Charoen Pokphand Indonesia Luncurkan Program Bedah Kandang

Oleh : Hariyanto | Rabu, 18 Januari 2017 - 07:30 WIB

Penandatangan kesepakatan kerjasama antara Dinas Peternakan Jawa Barat dengan Manajemen PT. Charoen Pokphand Indonesia. (Foto: IST)
Penandatangan kesepakatan kerjasama antara Dinas Peternakan Jawa Barat dengan Manajemen PT. Charoen Pokphand Indonesia. (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk. (PT CPI), meluncurkan program Bedah Kandang, sebagai perwujudan kepedulian perusahaan kepada masyarakat, khususnya para peternak konvensional yang masih menggunakan sistem kandang terbuka.

Melalui program Bedah Kandang, PT CPI memberikan bantuan kepada peternak secara gratis berupa bimbingan teknis serta peralatan peternakan (poultry equipment) untuk memperbaiki atau mengoptimalkan fungsi dari kandang yang dimiliki para peternak.

Bantuan peralatan yang diberikan berupa tempat pakan, tempat minum otomatis, pemanas / gasolec yang digunakan saat masa pemeliharaan anak ayam, kipas dan  tirai.

Head Customer Care & Technical Development, Hamam Wahyu Triwibowo mengatakan, pada saat ini Berdasarkan hasil pemantauan team Technical Service dilapangan, masih ditemukan banyak kendala secara manajemen yang tidak sesuai dengan kebutuhan ayam ras pedaging , misalkan pada saat awal pemeliharaan dibutuhkan panas yang cukup untuk menghangatkan anak – anak ayam.

"Di lapangan masih banyak ditemukan peternak yang menggunakan kayu bakar, akan tetapi tanpa disadari, asap yang dihasilkan dari pembakaran tersebut malah tidak baik untuk pertumbuhan anak ayam tersebut, oleh karena itu  disarankan diganti dengan pemanas jenis lain, contohnya Gasolec yang menggunakan gas," ujar Hamam melalui keterangan tertulis kepada INDUSTRY.co.id.

Ia mencontohkan, kesalahan manajemen lainnya yang ditemukan, pada umur ayam besar, ayam membutuhkan  suhu rendah / dingin, sedangkan untuk indonesia yang merupakan daerah tropis, dimana pada saat suhu tinggi bisa mengakibatkan heat stress, yang bisa meningkatkan angka kematian.

Maka disarankan diberi kipas untuk menurunkan suhu yang dirasa ayam dan dan akan berefek pada menurunnya angka kematian. Diharapkan dengan perbaikan menejemen pemeliharaan ini akan meningkatkan produktifitas dari peternakan tersebut.

Berkaitan dengan kegiatan Bedah kandang ini, team Technical service akan mendampingi peternak untuk dibantu secara teknis , agar dari awal pemeliharaan DOC ( anak ayam umur sehari) sudah sesuai dengan standar manajemen kandang yang baik.

"Pendampingan oleh team teknis ini akan dilakukan selama 2 periode pemeliharaan secara terus menerus, dan setelah melewati masa pendampingan team teknis tetap akan memantau hasil performance dari kandang tersebut setiap periodenya" kata Hamam.

Santo Kadarusman,  Public Relations & Marketing Event Manager, menambahkan PT. CPI memiliki komitmen kuat untuk turut membangun sektor peternakan Indonesia.

"sehubungan dengan itu di tahun 2017, PT. CPI dibawah pengawasan  Dinas Peternakan Provinsi Jawa Barat berkomitmen untuk melakukan Bedah 100 Kandang di wilayah Jabotabek – Jabar," kata Santo.

Hal tersebut ditandai dengan penandatangan kesepakatan kerjasama antara Dinas Peternakan Jawa Barat dengan Manajemen PT. Charoen Pokphand Indonesia, di Ruang Linggar Jati, Hotel Horizon , Bandung pada tanggal 17 Januari 2017. PT. CPI sebagai pihak berharap seiring dengan meningkatnya kesejahteraan peternak, PT.CPI dan peternak dapat berjalan bersama untuk membangun peternakan yang lebih baik.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Rabu, 18 September 2019 - 18:15 WIB

Menperin Akui Investasi Korsel Perkuat Struktur Industri Manufaktur RI

Kementerian Perindustrian aktif menarik investor Korea Selatan untuk terus menanamkan modalnya di Indonesia agar bisa memperkuat struktur sektor manufaktur di dalam negeri. Langkah ini juga…

Noesita Indriyani Ketua Panitia Pelaksana HLN ke-74.

Rabu, 18 September 2019 - 18:00 WIB

MKI Dukung Pengembangkan Energi Terbarukan dan Teknologi Terkait Listrik 4.0

Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI) mengadakan press conference terkait “Road to HLN”, 20 Hari Menjelang Penyelenggaranaan Acara Hari Listrik Nasional ke-74. Pelaksanaan Press Conference…

Gedung Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jakarta

Rabu, 18 September 2019 - 17:12 WIB

Indonesia Fintech Expo 2019 Komitmen Regulator dan Industri Fintech Terhadap Inklusi Keuangan

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan, Bank Indonesia dan Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) akan menyelenggarakan Indonesia Fintech Summit & Expo 2019 pada tanggal 23 dan 24 September 2019 di…

Kepala BPPI Kemenperin Ngakan Timur Antara

Rabu, 18 September 2019 - 17:05 WIB

Kemenperin Tunjuk 10 Perusahaan Jadi Pilot Pendampingan Industri 4.0

Kementerian Perindustrian telah melakukan pendampingan implementasi perdana industri 4.0 kepada 10 perusahaan manufaktur nasional.

Direksi PT Kimia Farma (Persero) Tbk

Rabu, 18 September 2019 - 17:00 WIB

Hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa PT Kimia Farma (Persero) Tbk

PT Kimia Farma (Persero) Tbk (Kimia Farma) melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di Jakarta pada Rabu, 18 September 2019. Keputusan RUSPLB menyetujui Penambahan Modal Perseroan…