Kunjungi Madura, Menteri Jonan Berpesan Masyarakat Jaga Sumur Bor Dengan Baik

Oleh : Hariyanto | Jumat, 13 April 2018 - 11:01 WIB

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan

INDUSTRY.co.id - Sampang - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus berupaya memudahkan akses masyarakat kepada air bersih, dengan menyediakan sumur bor air tanah, yang dilakukan di daerah yang sulit air. 

Kali ini, Menteri ESDM Ignasius Jonan meninjau lokasi sumur bor di Pulau Madura yang berada di Desa Tlagah, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang, Provinsi Jawa Timur, Kamis (12/4/2018).

Pada kunjungannya tersebut, Menteri Jonan berpesan agar masyarakat menjaga sumur bor ini. "Tolong sumur bor ini dijaga dengan baik, karena sangat bermanfaat," kata Menteri Jonan.

Sumur bor di Desa Tlagah ini dibangun oleh Badan Geologi Kementerian ESDM pada tahun 2017 dan memiliki kedalaman hingga 114 meter. Sumur ini mengalirkan air dengan debit 1,6 liter setiap detiknya dan mampu melayani 2.304 jiwa di desa tersebut.

Selain di Desa Tlagah, terdapat enam sumur bor lain yang dibangun di Kabupaten Sampang, yakni terletak di Desa Bunten Barat dan Desa Paopale Laok, Kecamatan Ketapang; Desa Karang Gayam dan Desa Rongdalem, Kecamatan Omben; serta Desa Bira Tengah, Kecamatan Sokobanah.

Sumur bor Desa Tlagah merupakan satu dari 53 sumur bor lain di Jawa Timur. Kapasitas debit total dari seluruh sumur bor di Jawa Timur mencapai 83,30 liter/detik yang mampu memberikan akses air bersih bagi 119.952 jiwa di 18 Kabupaten/Kota. 

Sementara secara nasional, sejak tahun 2005, Kementerian ESDM telah meresmikan 1.782 sumur bor untuk 5 juta jiwa di seluruh Indonesia. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gojek-Blibli Sepakat Tingkatkan Industri Pariwisata Melalui Platform Digital

Senin, 16 September 2019 - 09:00 WIB

Gojek-Blibli Sepakat Tingkatkan Industri Pariwisata Melalui Platform Digital

Dua perusahaan berbasis digital yakni PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) dan PT Global Digital Niaga (Blibli.com) menyatakan dukungannya dalam pengembangan pariwisata melalui platform digital.

Ilustrasi Gula (Ist)

Senin, 16 September 2019 - 08:07 WIB

Swasembada Gula Putih di Depan Mata

Jakarta - Dorongan terus dilakukan oleh Kementerian Pertanian (Kementan) terhadap investor di bidang gula untuk meningkatkan kapasitas produksi gula guna mencapai target memenuhi kebutuhan gula…

IHSG - Bursa Efek Indonesia (Dok INDUSTRY.co.id)

Senin, 16 September 2019 - 08:02 WIB

Awal Pekan IHSH Bergerak Terkoreksi

Jakarta - Secara teknikal pergerakan IHSG mengkonfirmasi pola dark cloud cover dengan terkoreksi menguji MA50 kembali yang berad dikisaran 6300. Indikator Stochastic memiliki pola dead-cross…

 founder BeauCell Indah Ludiana Ester Meiliana dan Imelda Willy bersama Para selebritis saat pembukaan Beaucell

Senin, 16 September 2019 - 08:02 WIB

Klinik Kecantikan BeauCell Selaraskan Dengan Teknologi Industri 4.0

Pesatnya kemajuan teknologi di industri 4.0 juga berdampak pada industri kecantikan. Seiring perubahan zaman masyarakat urban mengidamkan kehadiran klinik kecantikan terpadu yang menawarkan…

Fajar Hutomo, Deputi Akses Permodalan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf)

Senin, 16 September 2019 - 07:42 WIB

Bekraf Sambut Kehadiran Blockchain Bisa Atasi Sejumlah Persoalan Hak Intelektual

Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) menyambut antusias keberadaaan tekhnologi blockhain di tanah air karena sangat membantu mengatasi sejumlah persoalan Hak Inelektual yang terjadi selama ini. Sejumlah…