Imigrasi Palembang Tangkap 10 Pekerja Asing Ilegal

Oleh : Irvan AF | Kamis, 19 Januari 2017 - 19:19 WIB

Ilustrasi pekerja ilegal asal China. (Foto: IST)
Ilustrasi pekerja ilegal asal China. (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id, Palembang - Kantor Imigrasi Klas I Palembang menangkap 10 warga negara asing ilegal dalam operasi penertiban di sebuah pembangkit listrik tenaga uap (PLTU), Banyung Lincir, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

Kepala Imigrasi Klas I Palembang Budiono Setiawan di Palembang, Kamis, mengatakan, penangkapan WNA yang terdiri atas sembilan orang asal Tiongkok dan satu orang asal India pada Rabu (18/1/2017) siang setelah mendalami informasi dari masyarakat.

"Dari sepuluh orang itu diketahui tiga orang sudah 'overstay' (melebihi waktu tinggal), satu orang memakai visa kunjungan dan lima orang memakai visa wisata dan satu orang WNA asal India menggunakan kitas untuk wilayah kerja Jambi, tapi malah bekerja di Banyung Lincir," ujar Budiono seperti dilansir Antara, Kamis (19/1/2017).

Ia mengatakan saat dilakukan penangkapan, ke-10 WNA ini sedang beristirahat dalam sebuah ruangan teknisi.

Mengenai apakah ada keterlibatan perusahaaan untuk mendatangkan tenaga asing ilegal ini yakni PT Bumi Persada, Budiono enggan memastikan karena saat ini masih dalam penyelidikan.

"Yang jelas pihak perusahaan juga akan dipanggil. Perlu diketahui bahwa perusahaan memberikan pekerjaan ke kontraktor dan kontraktor memberikan pekerjaan ke sub kontraktornya untuk mencarikan tenaga kerja. Bisa jadi perusahaan tidak tahu, tapi memang benar bahwa perusahaan ini merupakan perusahaan asal Tiongkok," kata dia.

Ia mengatakan sejauh ini Imigrasi Klas I Palembang gencar menertibkan WNA asing menyusul maraknya tenaga kerja asing yang masuk ke Indonesia untuk mengerjakan sejumlah pekerjaan buruh.

Pada 2016, Imigrasi Palembang telah mengamankan 33 orang WNA yang berasal Tiongkok, Myanmar, Malaysia, dan Banglades.(ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mobil listrik

Sabtu, 18 Mei 2024 - 17:57 WIB

Strategi Marketing Dalam Penjualan Kendaraan Listrik atau EV

Dunia transportasi tengah mengalami transformasi besar dengan kemunculan kendaraan listrik (EV) sebagai pemain utama. Hal ini menandakan pergeseran menuju era baru dalam mobilitas manusia, di…

Prescon HI Drone Dragrace 2 di PIK 2

Sabtu, 18 Mei 2024 - 16:27 WIB

HOGERS Indonesia Gelar Balapan Motor Besar Harley Davidson

HOGERS Indonesia menggelar lomba balapan dan ketangkasan motor Harley terbesar di Indonesia. Event berskala Nasional buatan HOGERS Indonesia Drag Race of National Event 2 (HIDRONE2) ini dilaksanakan…

Implementasi IoT untuk pertanian

Sabtu, 18 Mei 2024 - 15:02 WIB

Jadi Mitra Kemkominfo, MSMB Implementasi Sistem Pintar Berbasis IoT untuk 7 Green House di Temanggung

PT Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB), start up agritech dari Sleman, Yogyakarta, baru-baru ini menjadi mitra layanan implementasi teknologi berbasis IoT (Internet of Things) Kementerian…

Direktur Utama Telkomsat, Lukman Hakim Abd. Rauf

Sabtu, 18 Mei 2024 - 14:37 WIB

Telkomsat dan Starlink Tandatangani Kerja Sama Layanan Segmen Enterprise di Indonesia

Telkomsat dan Starlink melakukan Penandatanganan Kerja Sama (PKS) untuk layanan segmen enterprise berbagai wilayah di Indonesia.

SUPER AIR JET Buka Rute Baru

Sabtu, 18 Mei 2024 - 13:39 WIB

Dukung IKN, SUPER AIR JET Buka Rute Baru!

SUPER AIR JET mulai 6 Juni 2024 perkenalkan penerbangan non-stop pertama dari Bandar Udara Dhoho, Kediri, Jawa Timur ke Bandar Udara Internasional SAMS Sepinggan Balikpapan, Kalimantan Timur,…