Beroperasinya JIIPE Tingkatkan Kedatangan Kapal ke Jawa Timur

Oleh : Herry Barus | Jumat, 09 Maret 2018 - 17:10 WIB

JIIPE Gersik Jawa Timur (Foto Dok Industry.co.id)
JIIPE Gersik Jawa Timur (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Surabaya- Peresmian "Java Integrated Industrial and Ports Estate" (JIIPE) atau kawasan industri terpadu terbesar di Jawa Timur yang terletak di Kabupaten Gresik akan meningkatkan kedatangan kapal ke wilayah setempat, kata Presiden Direktur PT AKR Corporindo TBK, Haryanto Adikoesoemo.

"Tentunya diresmikannya JIIPE hari ini, akan membuka kesempatan yang lebih besar bagi kawasan industri ini. Kita harapkan jumlah kapal yang akan dilayani meningkat seiring dengan perkembangan industri di JIIPE," kata Haryanto, usai menanggapi peresmian JIIPE oleh Presiden Jokowi ke Gresik, Jumat (9/3/2018)

Ia mengatakan, selama kurun tahun 2016, pelabuhan ini telah melayani 500 ribu ton dari 25 kapal dalam kargo curah kering dan kargo umum, dan tahun 2017, kargo yang dilayani meningkat hingga 1,3 juta ton.

Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia III, Ari Ashkara mengatakan nilai investasi membangun fasilitas di JIIPE sudah mencapai angka hampir Rp5 trilliun.

Nilai investasi itu, kata dia, masing-masing diberikan PT AKR Corporindo Tbk dan PT Pelabuhan Indonesia III sesuai dengan komposisi saham yang dimiliki, dan diperkirakan akan rampung secara keseluruhan dalam 15 tahun ke depan.

Kawasan ini, kata Ari memiliki luas area industrial sebesar 1.761 ha, area residensial seluas 800 ha dan area pelabuhan seluas 400 ha. Dengan total area 2.961 Ha, dan menjadi kawasan industri terbesar di Jawa Timur.

Rencananya, pelabuhan JIIPE yang terletak sekitar 24 km dari Surabaya akan dilengkapi dengan empat dermaga yang mampu mendukung semua aktivitas di pelabuhan dan industri.

Presiden Direktur PT AKR Corporindo TBK, Haryanto Adikoesoemo mengatakan kawasan JIIPE adalah megaproyek yang sudah direncanakan sejak beberapa tahun lalu.

"Dengan terintegrasi pelabuhan laut akan memiliki akses langsung untuk pasar domestik dan international yang mana kita harapkan dapat menunjang perekonomian Indonesia," tuturnya kepada awak media.

Selain itu, kata dia, kawasan residensial dengan fasilitas pendidikan dan hiburan diharapkan memberikan kualitas kehidupan yang baik bagi masyarakat yang bekerja di kawasan itu.

"Dengan fasilitas lengkap yang dimiliki, JIIPE akan mampu menjadi kota industri mandiri," ucapnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jalan Rusak di Karo, Sumatera Utara

Senin, 06 Desember 2021 - 09:03 WIB

Kementerian PUPR Siapkan Rencana Penanganan Jalan Rusak di Karo, Sumatera Utara

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sumatera Utara (Sumut), Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga melakukan pengecekan…

Bakrie Amanah, Kaltim Prima Coal & Lanal Sangatta Gelar Aksi Tanam 7000 Pohon

Senin, 06 Desember 2021 - 08:00 WIB

Bakrie Amanah, Kaltim Prima Coal & Lanal Sangatta Gelar Aksi Tanam 7000 Pohon

Berkolaborasi dengan PT Kaltim Prima Coal (KPC) dan Lanal Sangatta, Bakrie Amanah menggelar aksi penanaman 7000 pohon untuk memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia yang diperingati setiap…

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia

Senin, 06 Desember 2021 - 07:10 WIB

Realisasi Capai 73%, Menteri Bahlil Percaya Diri Target Investasi Tembus Rp900 Triliun di Akhir 2021

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahl Lahadalia optimis target investasi Rp900 triliun bakal tercapai pada akhir tahun 2021.

Dankormar Mayjen Mar Suhartono Serahkan Kunci Rumah Susun Surabaya

Senin, 06 Desember 2021 - 07:00 WIB

Dankormar Mayjen Mar Suhartono Serahkan Kunci Rumah Susun Surabaya

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono didampingi Ketua Gabungan Jalasenastri Korps Marinir Ny. Etta Suhartono, menyerahkan secara simbolis kunci Rumah Susun (Rusun)…

Gedung Antam

Senin, 06 Desember 2021 - 06:09 WIB

Antam Capai Laba Tahun Berjalan Sebesar Rp 1,71 Triliun

PT Aneka Tambang Tbk atau ANTAM menunjukkan kinerja positif. Ini terlihat dari capaian laba yang dihasilkan perusahaan pelat merah tersebut sepanjang periode sembilan bulan pertama tahun 2021…