Dorong Pertumbuhan Ekonomi, PGN Pasok Gas Bumi di Kepulauan Riau

Oleh : Hariyanto | Rabu, 14 Maret 2018 - 14:24 WIB

Pgn (Istimewa)
Pgn (Istimewa)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) melalui anak usahanya, PT Gagas Energi Indonesia (Gagas) memasok gas bumi ke pulau-pulau wilayah Kepulauan Riau sebagai upaya mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut.

Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama mengatakan, pihaknya terus berkomitmen menyebarkan energi baik yakni gas bumi.

"Sebagai perusahaan milik negara, sudah menjadi tanggung jawab kami untuk turut mendorong pertumbuhan ekonomi terutama daerah yang potensial mendatangkan investasi," katanya.

Ia mencontohkan Gagas memasok kebutuhan gas pembangkit listrik PT Karimun Power Plant. "Pembangkit ini nantinya akan memasok listrik di Pulau Karimun, Kepri, khususnya di kawasan perdagangan bebas zona II," katanya.

Menurut Rachmat, pasokan berbentuk gas terkompresi (compressed natural gas/CNG) oleh Gagas tersebut harganya lebih murah dan ramah lingkungan.

"Apalagi saat ini konversi ke CNG sudah difasilitasi pemerintah dengan pemberian harga yang lebih murah bila dibandingkan bahan bakar cair," katanya.

Tambahan daya pembangkit CNG yang efisien tentunya menguntungkan bagi industri yang sudah beroperasi di Pulau Karimun. Selama ini, sebagian besar industri masih memakai genset diesel berbahan bakar minyak, yang mahal.

Rachmat menambahkan selain industri eksisting, tambahan daya listrik sekaligus menjadi daya tarik bagi calon investor di Karimun ataupun Kepulauan Riau. "Investor yang menanam modal di Karimun bisa menekan ongkos produksi dari biaya energi," ujarnya.

Gagas juga telah memberikan nilai tambah bagi PGN yang selama ini menyalurkan gas melalui pipa saja. "Dengan keberadaan Gagas ini, misi PGN sebagai penyalur energi baik terutama ke daerah-daerah pelosok bisa terealisasi lewat LNG dan CNG. Akhirnya, PGN juga turut berkontribusi terhadap ketersediaan listrik di daerah," kata Rachmat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gedung BNI di Pejompongan Jakarta Pusat

Sabtu, 04 Mei 2024 - 22:51 WIB

Dukungan BUMN Bikin Olahraga Indonesia Semakin Moncer

Dukungan yang diberikan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terhadap aktivitas olahraga, membuat moncer sejumlah cabang olahraga di Indonesia.

Tim Thomas dan Uber ke Final

Sabtu, 04 Mei 2024 - 20:48 WIB

Melaju ke Final, BNI Apresiasi Keberhasilan Tim Thomas dan Uber Indonesia

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI mengucapkan selamat dan menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas keberhasilan Tim Thomas dan Uber Indonesia melaju ke babak final Kejuaraan…

Delegasi Indonesia asal Kota Bekasi Tampil di Ajang Dubai International Chamber 2024

Sabtu, 04 Mei 2024 - 20:10 WIB

Keren! Delegasi Indonesia asal Kota Bekasi Tampil di Ajang Dubai International Chamber 2024

Jakarta-Bantar Gebang, yang terletak di Bekasi, Jawa Barat, adalah tempat pembuangan sampah terbesar di dunia. Setiap hari, Jakarta menghasilkan sekitar 15.000 ton sampah yang dibuang ke Tempat…

Menparekraf Sandiaga Uno (tengah)

Sabtu, 04 Mei 2024 - 16:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Dukung Penguatan Peran Perempuan di Sektor Pariwisata

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan pihaknya berkomitmen mendukung penguatan peran perempuan dalam pengembangan dan kepemimpinan di sektor…

Ilustrasi sampah plastik

Sabtu, 04 Mei 2024 - 16:35 WIB

Riset Terbaru Sebut Produsen Makanan-Minuman Nasional Ini Masuk Daftar Pencemar Global

Produsen makanan dan minuman global, termasuk Coca-Cola, Nestle dan Danone, memuncaki daftar perusahaan penyumbang terbesar sampah plastik di dunia, menurut sebuah laporan riset anyar yang diterbitkan…