Prioritaskan Bauran EBT, RUED Ditargetkan Rampung Juni 2018

Oleh : Hariyanto | Rabu, 28 Maret 2018 - 11:48 WIB

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT) di setiap daerah terus menjadi penekanan utama dalam penyusunan Rencana Umum Energi Daerah (RUED) Provinsi yang ditergetkan rampung pada Juni 2018. Demikian kesimpulan utama Sidang Dewan Energi Nasional (DEN) Ke-25 yang berlangsung di Jakarta, Selasa (27/3/2018).

"Karena RUED adalah jabaran dari RUEN (Rencana Umum Energi Nasional) dan RUEN adalah jabaran dari KEN (Kebijakan Energi Nasional). Tujuan yang paling pokok adalah untuk (mencapai bauran) 23 persen di tahun 2025, yaitu Energi Baru Terbarukan dan ini yang ditekankan oleh Ketua Harian DEN, Pak Menteri ESDM," ujar anggota DEN Dwi Hary S, Selasa (27/3/2018).

Demi mempercepat proses tersebut, Pemerintah Pusat telah melakukan pembinaan dalam penyusunan RUED-Provinsi (RUED-P). Hasilnya, semua provinsi telah melakukan pengumpulan data dan pemodelan RUED. "Kami sangat senang dengan hasil sidang ini karena semua provinsi sangat mendukung dengan penyelesaian RUED," kata Pudji Untoro selaku anggota DEN.

Pudji merinci terdapat 22 provinsi yang sudah menyelesaikan penyusunan matriks program dan 12 provinsi sedang dalam tahap penyelesaian. Untuk penyusunan narasi RUED, sebanyak 6 provinsi telah menyelesaikan dan 28 provinsi sedang dalam tahap penyusunan.

Pada tahapan draft rancangan peraturan daerah (Raperda), DEN menyebutkan provinsi Bengkulu, Kalimantan Utara dan Nusa Tenggara Timur sedang dalam penyusunan. Sedangkan, 3 provinsi lainnya, seperti Jawa Tengah, DKI Jakarta dan Nusa Tenggara Barat telah merampungkan penyusunan draft Raperda RUED.

Keberadaan RUED-P, akan dijadikan pedoman utama bagi Pemerintah Daerah dalam pengelolaan energi di daerah pada masa mendatang. "Dalam RUED ini mengandung target atau sasaran yang dicapai oleh daerah dalam menjamin kecukupan atau ketahanan energi ke depan," jelas Sekretaris Jenderal DEN, Saleh Abdurrahman.

Keselaran pokok-pokok isi dengan mengacu pada KEN dan RUEN menjadi titik tekan dalam penyelesaiaan penyusunan RUED tersebut. "Ini yang menjadi perhatian Bapak Menteri (ESDM), ketua harian DEN agar penyusunan RUED itu selesai tepat waktu dan betul-betul sejalan dengan target dan sasaran RUEN," tambah Saleh.

DEN menargetkan seluruh penyelesaian RUED-P akan tercapai pada bulan Juni tahun ini. "Kami targetkan Juni selesai, untuk siap masuk ke peraturan daerah," tegas Pudji.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Chatuchak Weekend Market (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 April 2019 - 21:00 WIB

Penting Dicatat Para Shopaholic! Enam Destinasi Belanja di Seluruh Dunia

Ada banyak cara untuk mengangkat suasana hati seseorang, namun terapi ritel tidak diragukan lagi merupakan pilihan populer di antara banyak orang Indonesia, terutama ketika mereka bepergian.

Menristekdikti Mohamad Nasir (Foto Dok Humas)

Jumat, 19 April 2019 - 19:00 WIB

Menristekdikti: Revolusi Industri 4.0 Perlu Peningkatan Pendidikan Vokasi

Di era Revolusi Industri 4.0 ini, mutu dan relevansi pendidikan tinggi vokasi terhadap industri perlu ditingkatkan, agar Indonesia dapat memenuhi kebutuhan tenaga profesional dalam industri…

Rumah Gadang Minang Sumatera Barat (Foto Ist)

Jumat, 19 April 2019 - 17:00 WIB

Industri Pariwisata, Andalan PAD Kabupaten Agam Sumbar

Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat menargetkan pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp140 juta dari tiga objek wisata milik pemerintah setempat selama 2019.

CK Fong Presiden Direktur Treasure Bay Bintan (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 April 2019 - 15:00 WIB

Setahun, Treasure Bay Bintan Dikunjungi 180 Ribu Wisatawan

Objek wisata Treasure Bay yang ada di kawasan wisata Lagoi, Bintan masih menjadi objek wisata unggulan di Pulau Bintan bahkan di Kepri. Pada 2018 saja, resort yang dibangun dilahan seluas 338…

Kota Baru Meikarta Cikarang (Ist)

Jumat, 19 April 2019 - 14:00 WIB

Solusi Hunian Baru, Meikarta Pasarkan Unit Baru Seharga Rp280 Juta

Meikarta, hunian yang berlokasi di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat kembali memasarkan unit barunya dengan harga mulai Rp280 juta sebagai solusi bagi masyarakat yang ingin mencari hunian…