Kunjungi Madura, Menteri Jonan Berpesan Masyarakat Jaga Sumur Bor Dengan Baik

Oleh : Hariyanto | Jumat, 13 April 2018 - 11:01 WIB

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan

INDUSTRY.co.id - Sampang - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus berupaya memudahkan akses masyarakat kepada air bersih, dengan menyediakan sumur bor air tanah, yang dilakukan di daerah yang sulit air. 

Kali ini, Menteri ESDM Ignasius Jonan meninjau lokasi sumur bor di Pulau Madura yang berada di Desa Tlagah, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang, Provinsi Jawa Timur, Kamis (12/4/2018).

Pada kunjungannya tersebut, Menteri Jonan berpesan agar masyarakat menjaga sumur bor ini. "Tolong sumur bor ini dijaga dengan baik, karena sangat bermanfaat," kata Menteri Jonan.

Sumur bor di Desa Tlagah ini dibangun oleh Badan Geologi Kementerian ESDM pada tahun 2017 dan memiliki kedalaman hingga 114 meter. Sumur ini mengalirkan air dengan debit 1,6 liter setiap detiknya dan mampu melayani 2.304 jiwa di desa tersebut.

Selain di Desa Tlagah, terdapat enam sumur bor lain yang dibangun di Kabupaten Sampang, yakni terletak di Desa Bunten Barat dan Desa Paopale Laok, Kecamatan Ketapang; Desa Karang Gayam dan Desa Rongdalem, Kecamatan Omben; serta Desa Bira Tengah, Kecamatan Sokobanah.

Sumur bor Desa Tlagah merupakan satu dari 53 sumur bor lain di Jawa Timur. Kapasitas debit total dari seluruh sumur bor di Jawa Timur mencapai 83,30 liter/detik yang mampu memberikan akses air bersih bagi 119.952 jiwa di 18 Kabupaten/Kota. 

Sementara secara nasional, sejak tahun 2005, Kementerian ESDM telah meresmikan 1.782 sumur bor untuk 5 juta jiwa di seluruh Indonesia. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk. (WEGE) Nariman Prasetyo menerima penghargaan sebagai CEO Driving Execution Perusahaan (Tbk)- BUMN dan Anak Perusahaan BUMN Terbaik dalam ajang 9th Anugerah BUMN 2020 yang bertempat di The Terrace – The MAJ Senayan, Kamis (9/7).

Jumat, 10 Juli 2020 - 21:59 WIB

Wijaya Karya Bangunan Gedung Raih Execution Terbaik di Ajang Anugerah BUMN Award 2020

Jakarta–Direktur Utama PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk. (WEGE) Nariman Prasetyo menerima penghargaan sebagai CEO Driving Execution Perusahaan (Tbk)- BUMN dan Anak Perusahaan BUMN Terbaik…

Hutan Reklamasi Pasca Tambang Batu Kapur di pabrik Tuban

Jumat, 10 Juli 2020 - 21:17 WIB

Keren! Ini Teknik Reklamasi SIG di Lahan Pascatambang Pabrik Tuban

Jakarta-PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) berkomitmen selalu menjaga kelestarian alam dalam menjalankan kegiatan operasionalnya.

Menteri Agama Fachrul Razi

Jumat, 10 Juli 2020 - 20:08 WIB

Menteri Agama: Saya dan Wamen Tidak Terlibat Dalam Seleksi Jabatan Eselon I dan II

Menteri Agama Fachrul Razi menegaskan bahwa dirinya dan Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'ad tidak terlibat dalam seleksi jabatan eselon I dan II di lingkungan Kementerian Agama.

Direktur KSKK Madrasah Kemenag A.Umar

Jumat, 10 Juli 2020 - 19:53 WIB

Mulai Tahun Pelajaran Baru 13 Juli Esok, Madrasah Gunakan Kurikulum PAI dan Bahasa Arab Baru

Madrasah akan memulai tahun pelajaran 2020/2021 mulai 13 Juli mendatang. Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah A Umar mengatakan bahwa Madrasah, baik Ibtidaiyah…

PT.Bumi Serpong Damai Tbk. (PTBSD)

Jumat, 10 Juli 2020 - 19:29 WIB

Triwulan I, BSDE Telah Realisasikan 25% dari Target Marketing Sales

Pengembang properti terkemuka di tanah air, PT Bumi Serpong Damai Tbk (kode saham: BSDE), telah merealisasikan marketing sales Rp1,79 triliun atau 25% dari target tahun 2020 pada triwulan satu…