JFSS 2018, Anggota KADIN Hadirkan Inisiatif Libatkan Generasi Muda di Bidang Pertanian

Oleh : Hariyanto | Jumat, 09 Maret 2018 - 11:38 WIB

Talk show Go young farmers di JCC
Talk show Go young farmers di JCC

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pada Go-Young Farmers Talkshow yang digelar di The Jakarta Food Security Summit (JFSS) 2018, turut dihadirkan pula inisiatif yang dilakukan oleh perusahaan anggota Kamar Dagang dan Industri (KADIN) dalam melibatkan generasi muda di bidang pertanian.

Dalam acara tersebut, Head of Region APAC 1 Crop Science Division Bayer, Jens Hartmann menjelaskan tentang 'Program Pelatihan Kejuruan Pertanian di Merauke oleh Bayer. 

Program yang dikembangkan oleh Bayer ini memberi para siswa praktik industri lapangan (Prakerin) selama 3 bulan. Para siswa melakukan praktik untuk menjadi usahawan di bidang pertanian yang dibimbing oleh praktisi profesional.

"11% lulusan sekolah menengah kejuruan akhirnya menganggur. Bayer merancang program ini bagi siswa sekolah menengah kejuruan yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mereka agar selaras dengan standar industri. Modul pelatihan dalam program ini dirancang bersama oleh industri dan sekolah kejuruan." kata Jens Hartmann di Jakarta Convention Center, Kamis (8/3/2018).

Perusahaan lain yang berinisiatif dalam melibatkan generasi muda adalah Tri Putra Agro Persada. Mereka membuat pelatihan kejuruan yang dikhususkan bagi para pangangguran lulusan Sekolah Dasar untuk meningkatkan keterampilan yang dibutuhkan untuk memanen kelapa sawit. 

Program ini dirancang untuk mengurangi tingkat pengangguran dan meningkatkan taraf hidup masyarakat yang tinggal di areal perkebunan.

Sementara, Dosen IPB Bayu Krisnamurthi mengajak untuk menyambut serta mendorong inisiatif dari KADIN tersebut untuk melibatkan generasi muda melalui keterampilan pertanian agar dapat mempertahankan ketahanan pangan di Indonesia.

“Kita harus menyambut dan mendorong inisiatif dari sektor swasta di bawah KADIN untuk melibatkan generasi muda Indonesia melalui peningkatan keterampilan pertanian. Jika usaha ini terus berlanjut, Indonesia tidak hanya akan dapat mencapai potensi di bidang pertanian tetapi juga dapat mempertahankan ketahanan pangan di masa yang akan datang," kata Bayu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (ketiga dari kiri) dan Direktur Consumer Service Telkom Siti Choiriana

Jumat, 06 Desember 2019 - 23:07 WIB

Grand Final IndiHome eSports League Lahirkan Pemain eSports Profesional Indonesia

Jakarta – Setelah berjalan hampir satu tahun terakhir, IndiHome eSports League telah sampai pada babak grand final yang digelar pada 6-8 Desember 2019 di Telkom Landmark Tower.

Peresmian Tol Kunciran-Serpong (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Jumat, 06 Desember 2019 - 22:26 WIB

Tol Kunciran-Serpong Diresmikan, Kawasan Industri Jakarta dan Banten Akan Terintegrasi

Dengan diresmikanya tol ini, Presiden Jokowi mengharapkan akan memberi dampak pada percepatan investasi dan daya saing nasional meskipun ruas tol ini berada di Banten.

realme X2 Pro

Jumat, 06 Desember 2019 - 22:00 WIB

Ini Fitur-Fitur Yang Menjadikan realme X2 Pro The Real Flagship King

Setelah sukses meluncurkan produk-produk terbaik di segmen kelas menengah, 27 November lalu realme resmi bertarung ke pasar smartphone premium dengan meluncurkan realme X2 Pro.

Boyband EXO

Jumat, 06 Desember 2019 - 18:01 WIB

Menelisik 7 Tahun Perjalanan Karier dari Boyband EXO

Setelah tiga tahun lamanya, boyband ternama asal Korea Selatan, EXO kembali menggelar konser di Indonesia pada tanggal 23 November 2019 kemarin. Tak pelak, konser bertajuk EXO PLANET #5 EXplOration…

Fuad Rizal Jadi Plt Dirut Garuda Indonesia

Jumat, 06 Desember 2019 - 18:00 WIB

Fuad Rizal Jadi Plt Dirut Garuda Indonesia

Dewan Komisaris Garuda Indonesia pada hari ini, Jumat (6/12/2019) telah menyampaikan SK Dewan Komisaris No. DEKOM/SKEP/011/2019 tanggal 5 Desember 2019 yang menetapkan Fuad Rizal sebagai Plt.…