2018, Produksi CPO Sawit Sumbermas Sarana Ditargetkan Tumbuh 17 Persen

Oleh : Abraham Sihombing | Kamis, 22 Maret 2018 - 11:40 WIB

kelapa sawit
kelapa sawit

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Produksi minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS) ditargetkan mencapai 346.600 ton pada 2018. Itu artinya lebih tinggi sekitar 17% dibandingkan dengan realisasi produksi CPO perseroan pada 2017 sebanyak 296.239 ton.

“Kenaikan produksi CPO kami tersebut dimungkinkan karena adanya proyeksi pertumbuhan tandan buah segar sekitar 17,6% menjadi 1,47 juta ton pada tahun ini,” ujar Swasti Kartikaningtyas, Sekretaris Perusahaan SSMS, di Jakarta, baru-baru ini.

Disamping itu, demikian Swasti, pertumbuhan produksi CPO perseroan juga ditopang oleh adanya peningkatan kapasitas produksi pabrik. Perseroan saat ini sedang membuat dua pabrik baru yang ditargetkan berproduksi tahun ini.

“Paling tidak, salah satu dari kedua pabrik tersebut akan mulai beroperasi pada pertengahan tahun ini,” jelas Swasti.

Swasti menuturkan, setelah pembenahan kapasitas produksi CPO selesai dilaksanakan, perseroan berencana untuk menambah luas lahan sawit miliknya. Akan tetapi, hingga kini pemerintah masih mengatur moratorium penambahan lahan sawit tersebut.

“Karena itu, kami hingga kini masih akan terus mengoptimalkan lahan yang ada. Kendati harga CPO terus melorot, akan tetapi bisnis sawit masih memiliki prospek pertumbuhan yang cukup baguk kedepan,” papar Swasti.

Swasti mengungkapkan, kendati harga CPO terus merosot, namun manajemen SSMS dapat mengantisipasinya dengan mengatur strategi penjualan CPO lebih lanjut. Itu terlihat dari penjualan perseroan tahun lalu yang tumbuh 19% menjadi Rp3,24 triliun dengan peningkatan laba bersih sebesar 33% menjadi Rp787,08 miliar. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

GE Healthcare

Senin, 09 Desember 2019 - 09:30 WIB

Agen Informatika Pencitraan GE Healthcare Bersertifikat Halal

Dua agen kontras GE Healthcare telah disertifikasi halal, memperbanyak pilihan radiologis untuk pasien mereka di Indonesia. Omnipaque dan Visipaque, yang membentuk lebih dari sepertiga pasar…

Qantas Air (Foto Dok Qantas)

Senin, 09 Desember 2019 - 09:00 WIB

Travelport dan Qantas Melanjutkan Peluncuran NDC di Asia-Pasifik

Sebagai kelanjutan dari dukungan kepada New Distribution Capability yang digunakan oleh Qantas, termasuk Qantas Distribution Platform (QDP), Travelport, perusahaan teknologi terkemuka yang melayani…

Pedagang daging ayam di sebuah pasar tradisional

Senin, 09 Desember 2019 - 08:35 WIB

Timor Leste Tujuan Ekspor Pakan dan Daging Olahan

Surabaya - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) terus melipatgandakan ekspor produk pertanian termasuk peternakan hingga meningkat tiga kali lipat. Langkah nyata yang ditempuh…

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Senin, 09 Desember 2019 - 08:23 WIB

IHSG Berpola Naik Cermati Saham-saham Pilihan

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berada di level 6089 - 6261 pada perdagangan Senin (9/12/2019). Cermati saham-saham yang direkomondasikan.

Industri Es Krim Tumbuhan di Atas 10 Persen Lima Tahun ke Depan

Senin, 09 Desember 2019 - 08:00 WIB

Industri Es Krim Tumbuhan di Atas 10 Persen Lima Tahun ke Depan

Tetra Pak® Indonesia Indonesia memaparkan tren kunci global dan regional dalam industri es krim pada tahun 2019 di seminar eksklusif konsumen bagi para pemain kunci industri es krim di Jakarta…