Lima Tips BRISyariah Agar Terhindar dari Masalah Skiming

Oleh : Wiyanto | Sabtu, 17 Maret 2018 - 11:27 WIB

BRISyariah (Foto Dok Industry.co.id)
BRISyariah (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Untuk mencegah aksi pencurian dengan modus skimming, BRISyariah mengajak nasabahnya untuk mewaspadai skimming agar terhindar dari aksi pencurian tersebut.

Sehubungan dengan maraknya pemberitaan tentang penarikan dana nasabah bank secara illegal yang diketahui sebagai kejahatan dengan modus skimming, BRISyariah menyampaikan himbauan kepada seluruh nasabahnya agar tidak menjadi korban skimming tersebut.

Skimmingdi Anjungan Tunai Mandiri (ATM) merupakan teknik penyalinan data dari sebuah kartu ATM ke kartu atau penyimpanan data. Tindakan ini memungkinkan pelaku dapat menyalin data sehingga bisa mendapatkan seluruh informasi dari kartu tersebut termasuk nomor PIN kartu ATM tersebut. Dengan diketahui nomor PIN tersebut maka pelaku dapat menguras uang di ATM tersebut. ungkap Corporate Secretary BRISyariah Indriati Tri Handayani akhir pekan ditulis Sabtu (17/3/2018).

Indri menghimbau kepada seluruh nasabah BRISyariah untuk mewaspadai agar terhindar dari pencurian uang di rekening dengan menggunaan metode skimming ini. Untuk hal ini BRISyariah meminta kepada nasabahnya untuk melakukan tindakan tindakan berikut:

Pertama, nasabah diminta aktif mengecek histori transaksi melalui mesin ATM, internet banking dan mobile banking, sehingga apabila ada transaksi mencurigakan dapat langsung dilaporkan.

Kedua, nasabah diminta bertransaksi di mesin ATM yang lokasinya di tempat keramaian karena umumnya para pelaku sungkan untuk menyadap mesin ATM yang berada di tempat yag ramai .

Ketiga, sebelum bertransaksi di mesin ATM nasabah diminta memperhatikan apakah ada hal-hal yang mencurigakan di sekitar mesin ATM misalnya pada mulut pembaca kartu harus diperhatikan dengan seksama. Apabila di mulut pembaca kartu alat tambahan yang mencurigakan, langsung laporkan ke bank.

Keempat, skimmingjuga bisa menyeranginternet banking. Oleh karenanya jangan menggunakan jaringan publik WiFi atau perangkat publik untuk menggunakaninternet banking.

Kelima,ini yang terpenting adalah untuk selalu menolak apabila ada orang tak dikenal yang menawarkan bantuan ketika bertraksaksi di mesin ATM.

Indri menegaskan apabila ada hal hal yang mencurigakan ketika nasabah bertraksaksi melalui mesin ATM atau channel transaksi lainnya dapat segera melaporkan ke CallBRIS di ‪1500-789.

Ayo hijrah ke online banking syariah untuk mengurangi resiko skimming. Agar hidup lebih aman, barokah dan semakin berfaedah".

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dankormar Majenderal TNI (Mar) Endi Supardi Haditi Seminar Hardikal 2024

Selasa, 07 Mei 2024 - 05:02 WIB

Dankormar Majenderal TNI (Mar) Endi Supardi Haditi Seminar Hardikal 2024

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla, CHRMP., CRMP. menghadiri Seminar Nasioal Peringatan Hari Pendidikan Angkatan Laut (HARDIKAL)…

Memasuki Hari ke Empat, Prajurit Martinir Terus Mencari Korban Bencana di Luwu

Selasa, 07 Mei 2024 - 04:53 WIB

Memasuki Hari ke Empat, Prajurit Martinir Terus Mencari Korban Bencana di Luwu

Memasuki hari ke empat banjir dan tanah longsor yang melanda Kecamatan Luwu Sulawesi Selatan sejak Jumat 3 Mei 2024, Prajurit Korps Marinir TNI Angkatan Laut bahu membahu bersinergi dengan instansi…

Pelabuhan subholding Pelindo

Senin, 06 Mei 2024 - 22:21 WIB

Subholding Pelindo Siap Kelola Area Pengembangan I Bali Maritime Tourism Hub

PT Pelindo Solusi Logistik (SPSL) akan mulai melakukan pengelolaan, pengembangan dan komersialisasi di Pelabuhan Benoa Bali sebagai pusat pariwisata maritim unggulan.

Dico Ganinduto Sesi Foto Bareng Raffi Ahmad

Senin, 06 Mei 2024 - 18:40 WIB

Viral Dico Ganinduto Sesi Foto Bareng Raffi Ahmad, Persiapan Maju Pilgub Jateng?

Viral di media sosial beredar video yang memperlihatkan Bupati Kendal Dico Ganinduto tengah melakukan sesi photoshoot dengan artis yang juga pengusaha, Raffi Ahmad.

CEO Dubai Chambers, Yang Mulia Mohammad Ali Rashed Lootah (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 06 Mei 2024 - 17:02 WIB

Datangkan 17 Investor, Dubai International Chambers Targetkan Nilai Dagang Capai USD 10 Miliar

Dubai International Chambers, salah satu dari tiga kamar dagang yang beroperasi di bawah payung Dubai Chambers kembali menggelar pertemuan bisnis bilateral antara perusahaan-perusahaan dari…