Menhub Budi Minta Sarana-Prasarana KA Harus Dibenahi

Oleh : Herry Barus | Senin, 19 Maret 2018 - 07:48 WIB

Menhub Budi Karya S (humas kemenhub)
Menhub Budi Karya S (humas kemenhub)

INDUSTRY.co.id - Jakata- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan sarana dan prasarana kereta api harus dibenahi untuk menghindari terjadinya hal tidak diinginkan yang bisa berakibat dengan kerugian penumpang.

"Saya minta kepada Balai pengujian Perkeretaapian untuk selalu meningkatkan pengawasan semua sarana dan prasarana agar kejadian yang menyebabkan terganggunya perjalanan kereta api tak terulang," kata Menhub Budi Karya saat meninjau Balai Pengujian Perkeretaapian di Bekasi, Jawa Barat, Minggu (18/3/2018)

Hal itu disampaikan menhub kereta layang atau skytrain Bandar Udara Soekarno-Hatta, Tangerang, mogok selama satu jam pada awal Januari 2018. Akibatnya, 30 penumpang langsung dievakuasi melalui jalur "walkway" di jalur kereta layang.

Menurut menhub, sarana dan prasarana yang perlu dibenahi antara lain menyangkut kinerja sumber daya manusia (SDM), pengawasan rel, hingga pemeriksaan gerbong dan lokomotif agar tidak alami kerusakan yang merugikan penumpang.

Kereta api, kata menhub, merupakan alat transportasi massal yang sangat vital saat ini terutama seperti untuk mengangkut penumpang di wilayah Jabodetabek mengingat setiap hari ada jutaan penumpang yang diangkut.

"Jangan sampai ada kejadian kereta mogok, sehingga saya minta kepada Balai Pengujian untuk meningkatkan pengawasan sarana dan prasarana," katanya.

Kementerian Perhubungan, kata Menhub, juga akan menyediakan perlengkapan yang canggih untuk pengujian kereta api sehingga bisa mencapai hasil yang maksimal.

"Petugas di balai ini juga diuji setiap empat tahun sekali dan masing-masing sudah memiliki kompetensi sendiri," kata menhub.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gubernur Sumatera Utara, H. Edy Rahmayadi (kemeja putih) didampingi Direktur BTN, Budi Satria (kanan), sedang berbincang-bincang dengan calon konsumen KPR BTN ketika sedang melakukan akad kredit di Medan, Sumatera Utara, Senin (22/04/2019).

Selasa, 23 April 2019 - 01:35 WIB

Bank BTN Gelar Akad Kredit Massal untuk 8.500 Unit Rumah Bernilai Rp1 Triliun

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), atau Bank BTN, menggelar akad massal untuk 8.500 unit rumah yang digelar secara serentak di seluruh kantor cabang perseroan dengan total nilai mencapai lebih…

Prince Hassan Resmikan Klinik Bantuan BAZNAS Untuk Pengungsi Palestina

Senin, 22 April 2019 - 21:01 WIB

Prince Hassan Resmikan Klinik Bantuan BAZNAS Untuk Pengungsi Palestina

Presiden Jordan Medical Aid For Palestinians (MAP), Prince El Hassan Bin Talal, meresmikan klinik bantuan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) untuk pengungsi Palestina di Yordania. “Klinik…

Traveloka Epic Sale 2019

Senin, 22 April 2019 - 20:46 WIB

Mudahkan Pengguna Wujudkan Impian Liburan Hari Raya, Traveloka Hadirkan EPIC Sale 2019

Para pengguna Traveloka sebentar lagi akan dapat menikmati potongan harga terbatas yang luar biasa melalui program khusus Traveloka Epic Sale. Program yang akan berlangsung pada tanggal 24-27…

Capres Prabowo Subianto (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 20:30 WIB

Capres Prabowo Sakit, Tak Bisa Bertemu Utusan Capres Jokowi

Direktur Komunikasi dan Media Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Hashim Djojohadikusumo menyebutkan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto tidak bisa bertemu…

Ilustrasi Industri Manufaktur (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 20:15 WIB

Kejar Target Pertumbuhan Industri 5,4 Persen, Ini Program Strategis Menperin

Kementerian Perindustrian terus berupaya menciptakan sumber daya manusia (SDM) kompeten terutama yang siap menghadapi era industri 4.0.