di desa tersebut.

Selain di Desa Tlagah, terdapat enam sumur bor lain yang dibangun di Kabupaten Sampang, yakni terletak di Desa Bunten Barat dan Desa Paopale Laok, Kecamatan Ketapang; Desa Karang Gayam dan Desa Rongdalem, Kecamatan Omben; serta Desa Bira Tengah, Kecamatan Sokobanah.

Sumur bor Desa Tlagah merupakan satu dari 53 sumur bor lain di Jawa Timur. Kapasitas debit total dari seluruh sumur bor di Jawa Timur mencapai 83,30 liter/detik yang mampu memberikan akses air bersih bagi 119.952 jiwa di 18 Kabupaten/Kota. 

Sementara secara nasional, sejak tahun 2005, Kementerian ESDM telah meresmikan 1.782 sumur bor untuk 5 juta jiwa di seluruh Indonesia. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) memperingati hari ulang tahun ke 20 tahun Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK), di Gramedia Matraman, Sabtu (20/4/2019)

Sabtu, 20 April 2019 - 21:10 WIB

Hari Perlindungan Konsumen, Sektor Properti Paling Banyak Diadukan Konsumen

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) memperingati hari ulang tahun ke 20 tahun Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK). Dalam peringatan tersebut, pihaknya menyebut bahwa sektor perumahan…

The Museum of Innocence Turki (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 20 April 2019 - 21:00 WIB

Destinasi Wisata Wajib Dikunjungi Para Kutu Buku di Hari Buku Dunia

Buku dapat membawa Anda ke tempat-tempat yang baru dan menarik, bahkan dunia yang sama sekali baru. Di Hari Buku Dunia (World Book Day, 23 Maret 2019) kali ini, Agoda akan membawa Anda dalam…

Huawei Undang Penggunanya Ikuti Huawei Next-Image Masterclass

Sabtu, 20 April 2019 - 18:40 WIB

Huawei Undang Penggunanya Ikuti Huawei Next-Image Masterclass

Huawei Indonesia mendorong pengguna memandang dengan lebih luas melalui smartphone mereka lewat HUAWEI Next Image Masterclass

Direktur Kesehatan Hewan, Fadjar Sumping Tjatur Rasa bertemu produsen obat hewan

Sabtu, 20 April 2019 - 18:24 WIB

Dorong ekspor, Kementan ajak produsen tingkatkan kualitas obat hewan Indonesia

Jakarta - Kementerian Pertanian mengajak seluruh Produsen Obat Hewan Indonesia untuk terus memperluas akses pasar melalui peningkatan kualitas obat hewan dengan penerapan Cara Pembuatan Obat…

Dufan Ancol (FotoDok Industry.co.id)

Sabtu, 20 April 2019 - 18:00 WIB

Dufan Ancol Buka Malam Hari

Ada kabar baru dari Ancol, Dunia Fantasi (Dufan) akan buka malam hari! Mungkin belum pernah terbayangkan oleh masyarakat serunya main wahana Halilintar, Histeria, Tornado, Kora-Kora dan Bianglala…