Kapolri: Polri Tidak Bisa Dipisahkan dari Demokrasi dan Globalisasi

Oleh : Herry Barus | Rabu, 07 Maret 2018 - 03:59 WIB

Kapolri Tito Karnavian dan UAS (Foto Dok Industry.co.id)
Kapolri Tito Karnavian dan UAS (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Medan- Kompleksitas tantangan tugas yang dihadapi Polri saat ini tidak dapat dipisahkan dari fenomena besar yang terjadi, dalam kehidupan manusia, demokrasi, dan globalisasi.

"Dimana demokrasi yang melanda dunia telah memberikan ruang yang lebih luas bagi setiap orang untuk lebih aktif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," kata Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dalam amanah yang dibacakan Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpau, di Medan, Selasa (6/3/2018)

Hal tersebut dikatakan Kapolri, dalam pendidikan pembentukan Bintara Polri TA 2017/2018 di SPN Sampali Polda Sumut angkatan ke-41 yang dilantik sebanyak 399 orang.

Kapolri mengatakan, hal tersebut membawa dampak terhadap hak berpolitik, kebebasan menyampaikan pendapat disertai tuntutan Hak Asasi Manusia (HAM) dan supremasi hukum.

Dengan waktu yang bersamaan, menurut dia, globalisasi juga telah membuat dunia menjadi tanpa batas dan menghasilkan perubahan besar dalam semua aspek kehidupan manusia (Revolution In All Affair).

"Di aspek keamanan, kedua fenomena ini telah memunculkan beberapa implikasi negatif di masyarakat, seperti munculnya kejahatan berdimensi baru, mencuatnya nilai-nilai primordial yang berlatar belakang kesukuan mau pun keagamaan, serta kemanfaatan negatif dari media sosial mau pun media online untuk ujaran kebencian (Hatespeech), hoax dan pencemaran nama baik," ujar Jenderal Pol Tito.

Ia menyebutkan, Polri selaku penanggung jawab bidang keamanan dalam negeri harus mampu merespon dan mengantisipasi setiap dinamika perkembangan dan perubahan tersebut secara cepat dan tepat.

Salah satu yang dilakukan Polri adalah menerapkan kebijakan Promoter (Profesional, Modern, dan Terpercaya) dengan tiga kebijakan utama, yaitu peningkatan kerja, perbaikan kultur dan manajemen media.

Kebijakan tersebut, dilakukan dengan strategi proaktif yang mendasari pada konsep utama pemolisian demokratif (Demokratif Policing).

Dalam menjalankan strategi kebijakan tersebut, perlu didukung Sumber Daya Manusia Polri yang berkualitas, yaitu personel Polri yang paham bagaimana menjalankan tugas pokok, fungsi dan perannya sejalan dengan prinsip berdemokrasi.

"Mampu melayani masyarakat tanpa pamrih, mampu mempertanggungjawabkan kepada rakyat selaku pemberi mandat," kata Kapolri.

Penutupan Pendidikan Bintara Polri TA 2017-2018 yang dididik sebanyak 10.578 personel Polri, terdiri dari 9.578 Polisi laki-laki, 561 Polisi wanita.sebanyak 9.939 Bintara Polri memiliki kualifikasi umum dan 200 Bintara Polri memiliki kualifikasi teknologi informasi.

Para bintara dididik selama tujuh bulan dan ditutup serentak pada 6 Maret 2018 baik itu di sepolwan Lemdiklat Polri, Pusdik Sabhara, Pusdik Binmas dan 29 SPN jajaran Polda seluruh Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda Literasi Sumenep di acara Madura Writers Readers Festival 2024.

Selasa, 23 April 2024 - 23:38 WIB

Bupati Sumenep Buka Acara Madura Writers Readers Festival

Selain disemarakkan dengan kehadiran para penggerak literasi budaya, serta bazar buku murah, di Madura Writers Readers Festival 2024 juga diselenggarakan pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda…

Strategi pemasaran (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 22:57 WIB

Strategi Dalam Mempengaruhi Perilaku Pembelian Pelanggan

Dalam pasar yang kompetitif saat ini, memahami dan mempengaruhi perilaku pembelian pelanggan sangat penting agar bisnis dapat berkembang. Dengan munculnya teknologi baru dan berkembangnya preferensi…

Everpure tersedia di Shopee, atasi masalah jerawat usai mudik lebaran.

Selasa, 23 April 2024 - 19:40 WIB

Tips Merawat Kulit Wajah Bersama Shopee 5.5 Voucher Kaget

Melalui kampanye 5.5 Voucher Kaget, Shopee ingin menjadi teman serta memberikan semangat untuk kembali memulai perjalanan pengguna, khususnya dalam perawatan diri setelah libur lebaran.

Danone melakukan MoU dengan Pemulung untuk mengumpulkan sampah botol plastik

Selasa, 23 April 2024 - 18:17 WIB

AQUA dan Ikatan Pemulung Indonesia Kerja Sama Kurangi Sampah Plastik di Destinasi Wisata Bangka Belitung

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah Indonesia mengurangi sampah plastik ke laut hingga 70% pada 2025, hari ini AQUA melakukan kerja sama Program Peningkatan Pengumpulan Sampah Plastik di…

Festival Seoul Beats on Campus (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 17:57 WIB

Bakal Gelar Festival Seoul Beats on Campus, President University Siap Luncurkan Konsentrasi K-Wave

Presuniv berencana membuka konsentrasi K-Wave yang akan bernaung di bawah Program Studi (Prodi) Business Administration. Pembukaan konsentrasi ini akan ditandai dengan event Seoul Beats on Campus…