Petani Muda Terbaik 2016 Nilai Penggunaan Teknologi Dapat Meminimalkan Risiko

Oleh : Hariyanto | Jumat, 09 Maret 2018 - 10:35 WIB

Talk show Go young farmers di JCC
Talk show Go young farmers di JCC

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Dalam talkshow Go-Young Farmers yang diadakan pada perhelatan The Jakarta Food Security Summit 2018, Head of Region APAC 1 Crop Science Division Bayer, Jens Hartmann mengatakan, Digital Farming merupakan teknologi yang dapat memudahkan pengambilan keputusan secara praktis dan bermanfaat.

"Teknologi ini membuat manajemen risiko di pertanian menjadi lebih mudah dan membantu meningkatkan potensi keuntungan secara berkelanjutan," kata Jens Hartman di Jakarta Convention Center, Kamis (8/3/2018).

Menurutnya, Digital Farming dapat membantu meramal cuaca, menetapkan waktu dan volume yang tepat dalam mengaplikasikan produk perlindungan tanaman dan pemupukan, dan rekomendasi dapat dibuat khusus bagi masing-masing petani di lahan yang berbeda. 

"Pertanian digital juga memungkinkan peningkatan hasil panen dengan meminimalkan dampak pertanian pada lingkungan hidup," pungkasnya.

Sementara, Petani Muda Terbaik 2016 Adi Pramudya mengatakan, pertanian adalah bisnis berisiko tinggi karena sulit diprediksi. 

"Dengan teknologi, kita dapat menggunakan berbagai aplikasi untuk meminimalkan risiko yang ada. Ini memungkinkan kita untuk memprediksi kemungkinan hujan, serangan hama dan penyakit," ungkap Adi.

Adi menambahkan, teknologi tersebut sangat penting untuk membantu para petani dalam mengambil keputusan dengan cara yang lebih efektif.

"Ini juga membantu memberi tahu kita kapan harus mengaplikasikan pupuk dan perlindungan tanaman. Teknologi ini penting untuk mengambil keputusan secara lebih tajam, cerdas, mudah, dimanapun dan kapanpun. Pertanian digital sangat ideal bagi generasi muda," ungkap Adi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Duta Besar untuk Republik Tiongkok Djauhari Oratmangun

Jumat, 22 November 2019 - 10:05 WIB

Gebrakan Kebijakan Investasi RI Menggema di New Economic Forum

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk mengembalikan pengurusan perizinan mengenai investasi dikembalikan ke Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Kebijakan ini diambil untuk mengatasi…

Startup Tekfin Gradana Menangi Ajang Kompetisi AETP dari Pemerintah Switzerland

Jumat, 22 November 2019 - 10:00 WIB

Startup Tekfin Gradana Menangi Ajang Kompetisi AETP dari Pemerintah Switzerland

Perusahaan peer to peer lending khusus properti, Gradana, menjadi satu-satunya perwakilan startup bidang tekfin yang memenangi ajang The Asia Entrepreneurship Training Program (AETP) yang diadakan…

Petani desa di tengah sawah (Foto: Dok Industry.co.id)

Jumat, 22 November 2019 - 09:48 WIB

Pertanian Indonesia Menunjukkan Perbaikan dan Berkualitas

Jakarta - Tata kelola pertanian Indonesia dalam beberapa tahun terakhir makin menunjukkan perbaikan. Bahkan, diprediksi sektor pertanian bakal makin meningkat kualitasnya ke depan.

Jumat, 22 November 2019 - 09:00 WIB

Empat Anak Usaha Pupuk Indonesia Boyong Prestasi dalam Ajang SNI Award 2019

Empat anak usaha PT Pupuk Indonesia (Persero) berhasil memboyong prestasi dalam ajang SNI Award 2019. Ajang apreasiasi tersebut digelar oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN) di Balai Kartini,…

Indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (dok INDUSTRY.co.id)

Jumat, 22 November 2019 - 08:52 WIB

Akhir Pekan Lirik Saham Pilihan Ini

Jakarta - Pada perdagangan Jumat (22/11/2019) Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di level 6024 - 6202. Ini saham pilihan bagi para investor.