Prioritaskan Bauran EBT, RUED Ditargetkan Rampung Juni 2018

Oleh : Hariyanto | Rabu, 28 Maret 2018 - 11:48 WIB

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT) di setiap daerah terus menjadi penekanan utama dalam penyusunan Rencana Umum Energi Daerah (RUED) Provinsi yang ditergetkan rampung pada Juni 2018. Demikian kesimpulan utama Sidang Dewan Energi Nasional (DEN) Ke-25 yang berlangsung di Jakarta, Selasa (27/3/2018).

"Karena RUED adalah jabaran dari RUEN (Rencana Umum Energi Nasional) dan RUEN adalah jabaran dari KEN (Kebijakan Energi Nasional). Tujuan yang paling pokok adalah untuk (mencapai bauran) 23 persen di tahun 2025, yaitu Energi Baru Terbarukan dan ini yang ditekankan oleh Ketua Harian DEN, Pak Menteri ESDM," ujar anggota DEN Dwi Hary S, Selasa (27/3/2018).

Demi mempercepat proses tersebut, Pemerintah Pusat telah melakukan pembinaan dalam penyusunan RUED-Provinsi (RUED-P). Hasilnya, semua provinsi telah melakukan pengumpulan data dan pemodelan RUED. "Kami sangat senang dengan hasil sidang ini karena semua provinsi sangat mendukung dengan penyelesaian RUED," kata Pudji Untoro selaku anggota DEN.

Pudji merinci terdapat 22 provinsi yang sudah menyelesaikan penyusunan matriks program dan 12 provinsi sedang dalam tahap penyelesaian. Untuk penyusunan narasi RUED, sebanyak 6 provinsi telah menyelesaikan dan 28 provinsi sedang dalam tahap penyusunan.

Pada tahapan draft rancangan peraturan daerah (Raperda), DEN menyebutkan provinsi Bengkulu, Kalimantan Utara dan Nusa Tenggara Timur sedang dalam penyusunan. Sedangkan, 3 provinsi lainnya, seperti Jawa Tengah, DKI Jakarta dan Nusa Tenggara Barat telah merampungkan penyusunan draft Raperda RUED.

Keberadaan RUED-P, akan dijadikan pedoman utama bagi Pemerintah Daerah dalam pengelolaan energi di daerah pada masa mendatang. "Dalam RUED ini mengandung target atau sasaran yang dicapai oleh daerah dalam menjamin kecukupan atau ketahanan energi ke depan," jelas Sekretaris Jenderal DEN, Saleh Abdurrahman.

Keselaran pokok-pokok isi dengan mengacu pada KEN dan RUEN menjadi titik tekan dalam penyelesaiaan penyusunan RUED tersebut. "Ini yang menjadi perhatian Bapak Menteri (ESDM), ketua harian DEN agar penyusunan RUED itu selesai tepat waktu dan betul-betul sejalan dengan target dan sasaran RUEN," tambah Saleh.

DEN menargetkan seluruh penyelesaian RUED-P akan tercapai pada bulan Juni tahun ini. "Kami targetkan Juni selesai, untuk siap masuk ke peraturan daerah," tegas Pudji.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Chief Business Network Management Officer WOM Finance, Antonius Lijadi (kiri), ketika memberikan bantuan kepada pengurus Masjid Al Ikhlash di Sumur Batu, Jakarta Pusat, Jumat (17/05/2019).

Senin, 20 Mei 2019 - 04:30 WIB

Sambut Bulan Suci Ramadhan 1440 H, WOM Finance Berbagi Kebaikan

PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOMF), atau WOM Finance, menunjukkan kepeduliannya saat Ramadhan dengan menggelar kegiatan buka bersama dan bakti sosial di 22 masjid di seluruh Indonesia.…

Raja Ampat Papua Barat (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 21:00 WIB

Pemkab Raja Ampat Dukung Pengelolaan Destinasi Terapkan Prinsip Pariwisata Berkelanjutan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Raja Ampat, Provinsi Papua Barat mendorong dua kampung wisata meraih penghargaan "Indonesia Sustainable Tourism Award" atau Pengelolaan destinasi mererapkan prinsip-prisip…

Pantai Air Manis Padang (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 18:00 WIB

Icon Kota Padang, Pantai Air Manis Terus Percantik Diri

Pemerintah Kota Padang bersama Pemerintah Pusat mengucurkan anggaran sebesar Rp16 miliar untuk membenahi objek wisata Pantai Air Manis Padang yang kerap dikenal dengan legenda Malin Kundang.

Ilustrasi Biodiesel 20 Persen (B20)

Minggu, 19 Mei 2019 - 16:30 WIB

Tekan Impor Migas, Kemenperin Bakal Dongkrak Produksi Green Fuel

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah berusaha mendongkrak kontribusi industri nonmigas dengan mendorong produksi bahan bakar yang masih ketergantungan pada impor, di antaranya memproduksi…

Ilustrasi Ekspor (ist)

Minggu, 19 Mei 2019 - 15:40 WIB

Ekspor Produk Manufaktur Masih Tertinggi

Industri pengolahan nonmigas konsisten memberikan kontribusi paling besar terhadap nilai ekspor nasional.