Umat Hindu Timika Papua Sucikan Diri Jelang Perayaan Nyepi

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 17 Maret 2018 - 09:13 WIB

Perayaan Hari Raya Nyepi (Foto Dok Industry.co.id)
Perayaan Hari Raya Nyepi (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Timika - Umat Hindu di Timika, Kabupaten Mimika, Papua melaksanakan ritual penyucian diri atau "melasti" jelang Hari Raya Nyepi tahun baru Saka 1940 yang jatuh pada Sabtu, 17 Maret 2018.

"Filosofinya menyucikan diri dengan air samudera. Melasti itu persiapan menuju tapa brata nyepi," kata salah seorang umat Hindu Ida Bawati Nyoman Ariati usai melaksanakan ritual melasti di atas speed boat di laut Pomako, Timika, Jumat (16/3/2018)

Meski diguncang ombak, ritual melasti yang dipimpin Ida Bawati Nyoman Ariati bersama Jro Mangku Made Mudra tetap berlangsung khidmat hingga selesai. Empat personel Brimob Satgas PAM Amole yang merupakan umat Hindu juga ikut melasti tersebut.

Pada Sabtu (17/3), pukul 06.00 waktu setempat, umat Hindu mulai melaksanakan tapa brata Nyepi di kediaman masing-masing selama 24 jam.

Saat Nyepi dikenal empat pantangan bagi umat Hindu yang terdiri dari amati geni, amati lelunganan, amati pakaryan dan amati lelangunan "Nyepi dalah perayaan tahun baru saka. Kita berharap tahun ini jauh lebih baik dari tahun lalu," jelas Ida Bawati.

Umat Hindu di Timika berjumlah sekitar 60 kepala keluarga atau sekitar 200 jiwa. Nyepi tahun baru Saka 1940 atau 2018 tampak lebih sepi dari perayaan tahun-tahun sebelumnya. Sebagian umat Hindu memilih pulang ke kampung halamannya di Bali, merayakan Nyepi bersama keluarga.

Aktifitas upacara atau sembahyang umat Hindu di Timika berpusat di Pura Mandhira Mihika Mandaloka di Kelurahan Wonosari Jaya SP4. Pura tersebut mulai digunakan sejak 1996. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

DFSK Indonesia Donasikan Super Cab

Minggu, 21 Juli 2019 - 15:40 WIB

DFSK Mudahkan Konsumen Miliki Super Cab Dengan Cicilan Mulai Rp100 Ribu Perhari

Pikap produksi Cikande, Serang, Banten ini hadir dengan kombinasi tenaganya yang kuat, muatan lebih banyak, tangguh, dan sangat terjangkau oleh kantong konsumen.

Rusun ASN Ditjen Imigrasi Kota Batam

Minggu, 21 Juli 2019 - 15:31 WIB

Kementerian PUPR Resmikan Rusun ASN Ditjen Imigrasi Kota Batam

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan telah menyelesaikan pembangunan Rusunawa yang diperuntukan bagi Aparatur Sipil Negara…

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Minggu, 21 Juli 2019 - 15:08 WIB

Menteri PUPR Targetkan Renovasi Masjid Istiqlal Rampung Maret 2020

Renovasi Masjid Istiqlal merupakan tindaklanjut perintah Presiden Joko Widodo usai menerima kunjungan Perdana Menteri India Narendra Modi ke Masjid Istiqlal pada tanggal 30 Mei 2018 lalu.

Semen Indonesia (Agung Parameswara/Getty Images)

Minggu, 21 Juli 2019 - 15:06 WIB

Semen China Masuk, Industri Semen Dalam Negeri Terancam

Jakarta - Masuknya semen dari merek prinsipal China yang diproduksi di dalam negeri ke pasaran Indonesia menimbulkan pro kontra. Pasalnya semen asal china dijual dengan harga yang lebih murah…

Joune Ganda (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 21 Juli 2019 - 14:39 WIB

Calon Kuat Bupati Minut, Pengusaha Joune Ganda Masuk Struktur DPD PDIP Sulut

Keseriusan pengusaha muda Minahasa Utara (Minut) Joune Ganda untuk membangun Sulawesi Utara (Sulut) pada umumnya, dan secara khusus tanah kelahirannya Minut semakin terlihat.