Seluruh Petani Sawit Kobar Ditargetkan Bersertifikat 2019

Oleh : Hariyanto | Selasa, 27 Maret 2018 - 07:55 WIB

Lahan Kelapa Sawit (Ist)
Lahan Kelapa Sawit (Ist)

INDUSTRY.co.id - Pangkalan Bun- Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2019 menargetkan seluruh petani swadaya kelapa sawit harus sudah bersertifikasi Indonesian Sustainable Palm Oil System atau ISPO dan RSPO.

Sebagai upaya memenuhi target tersebut perlu dibentuk kelompok kerja sertifikasi kelapa sawit berbasis yurisdiksi, kata Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (DTPHP) Kabupaten Kobar Kamaludin, di Pangkalan Bun, Senin (26/3/2018)

"Pembentukan ini juga tindak lanjut dari kelompok kerja yang pernah dilaksanakan tahun 2017, serta surat keputusan Gubernur Kalteng nomor 188 44/435/2015. Tujuannya agar tercapainya proses sertifikasi berkelanjutan perkebunan kelapa sawit dapat dipercepat," tambahnya.

Hasil kerja kelompok kerja yang pernah dilakukan pada tahun 2017, ada sekitar 190 petani kelapa sawit dengan luas lahan kebun sekitar 340 hektare tergabung di KUD Tani Subur telah berhasil dilakukan sertifikasi ISPO dan RSPO.

Kamaludin mengatakan keberhasilan yang telah diraih KUD Tani Subur bukan hanya menguntungkan petani kelapa sawit, tapi juga membuat Kabupaten Kobar dalam hal sertifikasi RSPO menjadi terbaik kelima di Indonesia, dan bersertifikasi ISPO terbaik kedua.

"Kita patut bangga keberhasilan yang telah raih, sekalipun bukan pertama. Tapi setidaknya proses sertifikasi kita tercepat dari seluruh daerah yang telah mendapatkan sertifikasi. Daerah lain itu bisa sampai tiga tahun, kita hanya 1,5 tahun saja," kata Komaludin.

Pemkab Kobar di tahun 2018 hingga 2019 menargetkan kelompok kerja ISPO dan RSPO yang dintentuk harus mampu membuat sebanyak 400 petani kelapa sawit total dengan luasan mencapai 1.000 hektare ikut program sertifikasi.

Bupati Kobar Hj Nurhidayah seperti dilansir Antara menegaskan bahwa dirinya bersama seluruh Pemkab sangat mendukung program kerja pembentukan kelompok kerja ini. Dia berharap agar seluruh perusahaan kelapa sawit juga membantu dalam percepatan sertifikasi petani kepala sawit ini.

Dia mengatakan banyak keuntungan bagi petani kepala sawit yang telah bersertifikasi ISPO maupun RSPO, karena berdasarkan laporan Kepala DTPHP Kobar, sekarang ini baru sekitar 37 persen petani kelapa sawit memiliki sertifikasi ISPO dan 5 persennya bersertifikat RSPO.

"Sertifikasi ini sebagai langkah untuk mensejahterakan petani kepala sawit sehingga kami pun mengharapkan peran serta perusahaan untuk membantu petani" kata Nurhidayah

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Paxel

Senin, 09 Desember 2019 - 10:05 WIB

Jelang Harbolnas 12/12, TOB Kerjasama Dengan Paxel

TOB Indonesia resmi menjalin kerja sama dengan Paxel, perusahaan logistik untuk jasa pengiriman ke sejumlah wilayah di Tanah Air. Dengan menggandeng kemitraan perusahaan logistik tersebut maka…

ShopBack ShopFest 2019

Senin, 09 Desember 2019 - 10:00 WIB

ShopBack ShopFest 2019 Catat Nilai Transaksi Terbesar Selama Tiga Tahun Penyelenggaraan

ShopBack ShopFest 2019, festival belanja online akhir tahun dari ShopBack mencatat peningkatan nilai transaksi hingga lebih dari enam kali lipat dibanding tahun lalu. Ini merupakan nilai transaksi…

CEO & Founder Bhinneka.Com, Hendrik Tio

Senin, 09 Desember 2019 - 09:56 WIB

Bhinneka.Com Terima Penghargaan dari Direktorat Jenderal Pajak

Jakarta – Di pengujung tahun ini, PT Bhinneka Mentaridimensi (Bhinneka.Com), B2B2B Business Super-Ecosystem, kembali memperoleh apresiasi dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP) sebagai Pembayar…

GE Healthcare

Senin, 09 Desember 2019 - 09:30 WIB

Agen Informatika Pencitraan GE Healthcare Bersertifikat Halal

Dua agen kontras GE Healthcare telah disertifikasi halal, memperbanyak pilihan radiologis untuk pasien mereka di Indonesia. Omnipaque dan Visipaque, yang membentuk lebih dari sepertiga pasar…

Qantas Air (Foto Dok Qantas)

Senin, 09 Desember 2019 - 09:00 WIB

Travelport dan Qantas Melanjutkan Peluncuran NDC di Asia-Pasifik

Sebagai kelanjutan dari dukungan kepada New Distribution Capability yang digunakan oleh Qantas, termasuk Qantas Distribution Platform (QDP), Travelport, perusahaan teknologi terkemuka yang melayani…