Ketua GAPMMI: Perjalanan Menuju Industri 4.0 Membutuhkan Banyak Perbaikan

Oleh : Hariyanto | Kamis, 05 April 2018 - 17:46 WIB

Adhi S Lukman-Ketua Asosiasi Gabungan Pengusaha Makanan Dan Minuman Indonesia
Adhi S Lukman-Ketua Asosiasi Gabungan Pengusaha Makanan Dan Minuman Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI), Adhi S. Lukman, mengatakan dunia industri, khususnya industri makanan dan minuman menyambut positif revolusi industri 4.0. 

Menurutnya, untuk menuju kepada industri 4.0 masih banyak yang harus diperbaiki. Ia berpendapat, salah satu tantangan yang harus dihadapi dunia industri adalah modal. 

Pasalnya, Industri 4.0 tentu membutuhkan peralatan berteknologi canggih yang membutuhkan modal yang tidak sedikit.

"Ini juga jadi satu tantangan di mana kita terus terang, bunga bank masih sangat mahal. Sedangkan penerapan teknologi 4.0 ini membutuhkan investasi besar, tapi dalam jangka panjang akan menguntungkan dan akan meningkatkan daya saing," kata Adhi di Jakarta, Kamis (5/4/2018).

Selain teknologi, hal lain yang perlu disiapkan adalah sumber daya manusia (SDM). Oleh sebab itu, dibutuhkan peningkatan SDM di sektor industri. 

"Kesiapan sebenarnya kalau teknologi tidak masalah, sangat siap. Tapi tantangan yang paling terbesar adalah sumber daya manusia. Ini yang harus kita siapkan," ungkap Adhi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pariwisata Bali (Foto Dok Instagram)

Minggu, 16 Juni 2019 - 21:00 WIB

Ready, Set, Summer!

Menjelang liburan musim panas, Agoda, salah satu platform perjalanan digital yang paling cepat berkembang di dunia, mengungkapkan bahwa Tokyo, London dan Las Vegas masih terus merajai sebagai…

Bantuan Kemensos untuk Sultra Terus Bergulir (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 16 Juni 2019 - 20:00 WIB

Bantuan Kemensos untuk Sultra Terus Bergulir

Pengiriman dan penyaluran bantuan sosial dari Kementerian Sosial terus bergulir bagi korban bencana banjir di sejumlah wilayah di Provinsi Sulawesi Tenggara.

BNI Dukung Peningkatan Ekspor Seafood ke Amerika Serikat (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 16 Juni 2019 - 17:34 WIB

BNI Dukung Peningkatan Ekspor Seafood ke Amerika Serikat

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) melalui Kantor Cabang Luar Negeri New York, Amerika Serikat memberikan dukungan fasilitas pembiayaan kepada Crystal Cove Seafood Corp. (Crystal Cove),…

Mendikbud, Muhadjir Effendy

Minggu, 16 Juni 2019 - 16:46 WIB

Rawan Jual Beli Kursi, Mendikbud Lakukan Penataan Sejumlah Sekolah

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan pemetaan sejumlah sekolah yang dinilai rawan terhadap praktik jual beli kursi dalam Penerimaan Peserta Didik (PPDB).

Ilustrasi Desa Wisata

Minggu, 16 Juni 2019 - 12:30 WIB

Kemenpar Gandeng Udinus Latih Warga Temanggung Majukan Desa Wisata

Kementerian Pariwisata dan Universitas Dian Nuswantara Semarang memberikan pelatihan memajukan potensi daerah sebagai desa wisata baru pada warga Kelurahan Walitelon Utara Kecamatan Temanggung,…