Prioritaskan Bauran EBT, RUED Ditargetkan Rampung Juni 2018

Oleh : Hariyanto | Rabu, 28 Maret 2018 - 11:48 WIB

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT) di setiap daerah terus menjadi penekanan utama dalam penyusunan Rencana Umum Energi Daerah (RUED) Provinsi yang ditergetkan rampung pada Juni 2018. Demikian kesimpulan utama Sidang Dewan Energi Nasional (DEN) Ke-25 yang berlangsung di Jakarta, Selasa (27/3/2018).

"Karena RUED adalah jabaran dari RUEN (Rencana Umum Energi Nasional) dan RUEN adalah jabaran dari KEN (Kebijakan Energi Nasional). Tujuan yang paling pokok adalah untuk (mencapai bauran) 23 persen di tahun 2025, yaitu Energi Baru Terbarukan dan ini yang ditekankan oleh Ketua Harian DEN, Pak Menteri ESDM," ujar anggota DEN Dwi Hary S, Selasa (27/3/2018).

Demi mempercepat proses tersebut, Pemerintah Pusat telah melakukan pembinaan dalam penyusunan RUED-Provinsi (RUED-P). Hasilnya, semua provinsi telah melakukan pengumpulan data dan pemodelan RUED. "Kami sangat senang dengan hasil sidang ini karena semua provinsi sangat mendukung dengan penyelesaian RUED," kata Pudji Untoro selaku anggota DEN.

Pudji merinci terdapat 22 provinsi yang sudah menyelesaikan penyusunan matriks program dan 12 provinsi sedang dalam tahap penyelesaian. Untuk penyusunan narasi RUED, sebanyak 6 provinsi telah menyelesaikan dan 28 provinsi sedang dalam tahap penyusunan.

Pada tahapan draft rancangan peraturan daerah (Raperda), DEN menyebutkan provinsi Bengkulu, Kalimantan Utara dan Nusa Tenggara Timur sedang dalam penyusunan. Sedangkan, 3 provinsi lainnya, seperti Jawa Tengah, DKI Jakarta dan Nusa Tenggara Barat telah merampungkan penyusunan draft Raperda RUED.

Keberadaan RUED-P, akan dijadikan pedoman utama bagi Pemerintah Daerah dalam pengelolaan energi di daerah pada masa mendatang. "Dalam RUED ini mengandung target atau sasaran yang dicapai oleh daerah dalam menjamin kecukupan atau ketahanan energi ke depan," jelas Sekretaris Jenderal DEN, Saleh Abdurrahman.

Keselaran pokok-pokok isi dengan mengacu pada KEN dan RUEN menjadi titik tekan dalam penyelesaiaan penyusunan RUED tersebut. "Ini yang menjadi perhatian Bapak Menteri (ESDM), ketua harian DEN agar penyusunan RUED itu selesai tepat waktu dan betul-betul sejalan dengan target dan sasaran RUEN," tambah Saleh.

DEN menargetkan seluruh penyelesaian RUED-P akan tercapai pada bulan Juni tahun ini. "Kami targetkan Juni selesai, untuk siap masuk ke peraturan daerah," tegas Pudji.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Korps Marinir Cilandak Jalin Silaturahmi Bersama Ketua PG Kormar Etta Suhartomo

Minggu, 31 Mei 2020 - 04:00 WIB

Korps Marinir Cilandak Jalin Silaturahmi Bersama Ketua PG Kormar Etta Suhartomo

Ketua Gabungan Jalasenastri Korps Marinir Etta Suhartono didampingi Wakil Ketua Gabungan Jalasenastri Korps Marinir Ayu Nur Alamsyah jalin silaturahmi dengan seluruh ketua Jalasenastri dijajaran…

FBI Serius Penyelidikan Peran Polisi Terkait Kasus Minneapolis AS (Foto Dok Voanews)

Minggu, 31 Mei 2020 - 03:35 WIB

FBI Serius Penyelidikan Peran Polisi Terkait Kasus Minneapolis AS

Kematian seorang pria keturunan Afrika-Amerika, Senin (25/5/2020 ) saat ditahan polisi di Minneapolis memicu penyelidikan prioritas tinggi oleh Departemen Kehakiman A.S.

RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran Ditinjau Kesiapannya Oleh I Laksda TNI I Nyoman Gede Ariawan

Minggu, 31 Mei 2020 - 03:30 WIB

RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran Ditinjau Kesiapannya Oleh I Laksda TNI I Nyoman Gede Ariawan

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksda TNI I Nyoman Gede Ariawan didampingi Kepala Staf (Kas) Kogabwilhan I Mayjen TNI Richard Tampubolon Wakil Asisten Intelijen…

Kampung Tangguh Semeru “Wani Jogo Suroboyo”Dikunjungi Pangkogabwilhan II Bersama Walikota Risma

Minggu, 31 Mei 2020 - 03:00 WIB

Kampung Tangguh Semeru “Wani Jogo Suroboyo”Dikunjungi Pangkogabwilhan II Bersama Walikota Risma

Di hari ke dua kunjungan kerjanya di Surabaya, Pangkogabwilhan II Marsda TNI Imran Baidirus, S.E. menemui Walikota Surabaya Tri Rismaharini di Balai Kota, Jumat (29/5/2020).

Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi Partai Golkar Puteri Anetta Komarudin

Sabtu, 30 Mei 2020 - 19:15 WIB

DPR Cantik Ini Minta Pemerintah Percepat Penyaluran Stimulus Sektor UMKM

Melalui Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang diatur dalam PP No. 23 Tahun 2020, Pemerintah telah mempersiapkan berbagai stimulus penyelamatan sektor UMKM terdampak COVID-19. Stimulus…