Menristekdikti Sambut Positif Program Student Loan

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 19 Maret 2018 - 16:54 WIB

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohammad Nasir mendukung hadirnya Sekolah Tinggi Ilmu Kewirausahaan Selamat Pagi Indonesia,yang notabene memiliki program studi ilmu kewirausahaan. (Foto: Fadli INDUSTRY.co.id)
Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohammad Nasir mendukung hadirnya Sekolah Tinggi Ilmu Kewirausahaan Selamat Pagi Indonesia,yang notabene memiliki program studi ilmu kewirausahaan. (Foto: Fadli INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohammad Nasir menyampaikan apresiasi terhadap wacana Pemerintahan Jokowi-JK yang bakal merealisasikan kembali program kredit pendidikan atau student loan.

"Permintaan (Presiden Jokowi) tentang student loan bagi saya adalah sangat positif, menurut saya apa yang disampaikan oleh bapak presiden perlu diapresiasi," kata Nasir saat ditemui di gedung Kemenristekdikti di Jakarta, Senin(19/3).

Ia mengungkapkan bahwa dirinya pun dulu merupakan salah satu mahasiswa penerima program kredit pendidikan yang saat itu lebih dikenal dengan istilah Kredit Mahasiswa Indonesia (KMI).

"Itu dulu Kredit mahasiswa Indonesia, KMI namanya itu (dirinya saat mengikuti program itu) tahun 86 kalau ngga salah," imbuhnya.

Kendati sedikit berbeda dengan student loan di Amerika, dimana para mahasiswa bisa mengajukan kredit pendidikan sedari awal masuk kuliah, namun ia mengakui adanya program tersebut sangat membantu mahasiswa, meski hanya dikhususkan untuk mahasiswa tingkat akhir yang kesulitan dalam memenuhi biaya tugas akhirnya.

Meski saat ini ia belum bisa menjelaskan secara rinci bagaimana teknik operasional program tersebut nantinya direalisasikan, namun ia optimistis langkah tersebut dapat membuka peluang baru bagi pelajar di Indonesia.

"Belum membahas secara khusus. Masih ditugaskan menko perekonomian. Kami akan mendorong itu segera terwujud lah, kalau itu terwujud bagus sekali," kata Nasir.

Ia juga berpendapat harusnya program tersebut tak lagi ada hambatan. Mengingat, saat ini pencarian database sudah semakin mudah untuk dilakukan dimana semua data penduduk terutama mahasiswa Indonesia sudah tersimpan secara digital.

"Saya rasa tahun ini tak ada hambatan. Menurut saya lho, karena kita sekarang kita mencari database mudah," pungkasnya kemudian.

Sebelumnya, dalam rapat kerja bersama direksi perbankan Indonesia di Istana Negara, Jakarta, Kamis (15/3), presiden Jokowi memunculkan ide terkait kredit pendidikan pelajar perguruan tinggi di Indonesia agar dapat dilaksanakan kembali.

Melalui program tersebut, nantinya para pelajar bisa mencicil biaya perkuliahannya ketika sudah diterima di dunia kerja. Di mana diharapkan program semacam itu bisa sangat membantu pelajar yang berasal dari keluarga tidak mampu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua Umum INKOWAPI, Sharmila Yahya

Minggu, 28 April 2024 - 20:03 WIB

INKOWAPI Siap Dukung Percepatan Pelaksanaan Program Makan Siang & Susu Gratis

Induk Koperasi Pengusaha Wanita Indonesia (INKOWAPI) mendukung percepatan pelaksanaan program makan siang dan susu gratis yang digagas Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2024-2029.

Baliho Dico Ganinduto

Minggu, 28 April 2024 - 18:54 WIB

Viral Baliho Dico Ganinduto Gubernur Jateng, Ini Kata Pakar

Sejumlah wilayah di Jawa Tengah 'dibanjiri' baliho hingga billboard yang menampilkan foto Bupati Kendal Dico Ganinduto. Hal tersebut membuat menarik perhatian seluruh masyarakat Jateng hingga…

Dukungan Lingkungan Penting bagi Produksi Gula, PT PG Rajawali II Gencarkan Kemitraan Tebu dan Salurkan Bantuan Fasilitas Umum bagi Desa Penyangga

Minggu, 28 April 2024 - 16:16 WIB

Dukungan Lingkungan Penting bagi Produksi Gula, PG Rajawali II Gencarkan Kemitraan Tebu dan Salurkan Bantuan Fasilitas Umum bagi Desa Penyangga

Indramayu – Upaya mendorong produktivitas gula perlu mendapat dukungan kolektif berbagai pihak, salah satunya dari masyarakat desa penyangga di sekitar perkebunan tebu dan pabrik gula. Pemberdayaan…

Pelita Air

Minggu, 28 April 2024 - 15:28 WIB

Pelita Air Tambah Rute Baru Penerbangan Langsung Jakarta-Kendari-Jakarta

Pelita Air (kode penerbangan IP), membuka rute penerbangan baru Jakarta-Kendari-Jakarta (langsung) dengan melakukan penerbangan perdana dari Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta Jakarta (CGK) ke…

Pegadaian Berangkatkan Peserta Program Umrah Akbar

Minggu, 28 April 2024 - 14:54 WIB

Pegadaian Berangkatkan Peserta Program Umrah Akbar

PT Pegadaian memberangkatkan peserta program Umrah Akbar dari beberapa wilayah di Indonesia pada 22, 23 dan 24 April 2024. Khusus untuk Jakarta, para peserta berangkat melalui Bandara Soekarno…