Rupiah Melemah ke Posisi Rp15.363

Oleh : Irvan AF | Kamis, 19 Januari 2017 - 16:55 WIB

Ilustrasi uang Rupiah. (Bay Ismoyo/AFP)
Ilustrasi uang Rupiah. (Bay Ismoyo/AFP)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antar bank di Jakarta pada Kamis (19/1/2017) sore, bergerak melemah sebesar 16 poin menjadi Rp13.363, dibandingkan sebelumnya di posisi Rp13.347 per dolar AS.

"Dolar AS mendapatkan momentum penguatan terhadap mata uang utama dunia menyusul Ketua The Fed Janet Yellen yang menyarankan kenaikan suku bunga AS dapat lebih cepat," kata Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra di Jakarta.

Ia menambahkan bahwa munculnya ekspektasi data-data ekonomi Amerika Serikat yang akan dirilis lebih baik turut menopang mata uang Amerika Serikat itu.

Kendati demikian, lanjut dia, penguatan dolar AS relatif masih terbatas menyusul sebagian pelaku pasar masih menunggu kepastian kebijakan pemerintah Amerika Serikat menyusul akan dilantiknya Presiden AS terpilih Donald Trump pada 20 Januari 2017 waktu setempat.

Di sisi lain, lanjut dia, pergerakan harga minyak mentah dunia yang masih berada dalam tren penguatan membatasi permintaan dolar AS. Terpantau harga minyak jenis WTI Crude menguat 1,10 persen menjadi 51,64 dolar AS per barel, dan Brent Crude naik 1,11 persen menjadi 54,52 dolar AS per barel.

Ekonom Samuel Sekuritas Rangga Cipta menambahkan bahwa pelaku pasar uang cenderung menahan transaksinya menyusul penantian hasil rapat dewan gubernur Bank Indonesia (RDG BI) yang sedianya akan dirilis pada hari ini (19/1) mengenai suku bunga acuan (BI 7-Day Repo Rate).

"Hasil RDG BI itu penting ditunggu di tengah situasi global serta prospek inflasi domestik ke depannya," katanya.

Sementara itu, dalam kurs tengah Bank Indonesia (BI) pada Kamis ini mencatat nilai tukar rupiah bergerak melemah menjadi Rp13.376 dibandingkan Rabu (18/1) Rp13.328.(ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

103 Warga Korban Banjir dan Tanah Longsor dari Tiga Desa Terisolir Berhasil di Evakuasi

Rabu, 08 Mei 2024 - 04:18 WIB

103 Warga Korban Banjir dan Tanah Longsor dari Tiga Desa Terisolir Berhasil di Evakuasi

Sebanyak 103 orang yang terdiri lansia, anak-anak dan warga yang sakit berhasil di evakuasi dari tiga Desa terisolir seperti Desa Rante Balla, Desa Pajang dan Desa Tibusan Kecamatan Latimojong,…

Panglima TNI Hadiri Undangan Pelayaran Wisata Kehormatan (Barge Tour) Komandan USINDOPACOM.

Rabu, 08 Mei 2024 - 04:13 WIB

Panglima TNI Hadiri Undangan Pelayaran Wisata Kehormatan (Barge Tour) Komandan USINDOPACOM.

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto berkesempatan memenuhi undangan pelayaran wisata kehormatan (Barge Tour) yang diselenggarakan oleh Komandan USINDOPACOM Admiral Samuel J Paparo,

Stasiun Bakamla Bali Berikan Pembinaan Rapala (foto Humas Bakamla RI)

Rabu, 08 Mei 2024 - 04:07 WIB

Stasiun Bakamla Bali Berikan Pembinaan Rapala

epala Zona Bakamla Tengah Laksma Bakamla Octavianus Budi Susanto, S.H., M.Si., M.Tr.Opsla., secara resmi membuka kegiatan Pembinaan 30 orang Relawan Penjaga Laut Nusantara (Rapala) Bakamla RI…

dr. Beatrix Isabella Tjahyana Dipl.AAAM, Founder & CEO BeArt Korean Skin Clinic menjelaskan perkembangan teknologi laser untuk perawatan kecantikan di Indonesia.

Selasa, 07 Mei 2024 - 23:43 WIB

Perawatan Kecantikan Dengan Laser, BeArt Korean Skin Clinic Hadirkan Metode Terbaru Dari Amerika

Salah satu jenis perawatan dengan metode laser yang menjadi populer dan diterapkan klinik BeArt yaitu dengan menggunakan mesin face lifting dari Amerika.

Pelatihan Membaca Nyaring di hadapan pustakawan, guru sekolah dan orang tua di Sumatera Utara

Selasa, 07 Mei 2024 - 22:58 WIB

Pentingnya Teknik Membaca Nyaring Pada Anak Sejak Dini

Anak yang sering dibacakan nyaring dan diajak berbicara oleh ibu bapaknya secara tidak langsung membantu stimulasi kemampuan kognitifnya berkembang lewat suara.