Pastry dan Bakery Masih Dominasi Industri Oleh-Oleh

Oleh : Dina Astria | Rabu, 11 April 2018 - 12:05 WIB

Oleh-oleh pastry dan bakery para peserta Blue Band Master 2017 yang hadir di Incubator Camp 9 - 11 April 2018, di Jakarta. (Foto: Dina Astria/Industry.co.id)
Oleh-oleh pastry dan bakery para peserta Blue Band Master 2017 yang hadir di Incubator Camp 9 - 11 April 2018, di Jakarta. (Foto: Dina Astria/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kalau berpergian ke luar kota, membeli oleh-oleh menjadi suatu kegiatan yang wajib dilakukan. Terlebih lagi, apa yang menjadi ciri khas oleh-oleh di kota tersebut adalah oleh-oleh kuliner atau makanan yang terkenal dan laris di pasaran.

Jenis makanan oleh-oleh banyak ditawarkan. Tetapi, bila diperhatikan, pastry dan bakery masih menjadi jenis makanan oleh-oleh yang banyak dicari para penikmat oleh-oleh, alasannya karena kedua jenis makanan oleh-oleh tersebut lebih bisa tahan lama.

Terlebih lagi kalau oleh-oleh pastry dan bakery bisa dipadupadankan dengan seni budaya yang punya nilai kearifan lokal, yang juga bisa menunjukkan keunikan karakter dari oleh-oleh tersebut.

"Saya sekarang lebih sering menjelajah Nusantara. Ternyata banyak yang bisa diaplikasikan untuk menjadi keunggulan daerah tertentu," ungkap Chef Rahmat Kusnedi, selaku Ketua Indonesia Pastry Alliance.

Chef Rahmat juga menambahkan, pastry dan bakery bisa dipadupadankan dengan apa saja yang ada di daerah tersebut. Hal tersebut dapat membuat banyak oleh-oleh dengan kearifan lokal.

Selain itu, faktor pengemasan produknya yang sangat unik, bisa menonjolkan oleh-oleh pastry dan bakery dengan kearifan lokal.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Nurdin Halid (NH) kembali terpilih menjadi ketua umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) untuk ketiga kalinya.

Kamis, 14 November 2019 - 05:09 WIB

Nurdin Halid Kembali Terpilh Menjadi Ketua Umum Dekopin

Makassar — Nurdin Halid (NH) kembali terpilih menjadi ketua umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) untuk ketiga kalinya.

Provinsi Sultra Siap Jadi Tuan Rumah HPN 2021

Kamis, 14 November 2019 - 05:00 WIB

Provinsi Sultra Siap Jadi Tuan Rumah HPN 2021

Provinsi Sulawesi Tenggara siap menjadi tuan rumah peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2021. HPN merupakan agenda tahunan yang puncak peringatannya dilaksanakan setiap 9 Februari.

Ketua MPR Bambang Soesatyo

Kamis, 14 November 2019 - 05:00 WIB

Partai Nasdem- Pimpinan MPR RI Bahas Amandemen Terbatas NRI 1945

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bersama para Wakil Ketua MPR RI lainnya bersilaturahim dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dan jajaran pengurus pusat Partai Nasdem. Selain untuk mempererat…

Pusjarah TNI Gelar Lomba Lukis SMA Tingkat Nasional

Kamis, 14 November 2019 - 04:30 WIB

Pusjarah TNI Gelar Lomba Lukis SMA Tingkat Nasional

Dalam rangka memperingati HUT ke-74 TNI tahun 2019, Pusat Sejarah Tentara Nasional Indonesia (Pusjarah TNI) menggelar “Lomba Melukis SMA Tingkat Nasional” dengan menggunakan kanvas berukuran…

Korps Marinir

Kamis, 14 November 2019 - 04:00 WIB

Dankomar Tijau Gladi Bersih HUT ke 74 Korps Marinir

Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) menyaksikan langsung pelaksanaan gladi bersih upacara peringatan HUT ke 74 Korps Marinir tahun 2019 di lapangan hitam Bhumi…