Angka Kebahagiaan Warga Indonesia Turun, United in Diversity dan Project Semesta Bakal Gelar Happiness Festival

Oleh : Dina Astria | Rabu, 28 Maret 2018 - 15:45 WIB

Chef Burgreens Max Mandias, Cofounder Kitabisa.com dan Mari Elka Pangestu, President United in Diversity pada jumpa pers Happiness Festival. (Dina Astria/Industry.co.id)
Chef Burgreens Max Mandias, Cofounder Kitabisa.com dan Mari Elka Pangestu, President United in Diversity pada jumpa pers Happiness Festival. (Dina Astria/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Laporan tahunan PBB dalam aksi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) yang bertajuk 'World Happiness Report' pada tahun 2018, Indonesia menduduki peringkat ke-96, yang turun sebanyak 15 peringkat pada tahun 2017 lalu.

Variabel yang digunakan untuk mengukur kebahagiaan dan kesejahteraan suatu negara adalah PDB per kapita, angka harapan hidup, bantuan sosial, kebebasan sosial, persepsi korupsi dan kemurahan hati. Hal itu tentunya tergantung kepada sistem pemerintahan dan masyarakat.

Indonesia merupakan negara dengan rasa gotong royong yang besar. Untuk memberi selebrasi rasa gotong royong, dinaungu oleh Bappenas dan UN SDSN, serta berkolaborasi dengan Project Semester dan United in Diversity (UID) akan menyelenggarakan festival perayaan gerakan kebahagiaan globak yang menggabungkan unsur sosial, ekologi, dan spiritual peryama di Indonesia bertajuk 'Happiness Festival'.

UID mengajak setiap individu, sektor bisnis dan pemerintah untuk mengenal lebih dalam Sustainable Development Goals (SDGs) atau (TPB). Nantinya Happiness Festival akan digelar di Taman Menteng, Jakarta pada Sabtu, 31 Maret dan Minggu, 1 April 2018.

"Dukungan dari Bappenas dan UN SDSN terhadap Happines Festival menunjukkan bahwa pemerintah sejalan dengan PBB dalam menilai kemajuan suatu negara berdasarkan tingkat kebahagiaan dan kesejahteraan warganya, tidak hanya meningkatkan ekonomi semata," jelas Mati Elka Pangestu, President of United in Diversity saat jumpa pers di Graha Ganesha, Jakarta pada pagi tadi (27/3/2018).

Mari Elka juga menambahkan, tujuan dari Happiness Festival ini untuk merangkul semua elemen masyarakat untuk ikut dalam gerakan kebahagiaan global dan mewujudkan TPB.
Berdasarkan Kebahagiaan Piramida SDG mengelompokkan TPB menjadi 3 komponen penting, yakni langkah untuk mencapai harmoni anyara sesama manusia, ekologi dan kerohanian.

"Kebahagiaan Piramida SDG adalab DNA dari Happiness Festival, agar TPB dapat terwujud dibutuhkan gotong royong dari semua pihak, masyarakat, pihak pemerintah dan pelaku bisnis, dan orang-orang seperti kita," tambahnya lagi.

Generasi muda di Indonesia yang berusia 15-30 tahun adalah nyawa dari gerakan TPB ini, karena lebih dari 25% populasi Indonesia adalah generasi muda.

"Festival kebahagiaan yang pertama digelar di Indonesia ini juga telah melihat para generasi muda adalah pemimpin, pewaris dan merupakan agen perubahan untuk mewujudkan TPB dan harmoni antara sesama manysia, ekologi dan kerohanian," tutup Mari.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua Umum INKOWAPI, Sharmila Yahya

Minggu, 28 April 2024 - 20:03 WIB

INKOWAPI Siap Dukung Percepatan Pelaksanaan Program Makan Siang & Susu Gratis

Induk Koperasi Pengusaha Wanita Indonesia (INKOWAPI) mendukung percepatan pelaksanaan program makan siang dan susu gratis yang digagas Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2024-2029.

Baliho Dico Ganinduto

Minggu, 28 April 2024 - 18:54 WIB

Viral Baliho Dico Ganinduto Gubernur Jateng, Ini Kata Pakar

Sejumlah wilayah di Jawa Tengah 'dibanjiri' baliho hingga billboard yang menampilkan foto Bupati Kendal Dico Ganinduto. Hal tersebut membuat menarik perhatian seluruh masyarakat Jateng hingga…

Dukungan Lingkungan Penting bagi Produksi Gula, PT PG Rajawali II Gencarkan Kemitraan Tebu dan Salurkan Bantuan Fasilitas Umum bagi Desa Penyangga

Minggu, 28 April 2024 - 16:16 WIB

Dukungan Lingkungan Penting bagi Produksi Gula, PG Rajawali II Gencarkan Kemitraan Tebu dan Salurkan Bantuan Fasilitas Umum bagi Desa Penyangga

Indramayu – Upaya mendorong produktivitas gula perlu mendapat dukungan kolektif berbagai pihak, salah satunya dari masyarakat desa penyangga di sekitar perkebunan tebu dan pabrik gula. Pemberdayaan…

Pelita Air

Minggu, 28 April 2024 - 15:28 WIB

Pelita Air Tambah Rute Baru Penerbangan Langsung Jakarta-Kendari-Jakarta

Pelita Air (kode penerbangan IP), membuka rute penerbangan baru Jakarta-Kendari-Jakarta (langsung) dengan melakukan penerbangan perdana dari Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta Jakarta (CGK) ke…

Pegadaian Berangkatkan Peserta Program Umrah Akbar

Minggu, 28 April 2024 - 14:54 WIB

Pegadaian Berangkatkan Peserta Program Umrah Akbar

PT Pegadaian memberangkatkan peserta program Umrah Akbar dari beberapa wilayah di Indonesia pada 22, 23 dan 24 April 2024. Khusus untuk Jakarta, para peserta berangkat melalui Bandara Soekarno…