Smesco Luncurkan Konsep Penataan Baru Paviliun Provinsi

Oleh : Ahmad Fadli | Sabtu, 31 Maret 2018 - 15:25 WIB

Ketua Umum Dekranas Hj Mufidah Jusuf Kalla pada acara relaunching Produk Unggulan Provinsi di Smesco Indonesia yang ditandai dengan event Smesco Minang Festival, di Jakarta, Sabtu (31/4).
Ketua Umum Dekranas Hj Mufidah Jusuf Kalla pada acara relaunching Produk Unggulan Provinsi di Smesco Indonesia yang ditandai dengan event Smesco Minang Festival, di Jakarta, Sabtu (31/4).

INDUSTRY.co.id, Jakarta -  Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (LLP-KUKM) pengelola Gedung Smesco Indonesia meluncurkan konsep dan penataan baru Paviliun Provinsi yang mengajikan produk-produk unggulan dari berbagai provinsi di Indonesia.

"Gedung Smesco harus menjadi referensi bagi turis asing untuk mendapatkan souvenir asli Indonesia," kata Ketua Umum Dekranas Hj Mufidah Jusuf Kalla pada acara relaunching Produk Unggulan Provinsi di Smesco Indonesia yang ditandai dengan event Smesco Minang Festival, di Jakarta, Sabtu (31/4).

Mufidah berpesan agar produk yang ada di Smesco Indonesia harus mempunyai karakter kuat dan unggul dari daerah masing-masing yang berbasis pada kreativitas dan inovasi putra-putri bangsa."Jadi, harus ada kurasi produk yang baik agar terjaga kualitasnya. Saya ingin agar Gedung Smesco dimanfaatkan oleh daerah di seluruh Indonesia untuk mempromosikan produk unggulannya," kata Mufidah.

Sementara itu, Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga mengatakan, Gedung Smesco kini dikelola dengan konsep baru sebagai miniatur Indonesia dalam bidang kerajinan. "Terutama fesyen, mebeler, alas kaki, dan kuliner. Karena keempat produk ini yang mempunyai potensi besar untuk diekspor ke mancanegara," kata Puspayoga.

Menurut Menkop dan UKM, produk yang ada di Gedung Smesco terutama di Paviliun Provinsi merupakan produk-produk unggulan karya anak bangsa sehingga siapapun yang ingin mendapatkan produk terbaik dari berbagai provinsi. "Kami juga mengajak para kepala daerah untuk memanfaatkan Gedung Smesco sebagai sarana promosi," kata Puspayoga.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan bahwa peluncurkan Paviliun Provinsi dengan menggunakan tema Minang Festival diharapkan bisa menjadi ajang untuk mempromosikan produk dari provinsinya secara lebih luas.

Dalam acara itu, Minang menjadi tema utama yang rencananya akan diikuti oleh daerah lain dalam festival Smesco berikutnya. "Banyak produk di daerah kami tidak terbeli karena belum banyak dikenal publik. Kami berharap dengan adanya Smesco produk-produk unggulan daerah kami bisa terpromosikan pada publik yang lebih luas," kata Irwan seraya mengajak gubernur daerah lain untuk memanfaatkan Smesco sebagai sarana mempromosi produk unggulan daerah.

Sedangkan Direktur Utama LLP-KUKM Emilia Suhaimi mengatakan, revitalisasi Paviliun Provinsi akan menampilkan wajah baru Produk Unggulan Provinsi sekaligus citra baru terhadap identitas daerah dengan menampilkan "local heritage" dan produk unik. "Revitalisasi Paviliun Propinsi yang berlangsung sejak Januari 2018 merupakan langkah strategis yang dilakukan LLP-KUKM untuk mengintegrasikan semua potensi yang ada agar Smesco Indonesia menjadi icon baru atau citra baru dalam pencapaian pengembangan dan pemasaran produk-produk unggulan Koperasi dan UKM", jelas Emilia.

Revitalisasi dimaksudkan untuk menghasilkan Smesco Indonesia yang tampil beda, berdaya saing, dan mampu menghasilkan "values" bagi pengunjung. "Sebagai citra baru Smesco Indonesia akan menjadi referensi terbaik untuk mencari dan mendapatkan produk lokal produksi KUKM Indonesia", pungkas Emilia.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT JIEP Segera Hadirkan Salah Satu Masjid Terbesar di Jakarta Timur

Sabtu, 04 Mei 2024 - 04:17 WIB

PT JIEP Segera Hadirkan Salah Satu Masjid Terbesar di Jakarta Timur

PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) menggelar seremoni peletakan batu pertama (groundbreaking) Pembangunan Masjid JIEP Jayakarta yang akan menjadi salah satu Masjid terbesar di Jakarta…

Moshiro Hadir di BeautyFest Asia di Lima Kota

Sabtu, 04 Mei 2024 - 04:06 WIB

Moshiro Hadir di BeautyFest Asia di Lima Kota

Festival kecantikan terbesar di Asia Tenggara, BeautyFest Asia 2024. Tahun ini, BeautyFest Asia siap memukau para penggemar kecantikan di lima kota! Acara perdana dimulai di hotel bergengsi…

Tim Bank Mandiri Singapura

Jumat, 03 Mei 2024 - 20:48 WIB

BMSG Lanjutkan Komitmen Keberlanjutan Bank Mandiri di Mancanegara

Bank Mandiri Singapura (BMSG) baru-baru ini menyelenggarakan acara bertajuk “BMSG on Preference“ mengusung tema “Elevating ESG Impact,“ acara perdana ini bertujuan meningkatkan kesadaran,…

Stok Beras di Pasar Induk Beras Cipinang Dipastikan Aman Memasuki Panen Raya 2024

Jumat, 03 Mei 2024 - 20:36 WIB

Alhamdulilah! Stok Beras di Pasar Induk Beras Cipinang Dipastikan Aman

Jakarta - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi DKI Jakarta, PT Food Station Tjipinang Jaya (Perseroda) memastikan stok beras di Jakarta dinyatakan aman memasuki panen raya.

(kiri ke kanan) Direktur Network & IT Solution Herlan Wijanarko, Direktur Wholesale & International Service Bogi Witjaksono, Direktur Strategic Portfolio Budi Setyawan Wijaya, Direktur Digital Busines Muhamad Fajrin Rasyid, Direktur Utama Ririek Adriansyah, Direktur Keuangan & Manajemen Risiko Heri Supriadi, Direktur Human Capital Management Afriwandi, Direktur Group Business Development Honesti Basyir, dan Direktur Enterprise & Business Service FM Venusiana R

Jumat, 03 Mei 2024 - 20:12 WIB

Telkom Bagikan Dividen Rp17,68 Triliun atau Tumbuh 6,5% YoY

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk telah menyelesaikan Rapat Umum Pemegang Saham Tahun Buku 2023 di Jakarta pada Jumat (3/5). Rapat menyetujui pembagian dividen tunai sebesar Rp17,68 triliun…