Ketua GAPMMI: Perjalanan Menuju Industri 4.0 Membutuhkan Banyak Perbaikan

Oleh : Hariyanto | Kamis, 05 April 2018 - 17:46 WIB

Adhi S Lukman-Ketua Asosiasi Gabungan Pengusaha Makanan Dan Minuman Indonesia
Adhi S Lukman-Ketua Asosiasi Gabungan Pengusaha Makanan Dan Minuman Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI), Adhi S. Lukman, mengatakan dunia industri, khususnya industri makanan dan minuman menyambut positif revolusi industri 4.0. 

Menurutnya, untuk menuju kepada industri 4.0 masih banyak yang harus diperbaiki. Ia berpendapat, salah satu tantangan yang harus dihadapi dunia industri adalah modal. 

Pasalnya, Industri 4.0 tentu membutuhkan peralatan berteknologi canggih yang membutuhkan modal yang tidak sedikit.

"Ini juga jadi satu tantangan di mana kita terus terang, bunga bank masih sangat mahal. Sedangkan penerapan teknologi 4.0 ini membutuhkan investasi besar, tapi dalam jangka panjang akan menguntungkan dan akan meningkatkan daya saing," kata Adhi di Jakarta, Kamis (5/4/2018).

Selain teknologi, hal lain yang perlu disiapkan adalah sumber daya manusia (SDM). Oleh sebab itu, dibutuhkan peningkatan SDM di sektor industri. 

"Kesiapan sebenarnya kalau teknologi tidak masalah, sangat siap. Tapi tantangan yang paling terbesar adalah sumber daya manusia. Ini yang harus kita siapkan," ungkap Adhi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Laman resmi SehatQ

Minggu, 05 April 2020 - 15:30 WIB

Mengetahui Cara Penyebaran dan Cek Risiko Covid-19 di SehatQ

Seperti yang sudah disampaikan oleh World Health Organization (WHO), virus ini tidak menyebar lewat udara. Covid-19 hanya bisa menular melalui percikan batuk, bersin, atau air liur yang terpercik…

Ilustrasi Minyak Mentah Indonesia

Minggu, 05 April 2020 - 15:30 WIB

Gegara Covid-19, Harga Minyak Mentah Indonesia Tertekan Menjadi USD34,23/Barel

Agung menjelaskan, penyebab utama dari penurunan ICP adalah penyebaran Covid-19 di sebagian besar negara-negara produksi minyak mentah sehingga mengakibatkan anjloknya penurunan produksi. "Travel…

Pegadaian Salurkan Bantuan Tanggulangi Pandemi Covid-19

Minggu, 05 April 2020 - 15:25 WIB

Pegadaian Terus Salurkan Bantuan Tanggulangi Pandemi Covid-19

Kepala Divisi KBL PT Pegadaian (Persero) Hertin Maulida mengatakan, pemberian bantuan terus dilakukan sebagai salah satu wujud komitmen PT Pegadaian (Persero) untuk terus memberikan dukungan…

Digital Launge Bank Bukopin

Minggu, 05 April 2020 - 15:23 WIB

Trade Finance dan Funding Retail Jadi Andalan Bank Bukopin

Bank Bukopin berhasil menutup tahun 2019 dengan membukukan pertumbuhan kinerja secara signifikan. Selama periode tersebut, sektor trade finance menjadi salah satu andalan Perseroan untuk memacu…

Bendungn Bendo

Minggu, 05 April 2020 - 15:08 WIB

Bendungan Bendo Berkapasitas 43,11 Juta m3 Siap Digenangi Akhir Tahun 2020

Saat ini konstruksi Bendungan Bendo sudah 73,26%. Bendungan ini ditargetkan selesai konstruksinya dan siap digenangi pada akhir tahun 2020.