Pastry dan Bakery Masih Dominasi Industri Oleh-Oleh

Oleh : Dina Astria | Rabu, 11 April 2018 - 12:05 WIB

Oleh-oleh pastry dan bakery para peserta Blue Band Master 2017 yang hadir di Incubator Camp 9 - 11 April 2018, di Jakarta. (Foto: Dina Astria/Industry.co.id)
Oleh-oleh pastry dan bakery para peserta Blue Band Master 2017 yang hadir di Incubator Camp 9 - 11 April 2018, di Jakarta. (Foto: Dina Astria/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kalau berpergian ke luar kota, membeli oleh-oleh menjadi suatu kegiatan yang wajib dilakukan. Terlebih lagi, apa yang menjadi ciri khas oleh-oleh di kota tersebut adalah oleh-oleh kuliner atau makanan yang terkenal dan laris di pasaran.

Jenis makanan oleh-oleh banyak ditawarkan. Tetapi, bila diperhatikan, pastry dan bakery masih menjadi jenis makanan oleh-oleh yang banyak dicari para penikmat oleh-oleh, alasannya karena kedua jenis makanan oleh-oleh tersebut lebih bisa tahan lama.

Terlebih lagi kalau oleh-oleh pastry dan bakery bisa dipadupadankan dengan seni budaya yang punya nilai kearifan lokal, yang juga bisa menunjukkan keunikan karakter dari oleh-oleh tersebut.

"Saya sekarang lebih sering menjelajah Nusantara. Ternyata banyak yang bisa diaplikasikan untuk menjadi keunggulan daerah tertentu," ungkap Chef Rahmat Kusnedi, selaku Ketua Indonesia Pastry Alliance.

Chef Rahmat juga menambahkan, pastry dan bakery bisa dipadupadankan dengan apa saja yang ada di daerah tersebut. Hal tersebut dapat membuat banyak oleh-oleh dengan kearifan lokal.

Selain itu, faktor pengemasan produknya yang sangat unik, bisa menonjolkan oleh-oleh pastry dan bakery dengan kearifan lokal.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

e-Commerce Tokopedia (Ist)

Rabu, 19 Juni 2019 - 17:45 WIB

Sepanjang Bulan Mei 2019, Tokopedia Catat Transaksi Penjualan Hingga Rp 18,5 Triliun

Sepanjang bulan Mei 2019, Tokopedia mencatatkan nilai total transaksi (Gross Merchandise Value/GMV) sebesar US$1.3 miliar atau setara lebih dari Rp18,5 triliun.

Sun Life Financial Indonesia dan Muamalat Indonesia Menandatangani Peresmian Kerja Sama Strategis Bancassurance

Rabu, 19 Juni 2019 - 17:35 WIB

Kerjasama Sun Life Financial Indonesia dan Bank Muamalat Indonesia

PT Sun Life Financial Indonesia (“Sun Life”) perusahaan perencana keuangan keluarga tepercaya, hari ini mengumumkan komitmen kemitraan strategis bersama bank syariah pertama di Indonesia,…

Dirc Richard Talumewo, Presiden Direktur PT Transcoal Pacific Tbk, sedang memberikan penjelasan kepada investor dan pers dalam acara paparan publik di Jakarta, Rabu (19/06/2019). (Foto: Abe)

Rabu, 19 Juni 2019 - 17:22 WIB

Total Dividen Tunai 2018 Transcoal Pacific Bernilai hampir Rp80 Miliar

PT Transcoal Pacific Tbk (TCPI), perusahaan pelayanan di bidang angkutan laut dan logistik kelautan, akan membagikan dividen tunai untuk tahun buku 2018 bernilai total Rp79,68 miliar (Rp15,5…

1ID Music, Survival Reality Show Mencari Talenta Terbaik Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 19 Juni 2019 - 17:15 WIB

1ID Music, Survival Reality Show Mencari Talenta Terbaik Indonesia

Famous All Stars dengan bangga mempersembahkan 1ID Music sebuah survival reality show mencari lima talenta musik terbaik Indonesia. Peserta dari ajang ini tidak hanya akan berkompetisi merebut…

Fintech (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 19 Juni 2019 - 17:00 WIB

FinTech for Capital Market Expo, Memperkuat Kolaborasi FinTech-Pasar Modal

Dengan semakin meningkatkan kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap produk dan layanan keuangan yang lebih bervariasi dan didukung dengan kecanggihan teknologi, Asosiasi FinTech Indonesia (AFTECH)…