Petani Muda Terbaik 2016 Nilai Penggunaan Teknologi Dapat Meminimalkan Risiko

Oleh : Hariyanto | Jumat, 09 Maret 2018 - 10:35 WIB

Talk show Go young farmers di JCC
Talk show Go young farmers di JCC

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Dalam talkshow Go-Young Farmers yang diadakan pada perhelatan The Jakarta Food Security Summit 2018, Head of Region APAC 1 Crop Science Division Bayer, Jens Hartmann mengatakan, Digital Farming merupakan teknologi yang dapat memudahkan pengambilan keputusan secara praktis dan bermanfaat.

"Teknologi ini membuat manajemen risiko di pertanian menjadi lebih mudah dan membantu meningkatkan potensi keuntungan secara berkelanjutan," kata Jens Hartman di Jakarta Convention Center, Kamis (8/3/2018).

Menurutnya, Digital Farming dapat membantu meramal cuaca, menetapkan waktu dan volume yang tepat dalam mengaplikasikan produk perlindungan tanaman dan pemupukan, dan rekomendasi dapat dibuat khusus bagi masing-masing petani di lahan yang berbeda. 

"Pertanian digital juga memungkinkan peningkatan hasil panen dengan meminimalkan dampak pertanian pada lingkungan hidup," pungkasnya.

Sementara, Petani Muda Terbaik 2016 Adi Pramudya mengatakan, pertanian adalah bisnis berisiko tinggi karena sulit diprediksi. 

"Dengan teknologi, kita dapat menggunakan berbagai aplikasi untuk meminimalkan risiko yang ada. Ini memungkinkan kita untuk memprediksi kemungkinan hujan, serangan hama dan penyakit," ungkap Adi.

Adi menambahkan, teknologi tersebut sangat penting untuk membantu para petani dalam mengambil keputusan dengan cara yang lebih efektif.

"Ini juga membantu memberi tahu kita kapan harus mengaplikasikan pupuk dan perlindungan tanaman. Teknologi ini penting untuk mengambil keputusan secara lebih tajam, cerdas, mudah, dimanapun dan kapanpun. Pertanian digital sangat ideal bagi generasi muda," ungkap Adi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Intiland Mulai Pembangunan Apartemen South Quarter Residence

Kamis, 22 Agustus 2019 - 14:35 WIB

Intiland Mulai Pembangunan Apartemen South Quarter Residence

Pengembang properti PT Intiland Development Tbk (Intiland) memulai pembangunan konstruksi apartemen South Quarter Residence (SQ Res). Tahapan pembangunan ini ditandai dengan pelaksanaan groundbreaking…

Jababeka Eco Park

Kamis, 22 Agustus 2019 - 14:30 WIB

Jababeka Eco Park, Pusat Olahraga dan Komunitas Kota Jababeka

Kota Jababeka yang telah berdiri sejak tahun 1989 tidak hanya sebagai pusat bisnis yang sangat menjanjikan, namun kota mandiri yang memiliki luas 5600 hektar ini telah menjadi destinasi hunian…

Konferensi pers penyelenggaraan Jakarta Coffee Week 2019 di Jakarta, Rabu (21/8).(Ist)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 14:13 WIB

Jakarta Coffee Week 2019 Target 25.000 Pengunjung

Setiap pelaku industri kopi maupun penikmatnya diajak untuk semakin sadar akan ramah lingkungan.

Film 'Naga Bonar Reborn' Siap Tayang Bulan Oktober 2019

Kamis, 22 Agustus 2019 - 14:00 WIB

Film 'Naga Bonar Reborn' Siap Tayang Bulan Oktober 2019

Setelah 32 tahun berlalu, kisah Jenderal Naga Bonar kembali hadir ke tengah penonton Indonesia dengan cerita yang lebih lucu, segar dan para pemain terbaru. Kali ini di bawah judul Naga Bonar…

ICSECC 2019: Panggilan Akademisi untuk Menyelamatkan Bumi

Kamis, 22 Agustus 2019 - 13:46 WIB

ICSECC 2019: Panggilan Akademisi untuk Menyelamatkan Bumi

Para akademisi setuju untuk mengimplemetasikan penemuan baru untuk mempertahankan lingkungan yang sehat, menyelamatkan bumi dan menggunakan sumber daya alam dengan bijak. Masalah ini diangkat…