Ketua OJK Apresiasi Jawara Financial Award 2018

Oleh : Wiyanto | Jumat, 30 Maret 2018 - 06:27 WIB

Wimboh Santoso
Wimboh Santoso

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Otoritas Jasa Keuangan (OJK)  mengapresiasi Warta Ekonomi yang telah menginisiasi adanya penghargaan terhadap sejumlah perusahaan jasa keuangan. Apresiasi kepada perusahaan-perusahaan di sektor jasa keuangan menjadi salah satu langkah untuk mendukung pertumbuhan industri perbankan, asuransi, dan pembiayaan agar berkembang lebih massive.

“Saya mengapresiasi Warta Ekonomi yang menyelenggarakan penghargaan kepada  jawara financial,” kata Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso di Jakarta, Kamis (29/3/2018) malam.

Sektor jasa keuangan menjadi salah satu sektor yang sangat berpengaruh terhadap perekonomian Indonesia. Tidak hanya sebagai penyedia dana bagi kegiatan produksi atau pun konsumsi, sektor jasa keuangan juga menjadi media bagi penyimpanan kekayaan masyarakat. Dengan perannya yang dominan di tengah maraknya inovasi produk keuangan, kinerja sektor ini akan turut menentukan naik turunnya kegiatan ekonomi di Indonesia.

Industri perbankan, asuransi, maupun pembiayaan diprediksi memiliki pertumbuhan yang positif di tahun 2018. Maraknya inovasi baru yang didorong perkembangan teknologi yang pesat dan diikuti oleh perubahan perilaku konsumen membuat persaingan di industri keuangan semakin ketat. Inovasi dalam produk dan jasa yang mampu menarik hati dan sesuai dengan kebutuhan konsumen menjadi kata kunci dalam mempertahankan konsumen yang ada serta menggaet konsumen baru.

“Patut dipertimbangkan. Ini adalah produk jasa keuangan yang bermanfaat baik service, harga murah, transparan. Disamping itu masyarakat dilindugi, maka dipertimbangan mana yang dapat award oleh Warta Ekonomi,” katanya.

Warta Ekonomi Jawara Finansial Award 2018 adalah suatu penghargaan yang diberikan Warta Ekonomi sebagai bentuk apresiasi kepada produk-produk perusahaan finansial terbaik di Indonesia. Produk terbaik adalah produk yang memiliki keunggulan sehingga menjadi pilihan utama para konsumennya. Ada 46 perusahaan jasa keuangan yang mendapatkan  pemenang Warta Ekonomi Jawara Finansial Award 2018

Dalam menentukan Jawara Finansial, Warta Ekonomi melakukan serangkaian kegiatan riset melalui survey kepada pengguna produk finansial di Indonesia. Konsep yang digunakan adalah melalui pendekatan brand equity. Warta Ekonomi bekerja sama dengan Jakpat, sebuah perusahaan riset dengan platform mobile online di Indonesia. Survei dilakukan kepada konsumen bank, asuransi, dan multifinance dalam panel responden Jakpat menggunakan aplikasi mobile dengan jumlah kumulatif responden sebanyak 6.000 responden yang tersebar di seluruh Indonesia.

Indikator-indikator utama yang menjadi penilaian Warta Ekonomi dalam pemilihan jawara finansial 2018 adalah:

  • Awarness Produk Finansial: pengenalan konsumen terhadap merek produk finansial. Kami mengukur bagaimana merek suatu produk finansial dikenali oleh konsumen pengguna produk finansial secara keseluruhan.
  • Brand Used Most Often: untuk mengetahui produk apa saja yang sering digunakan oleh konsumen produk finansial. Indikator ini digunakan untuk mengetahui penggunaan dan pola perilaku konsumen dalam mengonsumsi atau menggunakan suatu produk finansial.
  • Brand Satisfaction: penilaian kepuasan konsumen kepada sebuah brand produk finansial yang menggambarkan puas tidaknya konsumen terhadap produk yang mereka gunakan.
  • Net Promoter Score (NPS): mengetahui seberapa besar kemungkinan konsumen produk keuangan merekomendasikan merek dan produk finansial yang mereka gunakan kepada relasi mereka.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Properti

Kamis, 02 Mei 2024 - 21:55 WIB

Peringatan Hari Kartini: Srikandi BUMN Gelar Edukasi Terkait Investasi Properti

Jakarta-Dalam rangka memperingati Hari Kartini Srikandi BUMN Indonesia menyelenggarakan webinar bertajuk “Smart Investment 2024 Year of The Dragon”. Acara yang digelar secara daring, akhir…

Kick Off Toyota Eco Youth (TEY) ke-13

Kamis, 02 Mei 2024 - 20:15 WIB

Toyota Eco Youth Kembali Digelar Ajak Generasi Muda Berperan Nyata Jaga Bumi

Toyota Indonesia secara resmi menggelar Kick off Toyota Eco Youth (TEY) ke-13 dengan mengusung tema "EcoActivism, Saatnya Beraksi Jaga Bumi”.

IKN Project Shipment and Conference

Kamis, 02 Mei 2024 - 20:09 WIB

Dari Istana Negara Hingga Kantor Presiden, MJEE Pasok Lift dan Eskalator di Sejumlah Gedung Utama IKN

Jika sebelumnya pada 26 Februari 2024 principal MJEE yaitu Mitsubishi Electric Building Solutions Corporation (MEBS) di Tokyo mengumumkan bahwa MJEE telah berasil mendapatkan pesanan untuk 55…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 02 Mei 2024 - 19:40 WIB

Menperin Agus: Industri Manufaktur RI Sehat & Solid, Ekspansif 32 Bulan Berturut-turut

Fase ekspansi yang dicatat oleh industri manufaktur tanah air masih berlanjut sehingga memperpanjang periode selama 32 bulan berturut-turut. Ini berdasarkan laporan S&P Global, yang menunjukkan…

RS Royal Progress Sunter memiliki jajaran dokter spesialis vaskular dan endovaskular handal serta dukungan teknologi medis terkini yang dapat membantu menangani permasalahan varises.

Kamis, 02 Mei 2024 - 19:35 WIB

RS Royal Progress Sunter Hadirkan Metode Penanganan Varises Laser Tanpa Bedah

Memiliki jajaran dokter spesialis vaskular dan endovaskular handal, RS Royal Progress Sunter hadirkan EVLA, metode penanganan varises lewat laser, tanpa bedah dan minim sayatan.