Hari ini, Harga CPO Malaysia Naik ke Posisi RM2.451 per Ton

Oleh : Abraham Sihombing | Rabu, 04 April 2018 - 19:00 WIB

kelapa sawit (ilustrasi)
kelapa sawit (ilustrasi)

INDUSTRY.co.id, Jakarta – Harga minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) Malaysia pada perdagangan Rabu (04/04/2018) ditransaksikan sebesar RM2.451 per ton, lebih tinggi dibandingkan harga CPO pada penutupan perdagangan sehari sebelumnya sebesar RM2.436 per ton.

“Pada perdagangan Selasa (03/04/2018), harga CPO di Bursa Malaysia sempat mencapai titik tertinggi di level RM2.456 per ton. Namun aksi profit taking pelaku pasar menyebabkan harga CPO ditutup lebih rendah dibanding titik tertingginya tersebut,” papar Arie Nurhadi, analis riset PT Monex Investindo Futures, di Jakarta, Rabu (04/04/2018).

Arie mengemukakan, di samping itu, berkurangnya permintaan di pasar spot terhadap pasokan yang memadai turut mendorong penurunan harga CPO pada sesi penutupan perdagangan kemarin.

“Kenaikan harga CPO hari ini terjadi bersamaan dengan Kementrian Keuangan Cina yang secara resmi mengeluarkan pernyataan mengenai pengenaan tarif balasan terhadap 106 produk-produk Amerika Serikat,” jelas Arie.

Dalam pernyataan resmi tersebut, Cina akan memberlakukan tarif tambahan sebesar 25% pada 106 jenis barang produk Amerika Serikat, termasuk di dalamnya adalah kedelai, mobil, bahan-bahan kimia, beberapa jenis pesawat dan berbagai produk jagung.

“Kendati demikian, pihak berwenang Cina belum secara spesifik menyebutkan apakah CPO juga termasuk dalam program tersebut atau tidak,” tukas Arie.

Menurut Arie, jika pada perdagangan hari ini dapat mencapai harga RM2.454 per ton, maka harga CPO Malaysia tersebut akan terus berupaya naik mencapai RM2.472 per ton, sebelum mencapai harga tertingginya di level RM2.501 per ton.

“Akan tetapi, jika mengalami penurunan hingga RM2.396 per ton, maka harga komoditas sawit tersebut akan terus tertekan mencapai RM2.378 per ton sebelum pada akhirnya akan terus tergerus hingga RM2.349 per ton,” pungkas Arie. (Abraham Sihombing)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Klaster Pangan (Photo by iNews)

Sabtu, 11 Juli 2020 - 22:10 WIB

Lewat Corporate Farming, Klaster Pangan BUMN Bersinergi Genjot Produktivitas Pertanian

Dalam rangka peningkatan produktivitas pertanian, PT Sang Hyang Seri (Persero) (SHS), PT Pertani (Persero), dan Klaster Pangan BUMN menjalin kerjasama pengembangan pertanian di lahan HGU SHS…

Dirjen IKMA Kemenperin Gati

Sabtu, 11 Juli 2020 - 22:00 WIB

Kemenperin Fasilitasi Perlindungan KI untuk Pelaku Industri Kecil dan Menengah

Kementerian Perindustrian terus fokus pada pengembangan industri kecil dan menengah (IKM), termasuk memfasilitasi para pelaku IKM dalam hal perlindungan kekayaan intelektual (KI). Dirjen IKMA…

CIMB Niaga Syariah

Sabtu, 11 Juli 2020 - 21:15 WIB

CIMB Niaga Syariah Serahkan Bantuan Ambulans untuk Warga Bandung Barat

Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) menyerahkan bantuan satu unit mobil ambulans bagi warga Desa Puncaksari, Sindangkerta.

Kunjungan Menteri Edhy Prabowo ke PT Japfa Comfeed Indonesia

Sabtu, 11 Juli 2020 - 20:15 WIB

Genjot Budidaya Ikan, Menteri Edhy Prabowo Kunjungi PT Japfa Comfeed Indonesia

Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Edhy Prabowo, mengunjungi PT Iroha Sidat Indonesia (ISI) yang merupakan bagian dari PT Suri Tani Pemuka, anak usaha PT Japfa Comfeed Indonesia…

Schneider Electric

Sabtu, 11 Juli 2020 - 19:15 WIB

Schneider Gandeng Infrastructure Masons Perkuat Industri Infrastruktur Digital

Schneider Electric, perusahaan global dalam transformasi digital di pengelolaan energi dan otomasi, mengumumkan kemitraannya dengan Infrastructure Masons (iMasons), sebuah asosiasi profesional…