Mau Tau Tentang Sejarah Keraton Nusantara? Yuk! Jelajahi Pakai Aplikasi "My Keraton"

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 24 Februari 2018 - 15:00 WIB

Aplikasi My Keraton (Foto:Industry.co.id)
Aplikasi My Keraton (Foto:Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Festival Keraton dan Masyarakat Adat ASEAN (FKMA) ke-5 yang akan diselenggarakan di Sumenep, Pulau Madura, Jawa Timur (Jatim) pada 27-31 Oktober 2018 mendatang ini, akan dimeriahkan berbagai kegiatan seperti silaturahmi antar keraton serta meningkatkan peran sebagai warisan budaya bangsa.

Dalam kegiatan ini, Sumenep sebagai tuan rumah akan menjamu para tamu peserta keraton dan masyarakat luas dengan menyajikan kesenian, benda keraton, situs, kuliner dan obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi, sedangkan para undangan keraton/kesultanan akan menyajikan budaya dan kesenian masing-masing.

Untuk itu, PRA. Arief Natadiningrat, Sultan Sepuh Cirebon yang juga sebagai ketua Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN) meluncurkan sebuah aplikasi yang disebut My Keraton. Peluncuran aplikasi My Keraton ini sebagai salah satu strategi meningkatkan citra serta fungsi dan peranan keraton pada masyarakat.

"Aplikasi ini juga diharapkan dapat menjadi bagian penting dalam kemajuan negeri lewat industri pariwisata serta turut mengembangkan ekonomi kreatif masyarakat adat. Serta, dapat menghargai sejarah dan kebudayaan dari keraton dan kerajaan nusantara yang telah menjadi jatidiri bangsa dan bukti kejayaan nusantara di masa silam, kata PRA. Arief Natanidingrat, dikutip dari facebook Kemenpar.

Dalam rangkaian acara tersebut juga diselenggarakan seminar serta kegiatan musyawarah anggota FSKN yang saat ini memiliki anggota sebanyak 58 keraton/ kesultanan dan 196 pemangku adat.

Penyelenggaraan FKMA-V akan didahului dengan kegiatan road show di lima Keraton yaitu Solo, Medan, Mempawah, Ternate, dan Denpasar, dan diharapkan pada puncak acara akan dihadiri Presiden Joko Widodo.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang diadakan di Pendopo Agrowisata, Komplek Pabrik Sido Muncul, Kabupaten Semarang (15/5/2024).

Minggu, 19 Mei 2024 - 11:27 WIB

Tren Kinerja Positif, Sido Muncul (SIDO) Bagi Dividen Rp540 Miliar

PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) telah menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan membagikan dividen final dengan total nilai Rp540 miliar.

Mukhtarudin Anggota DPR RI Fraksi Golkar

Minggu, 19 Mei 2024 - 10:12 WIB

Pabrik Smelter Nikel PT KFI Kaltim Kebakaran, Mukhtarudin DPR: Proses Audit Harus Dilakukan

Wakil Ketua Fraksi Golkar Bidang Industri dan Pembangunan (Inbang) DPR RI Mukhtarudin buka suara soal insiden kebakaran pabrik pengolahan nikel, PT Kalimantan Ferro Industri (KFI) di Kutai Kartanegara,…

Armada DAMRI siap yang siap beroperasi (Doc: Perum DAMRI).

Minggu, 19 Mei 2024 - 09:57 WIB

Ekspansif! DAMRI Siap Mengaspal di Arab Saudi

Pimpinan DAMRI telah melakukan kunjungan ke Arab Saudi dalam rangka survei investasi dan bisnis layanan transportasi haji dan umrah di Arab Saudi, pada Maret 2024. Kunjungan tersebut sekaligus…

Industri (Ilustrasi)

Minggu, 19 Mei 2024 - 09:50 WIB

Market Development and Business Strategies in The Engineering Field

The engineering field, as a vital pillar of the national economy, sees its market development trend directly related to the stable growth of the national economy and the improvement of social…

Ronaldo

Minggu, 19 Mei 2024 - 09:45 WIB

Ronaldo, Ronaldinho & Agüero Kritik Erling Haaland Usai Menjadi Karakter 'Raja Barbar' Clash of Clans

Pemain legenda sepak bola Ronaldo, Ronaldinho, dan Sergio Agüero dengan bercanda mengkritik nama pemain striker terkenal, Erling Haaland, di Internet sebagai ungkapan frustrasi mereka atas…