Temukan Pengalaman Menarik di Lima Tempat Wisata Edukasi Ini. Dijamin Tidak Akan Menyesal!

Oleh : Dina Astria | Rabu, 14 Maret 2018 - 06:00 WIB

Kampung Horta Bogor.(Foto ist)
Kampung Horta Bogor.(Foto ist)

INDUSTRY.co.id - Bogor - Sudah mainstream mengunjungi suatu tempat wisata hanya untuk jalan-jalan dan berfoto ria tanpa mendapatkan apa pun. Kini, saatnya berlibur sekaligus mendapat pengalaman unik dan pengetahuan tambahan. Ke mana lagi jika bukan ke wisata edukasi.

Nah, di Bogor ada 5 tempat wisata edukasi menarik yang bisa Anda datangi bersama keluarga besar. Berikut ulasan singkatnya:

1. Yuk, Belajar Membuat Boneka di Kampung Horta dengan Pengrajinnya Langsung

(source: Kampunghorta.com)

Pasti penasaran apa itu boneka horta. Boneka Horta atau hortikultura merupakan suatu media tanam yang terbuat dari serbuk kayu. Biasanya berbentuk hewan-hewan lucu yang menarik untuk dilihat. Jika disiram bagian kepala atau punggung, akan tumbuh rambut hijau di atasnya. Unik, bukan?

Nah, di Kampung Horta ini Anda dan anak-anak bisa berinteraksi langsung dengan para pengrajinnya. Bahkan, Anda diizinkan untuk mencoba membuatnya sesuai bimbingan dan arahan mereka. Boneka unik itu pun bisa dibawa pulang dengan harga yang cukup terjangkau. Bisa dijadikan hiasan untuk menghijaukan rumah.

 

2. Rasakan Menjadi Petani Sehari di Pelita Desa

Bagi Anda yang terbiasa hidup di kota sejak kecil, pasti tidak pernah tahu seberapa keras perjuangan seorang petani untuk bisa memanen padi dan menjadikannya beras. Nah, di Pelita Desa yang terletak di Ciseeng, Bogor, Anda dapat merasakan betapa susah perjuangan seorang petani tersebut.

Di kampung wisata ini, Anda diajak untuk mencoba bercocok tanam dari mulai menanam padi, membuat pupuk dari kotoran hewan sebelum menaburkannya di atas tanaman, hingga membajak sawah dengan sapi.

Kotor dan basah memang, tapi pasti seru. Belum lagi pengalaman yang didapat. Tidak akan kapok pastinya untuk kembali lagi ke kampung wisata ini. 

 

3. Belajar Membuat Wayang dari Daun Singkong di Kampung Wisata Cinangneng

Kampung yang memang didesain khusus untuk wisata edukasi terpadu ini memberikan beberapa paket yang dapat dipilih. Di antaranya paket menanam sayur atau buah-buahan secara langsung di kebun, bermain lumpur sekaligus menanam padi bersama pak tani, mandi di sungai ditemani kerbau, bermain gamelan, dan bagian uniknya adalah membuat wayang dari daun singkong.

Keseruan dan pengalaman tersebut dapat dinikmati dengan harga yang cukup terjangkau. Bahkan, hasil yang Anda buat dapat dibawa pulang untuk oleh-oleh. Seperti wayang dari daun singkong dan topi caping yang dilukis sendiri. Seru, bukan? Dapat kenang-kenangan unik lagi dari Kampung Wisata Cinangneng.

 

4. Serunya Outbond di Kebun Wisata Pasirmukti

Bogor memang terkenal dengan wisata agronya. Tempat wisata lainnya berunsur agro adalah Kebun Wisata Pasirmukti yang terletak di Jalan Raya Tajur Pasirmukti.

Di kebun wisata ini, Anda bisa belajar banyak hal. Dari mulai menanam sampai membajak sawah dengan sapi. Setelah puas bermain lumpur, Anda bisa menantang diri untuk mencoba semua permainan yang ada, yaitu aneka jenis outbond dan trampolin. Serunya lagi, anak-anak bisa terjun ke kolam langsung untuk menangkap ikan. Tawa akan menguar dari wajah polos anak-anak ketika mereka berhasil menangkap ikan. Seru, bukan?

 

5. Berinteraksi dengan Hewan di Taman Safari

(source: Pikniek.com)

Tempat ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Di kebun binatang yang membebaskan hewan-hewannya untuk berkeliaran tanpa adanya kandang yang membatasi ini, anak-anak bisa belajar mengenal hewan secara langsung sekaligus berpiknik. Bahkan, mereka bisa berinteraksi dengan hewan-hewan jinak dan memberinya makan. Pasti seru dan menyenangkan, bukan untuk anak-anak?

Usai berkeliling kota Bogor, Anda tidak perlu lagi berkeliling untuk mencari penginapan murah dan nyaman. Cukup buka aplikasi Airy Rooms, maka deretan pilihan hotel di Bogor akan terpampang di layar. Semuanya menyediakan fasilitas lengkap seperti kamar mandi yang bersih, AC, TV dengan beragam channel pilihan, shower air hangat, air minum gratis, dan tentunya akses wifi secara cuma-cuma. Anda tinggal pilih mana yang lokasinya terdekat dengan lokasi wisata dan langsung bisa bermalam di sana. Liburan puas, istirahat nyaman, dan tubuh segar kembali esok harinya untuk melanjutkan perjalanan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Istri Meteri Sosial Grace Batubara

Rabu, 22 Januari 2020 - 11:43 WIB

Grace Batubara Kunjungi Sekolah Inisiatif di Lebak Banten

Istri Menteri Sosial, Grace Batubara selaku Penasihat Dharma Wanita Kementerian Sosial, mengunjungi sekolah inisiatif yang didirikan oleh Human Initiative untuk para siswa-siswi SDN 02 Banjar…

Petani desa di tengah sawah (Foto: Dok Industry.co.id)

Rabu, 22 Januari 2020 - 10:20 WIB

Bupati Bekasi Komitmen tak Terjadi Disfungsi Lahan Pertanian

Bupati Bekasi, Jawa Barat, Eka Supria Atmaja mendukung sikap Mentan Syahrul Yasin Limpo yang meminta agar pelaku alih fungsi lahan pertanian dipidanakan.

Meikarta Siapkan Fasilitas Hidup Generasi Milennial

Rabu, 22 Januari 2020 - 10:00 WIB

Meikarta Siapkan Fasilitas Hidup Generasi Milennial

Meikarta hidupkan tahun 2020 dengan semangat baru melalui hadirnya jajaran manajemen dan logo baru. Keduanya melambangkan optimisme Meikarta untuk terus bergerak maju dan berkembang membangun…

World Bank (Foto Ist)

Rabu, 22 Januari 2020 - 09:29 WIB

Bank Dunia Apresiasi Perkembangan Standar Akuntansi dan Audit Indonesia

Otoritas Jasa Keuangan sebagai koordinator Tim Kerja Nasional penerapan standar internasional akuntansi dan audit Indonesia menyampaikan bahwa Bank Dunia telah menerbitkan hasil penilaiannya…

AP I dan Pelita Air Service Tingkatkan Kerja Sama

Rabu, 22 Januari 2020 - 09:00 WIB

AP I dan Pelita Air Service Tingkatkan Kerja Sama

PT Angkasa Pura Logistik, anak perusahaan PT Angkasa Pura I (Persero), menandatangani kerja sama sewa pesawat dengan PT Pelita Air Service untuk mendukung peningkatan konektivitas dan distribusi…