Setelah Izin Amdal Rampung, SMGR akan Operasikan Pabrik Semen Rembang

Oleh : Abraham Sihombing | Kamis, 19 Januari 2017 - 09:30 WIB

PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) (indonesianindustry)
PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) (indonesianindustry)

INDUSTRY.co.id, Jakarta – PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) optimistis bakal dapat mengoperasikan pabrik semen baru di Rembang, Jawa Tengah, setelah manajemen perseroan menyelesaikan masalah izin analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) yang diperkirakan rampung pada awal Februari 2017.
 
“Kalau Amdal selesai, maka kami akan mengoperasikan pabrik di Rembang pada Februari mendatang,” ujar Rizkan Chandra, Direktur Utama SMGR, dalam sebuah acara kerjasama SMGR dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di Jakarta, Rabu (18/1/2017) petang.
 
Rizkan menuturkan, manajemen SMGR pada awal Februari mendatang akan menyelesaikan revisi izin lingkungan seperti yang diminta oleh Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah. “Revisi amdal kami saat ini sedang berlangsung dan kami perkirakan pada awal bulan depan bakal selesai,” imbuhnya.
 
Perbaikan izin Amdal itu terkait dengan permintaan Ganjar Pranowo agar Semen Indonesia menyempurnakan dokumen adendum Amdal dan revisi Rencana Pengelolaan Lingkungan dan Rencana Pemantauan Lingkungan yang didasari putusan Peninjauan Kembali (PK) Mahkamah Agung.
 
Selain itu, Ganjar juga memerintahkan agar Komisi Penilai Amdal Provinsi Jawa Tengah melakukan proses penilaian dokumen adendum Amdal dan RKL-RPL untuk memenuhi putusan PK Nomor 99 PK/TUN/2016 tertanggal 5 Oktober 2016.
 
Seperti diketahui, Ganjar Pranowo telah mencabut izin pembangunan dan pengoperasian pabrik SMGR di Rembang yang tertuang dalam SK Gubernur No. 660.1/4-2017 tertanggal 16 Januari 2017 tentang Pencabutan Keputusan Gubernur No. 660.1/30-2016 tentang Izin Lingkungan Kegiatan Penambangan Bahan Baku dan Pembangunan serta Pengoperasian Pabrik Semen Semen Indonesia.(iaf)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Blockchain

Kamis, 18 April 2019 - 17:10 WIB

Jelajahi Pasar Blockchain Indonesia, TTC Gandeng Tokocrypto dan Infonesia

Blockchain proyek dari Singapura, TTC Foundation resmi bekerjasama dengan Tokocrypto dan Infonesia sebagai bagian dari strategi memasuki pasar Indonesia. Melalui kerja sama ini, TTC Foundation…

Fujitsu Indonesia

Kamis, 18 April 2019 - 16:06 WIB

Tahun 2019, Fujitsu Indonesia Bidik Pertumbuhan Usaha Hingga Double Digit

PT Fujitsu Indonesia optimis penjulan di tahun 2019 akan tumbuh mencapai double digit. Pasalnya, segmen pasar yang disasar oleh perusahaan masih mempunyai peluang yang cukup besar di Indonesia.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat melihat salah satu AMMDes

Kamis, 18 April 2019 - 15:10 WIB

Sejak Diluncurkan Agustus 2018, AMMDes Raih Banyak Pujian

Pengembangan Alat Mekanik Multifungsi Pedesaan (AMMDes) diapresiasi banyak pihak karena mampu memberikan beragam manfaat bagi kebutuhan masyarakat desa. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah…

BNI Syariah. (Foto: IST)

Kamis, 18 April 2019 - 14:38 WIB

BNI Syariah Targetkan Pembukaan Rekening Online diakhir 2019

Jakarta - BNI Syariah menargetkan pembukaan rekening online di kuartal 4 2019. Pembukaan rekening online merupakan salah satu strategi yang dilakukan BNI Syariah untuk meningkatkan layanan di…

Mantan Napi Terorisme Sukses Kembangkan Koperasi di Pesantren-Pesantren

Kamis, 18 April 2019 - 14:11 WIB

Cerita Mantan Napi Terorisme Sukses Kembangkan Koperasi ke Pesantren-Pesantren

Koperasi Komunitas Mantan Narapidana teroris dan Gerakan Aktivis Radikal (Kontantragis) yang didirikan di Bandung pada 28 Oktober 2017 sukses memperluas pasar dengan produk unggulan kopi, sabun,…