Inilah Hambatan IKM Komponen Otomotif Dalam Meningkatkan Daya Saing

Oleh : Hariyanto | Jumat, 13 Januari 2017 - 11:07 WIB

IKM Komponen Otomotif (Ist)
IKM Komponen Otomotif (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta,  Industri komponen kendaraan skala kecil dan menengah masih terhambat masalah konsistensi dalam meningkatkan daya saing serta akses pasar.

"Kami memetakan ada tiga permasalahan yang dihadapi oleh IKM komponen otomotif, yakni standar produk, kualitas, dan proses pengiriman. Kontinuitas IKM dalam mempertahankan kualitas ini yang dipertanyakan, padahal industri besar sudah mampu menyerap produknya," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Gati Wibawaningsih di Jakarta, Jumat (13/1).

Menurut Gati, sejumlah industri besar telah menyatakan minat untuk menyerap produk IKM komponen. Hanya saja, kualitas dari produk yang dihasilkan tersebut tidak selalu sesuai dengan standar yang berlaku.

"Industri besar memiliki perencanaan dalam jangka panjang. Sementara itu, aktivitas IKM sering terkendala dengan berbagai hal, di antaranya ketersediaan bahan baku, akses permodalan, dan proses pengiriman," ujarnya.

Gati menambahkan, masalah perluasan pasar IKM bisa diatasi dengan meningkatkan standar dan mempertahankan kualitas.

"Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan daya saing dan produktivitas IKM. Selain menjembatani antara industri kecil dan industri besar, pemerintah juga memberikan kemudahan dari sisi fiskal," katanya.

Melalui program Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE), pemerintah membebaskan bea masuk dan pajak impor bagi IKM yang memerlukan impor bahan baku, dengan syarat produk yang dihasilkan harus diekspor.(Hry/ Imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kode Promo dalam Pemasaran: Memahami Manfaatnya dan Mengoptimalkan Penggunaannya ala Ninja Xpress

Selasa, 07 Mei 2024 - 12:39 WIB

Kode Promo dalam Pemasaran: Memahami Manfaatnya dan Mengoptimalkan Penggunaannya ala Ninja Xpress

Kode promo telah menjadi salah satu strategi pemasaran yang paling populer dan efektif dalam industri ritel modern. Dengan kode promo, konsumen dapat menikmati diskon, penawaran khusus, atau…

Ilustrasi Tambang Batu Bara PT Bukit Asam Tbk

Selasa, 07 Mei 2024 - 12:34 WIB

Triwulan I 2024, PTBA Catat Pendapatan Sebesar Rp 9,4 Triliun

PT Bukit Asam Tbk (PTBA), berhasil menjaga kinerja baik pada triwulan I 2024. Dalam 3 bulan pertama tahun 2024, Perseroan berhasil mencatatkan pendapatan sebesar Rp 9,4 triliun dan EBITDA sebesar…

Buttonscarves hadir di Istanbul Modest Fashion Week (IMFW)

Selasa, 07 Mei 2024 - 12:27 WIB

Buttonscarves Hadir di Runway Istanbul Modest Fashion Week 2024

Tampil sebagai penutup Istanbul Modest Fashion Week 2024, Buttonscarves mencuri perhatian dengan menggandeng ikon global dan supermodel hijab pertama dunia yaitu, Halima Aden yang berhasil mendobrak…

Program literasi perdagangan komiditi yang digelar Didimax.

Selasa, 07 Mei 2024 - 12:12 WIB

Tingkatkan Pemahaman Masyarakat, Didimax Kembali Gelar Program Literasi Perdagangan Komoditi

Didimax kembali menggelar literasi perdagangan komditi untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang perdagagnan berjangka komoditi, khususnya di pasar komoditi emas dan forex.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno

Selasa, 07 Mei 2024 - 11:43 WIB

Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara Turun Sebesar 1,91 Persen pada Maret 2024

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara pada…