Dorong Kemajuan dan Kemandirian Wanita Modern Indonesia, AXA Financial Indonesia Dukung Ajang Puteri Indonesia 2018

Oleh : Dina Astria | Jumat, 16 Maret 2018 - 09:10 WIB

Dorong Kemajuan dan Kemandirian Wanita Modern Indonesia, AXA Financial Indonesia Dukung Ajang Puteri Indonesia 2018. (Dok Industry.co.id)
Dorong Kemajuan dan Kemandirian Wanita Modern Indonesia, AXA Financial Indonesia Dukung Ajang Puteri Indonesia 2018. (Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Saat ini, wanita memegang peranan yang penting dalam proses panjang membangun masyarakat Indonesia yang modern. Melihat fenomena ini, AXA Financial Indonesia (AFI) menyusun berbagai kegiatan pemberdayaan wanita Indonesia untuk meningkatkan kecerdasan dan kemandirian finansial, salah satunya melalui dukungan dalam ajang Puteri Indonesia 2018.

Sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 1992, ajang Puteri Indonesia telah berhasil mengambil perhatian masyarakat sebagai beauty pageant (kontes kecantikan) terbesar di Indonesia. Berjalannya waktu, definisi ‘cantik’ di Indonesia tidak semata-mata dinilai dari fisiknya yang menarik dan menawan, namun wanita modern menilai sebuah kecantikan juga harus dilengkapi dengan perilaku yang berbudi pekerti baik serta memiliki kecerdasan intelektual yang baik pula.

Sebuah data riset dari J. Walter Thomson (2016) terkait Asian Women : Beneath the Surface mengatakan bahwa sebesar 91% wanita Indonesia setuju bahwa peran wanita di masyarakat kini kian meningkat dan semakin lebih dipandang. Data tersebut didukung dengan 55% dari wanita Indonesia sepakat bahwa mereka harus mandiri dalam hal keuangan (financially independent). Selaras dengan agenda pemerintah dalam mencapai pembangunan yang berkelanjutan 2030, AFI ingin membangkitkan semangat pemberdayaan wanita modern Indonesia bersama dengan pihak penyelenggara Puteri Indonesia melalui financial literacy (literasi keuangan) kepada seluruh finalis Puteri Indonesia 2018.

’’AXA Financial Indonesia senang bisa berkontribusi dalam pembangunan negara melalui pemberdayaan wanita. Kerja sama yang terjalin dengan Yayasan Puteri Indonesia merupakan salah satu langkah strategis Perusahaan untuk menjalankan visinya yakni memberdayakan masyarakat untuk hidup yang lebih baik (Empower People to Live a Better Life). Pada tahun 2018, fokus Perusahaan akan tertuju pada pemberdayaan wanita dalam peranannya melahirkan dan mendidik insan-insan penerus bangsa, serta generasi milenial yang memegang masa depan Indonesia saat ini,’’ ujar Budi Tampubolon, CEO AFI.

Melalui kerja sama ini, AFI ingin kembali mengingatkan wanita Indonesia akan pentingnya edukasi keuangan sejak muda. Wanita muda Indonesia nantinya akan menjadi seorang istri, ibu bahkan pengambil keputusan dalam rumah tangga dalam kaitannya dengan keuangan. Riset yang sama dengan diatas juga menunjukkan bahwa 64% wanita Indonesia setuju bahwa mereka adalah pengambil keputusan untuk asuransi anggota keluarganya. Ironisnya, dari 51% wanita yang memegang kuasa keuangan di keluarganya, hanya 19% yang dinyatakan melek keuangan1 . Untuk itu, melalui literasi keuangan yang disampaikan oleh AFI kepada seluruh finalis Puteri Indonesia 2018, Perusahaan berharap dapat menjadi bekal yang berguna bagi masa depan mereka secara pribadi dan untuk keluarganya kelak.

Wanita memiliki peran kunci dalam majunya peradaban bangsa. Peran pemberdayaan wanita tidak hanya diemban oleh pemerintah Indonesia, namun juga seluruh elemen masyarakat, meliputi badan swasta yang memiliki satu suara dalam meningkatkan pemberdayaan dan kemandirian wanita Indonesia. Hal serupa juga pernah disampaikan oleh Presiden Joko Widodo dalam sambutannya di Peringatan Hari Ibu ke-89 tahun lalu. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menyampaikan harapannya bahwa wanita Indonesia saat ini bisa lebih banyak berkontribusi dalam memajukan bangsa dan negara.

Meskipun kecantikan tetap menjadi hal yang terpenting bagi setiap wanita, namun kecerdasan dan kemandirian perlu menjadi bekal yang penting pula bagi masa depan wanita Indonesia – menjadikan bangsa memiliki peradaban maju. AFI mendorong seluruh wanita Indonesia untuk berani #RencanakanLebih demi masa depan pribadi dan keluarga yang lebih baik dan terencana.

“AXA Financial Indonesia bersama dengan puteri-puteri kebanggaan Indonesia mengajak seluruh masyarakat untuk satu suara dalam memberdayakan wanita Indonesia ke arah yang lebih baik lagi,” jelas Yanti Parapat, Chief of Alternate Distribution AFI.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Investasi Bodong (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 06 Mei 2024 - 00:11 WIB

Catat Ya! Jadi Korban Investasi Bodong, Nasabah Disarankan Tempuh Jalur Hukum

Jakarta - Kasus dugaan dana nasabah hilang di rekening tabungan PT Bank Tabungan Negara Tbk menarik perhatian publik.

PJ Gubernur Turut Hadir dalam Paskah ASN DKI Jakarta 2024

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:53 WIB

Hadiri Paskah, Heru Imbau ASN Tingkatkan Pelayanan Bagi Masyarakat

Jakarta- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar perayaan Paskah Bersama 2024 dengan mengangat tema "Aktualisasi Nilai-Nilai Paskah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Tahun 2024" yang digelar…

Atlet tim Thomas dan Uber

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:38 WIB

BNI Apresiasi Tim Thomas dan Uber Indonesia  

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI selaku sponsor resmi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi luar biasa Tim Thomas…

BTN Raih Best Savings Bank Award

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:22 WIB

Konsisten Jalankan Peran, BTN Raih Best Savings Bank Award

Jakarta-Konsistensi PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menjalankan peran sebagai bank tabungan dan meningkatkan tingkat inklusi keuangan di masyarakat membuat perseroan meraih penghargaan…

Peluncuran Oreo Pokemon di Indonesia.

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:11 WIB

Oreo Rayakan Kolaborasinya Bersama Pokemon. Ada Kepingan Biskuit Langka Berhadiah Perjalanan ke Jepang

Kolaborasi ini mengajak masyarakat untuk menemukan seluruh gambar koleksi karakter Pokemon pada kepingan biskuit Oreo dan berkesempatan mengikuti undian berhadiah istimewa.